Jurnal Sekolah Dasar
Vol 14, No 2 (2005): Tahun 14, Nomor 2, November 2005

KONTRIBUSI PRESTASI LATIHAN MICROTEACHING DAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI PPL MAHASISWA PGSD FKIP UNIVERSITAS CENDRAWASIH JAYAPURA

- Sumawan ( Universitas Cendrawasih Jayapura)



Article Info

Publish Date
25 May 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi prestasi latihan pengajaran mikro dan kemampuan merencanakan pembelajaran terhadap prestasi PPL. Penelitian ini menggunakan desain ex-post fakto dengan sampel 70 mahasiswa PGSD FKIP Universitas Cendrawasih. Rancangan ini dipilih karena penelitian ini berusaha mengungkapkan data penelitian yang pada saat penelitian ini dilakukan peristiwanya sudah berlalu, sehingga sifat penelitian ini adalah mengungkapkan kembali fakta yang telah berlangsung. Pengungkapan kembali fakta-fakta tersebut dilakukan melalui penelusuran dan pengidentifikasian serta pengumpulan data yang dibutuhkan.Data dikumpulkan melalui dokumentasi.Setelah data terkumpul secara lengkap, langkah berikutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan tiga macam teknik, yaitu (1) analisis statistik deskriptif, (2) analisis regresi ganda, dan (3) analisis korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan prestasi latihan pengajaran mikro dan perencanaan pembelajaran memiliki kontribusi 60,39% terhadap PPL.

Copyrights © 2005