Salah satu kesulitan yang dihadapi siswa SD dalam mempelajari matematika adalah dalam mengerjakan soal cerita. Penggunaan bahan manipulatif dalam pembelajaran soal cerita diharapkan dapat membantu mengatasi masalah tersebut serta meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya peningkatan pemahaman murid di SD kelas rendah terhadap materi soal cerita setelah mereka diajar dengan menggunakan bahan manipulatif, dan (2) kesulitan-kesulitan apakah yang dihadapi siswa di kelas rendah SD dalam mempelajarai soal cerita. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas hasilnya adalah: (1) penggunaan media bahan manipulatif dalam pembelajaran soal cerita di kelas 1, 2, dan 3 SD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam soal cerita pada matapelajaran matematika, (2) Kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa di kelas 1, 2, dan 3 SD dalam mempelajari soal cerita adalah dalam hal memahami : apa yang diketahui, apa yang ditanyakan, cara merumuskan kalimat matematika, dan menyelesaikan soal, dan apa jawaban dari soal cerita yang diberikan, dan (3) penggunaan media bahan manipulatif dalam pembelajaran soal cerita dapat menurunkan tingkat kesalahan siswa kelas 1,2, dan 3 SD dalam penyelesaian soal cerita pada matapelajaran matematika.
Copyrights © 2005