Media Mahardhika
Vol 17 No 2 (2019): January 2019

PERHITUNGAN BIAYA PENDIDIKAN PER PESERTA DIDIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP DAYA SAING

Hartutik, Erin (Unknown)
Muawanah, Umi (Unknown)
Suswati, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: i) untuk menghitung besarnya biaya pendidikan per peserta didik dengan pendekatan activity based costing (ABC) di Pondok Modern Al-Rifa’ie 2 mulai PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK; ii) untuk menganalisis dampaknya terhadap daya saing di Pondok Modern Al-Rifa’ie  2 Gondanglegi Malang. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan metode kuantitatif deskriptif. Analisis kuantitatif deskriptif dilakukan untuk memaparkan perhitungan biaya operasional pendidikan per peserta didik dengan pendekatan  activity based costing (ABC). Teknik pengumpulan data dengan observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perhitungan biaya pendidikan di identifikasi aktivitas penyelenggaraannya yang menghasilkan biaya operasional per peserta didik per tahun di Pondok Modern Al-Rifa’ie 2 mulai unit pendidikan:  i) PAUD Rp.3.620.512, ii) SD Rp.5.927.690, iii) SMP Rp. 3.384.187, SMA iv) Rp. 6.926.608, v) SMK Rp. 9.061.897. Biaya pendidikan dalam penelitian ini di nilai berdasarkan harga (SPP) dan kualitas kelulusan NUN yang hubungannya tidak secara langsung terhadap daya saing. Dimana daya saing ini sebagai pengembangan di semua lini dalam organisasi baik dari harga SPP maupun kualitas kelulusan NUN. Apabila dinilai dari harga SPP naik dari tahun ke tahun harapannya jumlah peserta didik juga naik. Dan juga kualitas kelulusan NUN peserta didik setiap tahun juga mengalami hasil yang meningkat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mahardika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

MEDIA MAHARDHIKA is a peer-reviewed journal published by Department of Accounting, Faculty of Economics and Business, STIE MAHARDHIKA Surabaya Indonesia three times a year (Januari, May and September). MEDIA MAHARDHIKA aims to publish articles in the field of accounting and finance that provide ...