Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol 14, No 2 (2014)

KEEFEKTIFAN METODE SIMULASI DAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR MELAKSANAKAN PROSEDUR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

Yunata, Dimas Panji (Unknown)
Soesanto, Soesanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2014

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: mengukur peningkatan hasil belajar menggunakan metode  simulasi; apakah ada perbedaan hasil belajar pada pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi, metode simulasi dan multimedia dan metode ceramah menggunakan uji post-test. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimen pura-pura (True Experimental Design) dengan menggunakan desain Pre-test and post-test group. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 1 yang di beri pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi sebesar 90.00%; (2) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 2 yang di beri pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi dan multimedia sebesar 87.50%; (3) dapat disimpulkan pembelajaran dengan metode simulasi memiliki peningkatan yang lebih baik dari pada metode simulasi dan multimedia, dan metode ceramah pada kompetensi dasar melaksanakan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja. 

Copyrights © 2014