Jurnal Sekolah Dasar
Vol 15, No 1 (2006): Tahun 15, Nomor 1, Mei 2006

PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BILANGAN BAGI SISWA KELAS V SD

Cholis Sa'dijah (Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
25 May 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran matematika yang beracuan konstruktivis untuk membelajarkan bilangan siswa kelas V SD dan mengkaji apakah pembelajaran tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang bilangan. Sumber data penelitian ini 41 siswa kelas V di Laboratorium Universitas Negeri Malang pada tahun 2002. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, tes, studi dokumen, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran matematika yang beracuan konstruktivis dapat meningkatkan pemahaman bilangan siswa kelas V SD.

Copyrights © 2006