Jurnal Sekolah Dasar
Vol 14, No 2 (2005): Tahun 14, Nomor 2, November 2005

PENINGKATAN KOMPETENSI BERBAHASA DAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS MASALAH

Novi Resmini ( Jurusan Bahasa Indonesia FPBS dan PGSD FIP Universitas Pendidikan Bandung)
Tatang Herman ( Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA dan PGSD FIP Universitas Pendidikan Bandung)



Article Info

Publish Date
25 May 2013

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini difokuskan pada peningkatan kompetensi berbahasa dan kompetensi matematika siswa SD melalui pembelajaran terpadu berbasis masalah di Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, jurnal, catatan lapangan, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kompetensi berbahasa dan kompetensi matematika siswa SD diperlukan bahan ajar dan kegiatan pembelajaran terpadu. Bahan ajar tersebut dikemas dalam masalah-masalah. Model pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan pemecahan masalah ini menunjukkan kualifikasi sangat baik (96,7%) untuk keompetensi berbahasa dan 76,7% untuk kompetensi matematika. Relevansi pembelajaran terpadu berbasis masalah terhadap peningkatan kompetensi berbahasa dan kompetensi matematika siswa menunjukkan adanya hubungan antara strategi, proses, dan keterampilan siswa dalam aspek membaca dan matematika yang melahirkan satu bentuk literasi matematik. Siswa yang literat secara matematika maka secara otomatis literat dalam membaca.

Copyrights © 2005