Jurnal Sekolah Dasar
Vol 14, No 2 (2005): Tahun 14, Nomor 2, November 2005

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR MELALUI SIMULASI KREATIF

- Rumidjan ( Universitas Negeri Malang (UM))



Article Info

Publish Date
25 May 2013

Abstract

Pembelajaran menulis di sekolah dasar merupakan suatu kegiatan yang kompleks yang melibatkan aspek fisik dan mental. Menulis merupakan kegiatan partisipasi aktif yang melibatkan berbagai proses dalam mengolah suatu pesan agar mampu dipahami/diterima oleh pembacanya Simulasi kreatif merupakan salah satu alternatif kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan cara membangkitkan daya imajinasi dengan memperagakan, peniruan, dan penggambaran suatu peristiwa, objek, benda, tingkah laku, pesan, perwatakan melalui pola-pola permainan yang dirancang agar terjadi kebermaknaan dalam pembelajaran. Simulasi kreatif dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran menulis, karena simulasi kreatif akan membantu anak dalam mengembangkan imajinasi, memupuk hubungan sosial, pengembangan emosi, berpikir kritis, memupuk daya kreativitas, maupun memupuk daya ketahanan fisik melalui tulisan.

Copyrights © 2005