JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Vol 4, No 1 (2019): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 1 RANAH PESISIR

Lili Rismaini (Unknown)
Melia Roza (STKIP Pesisir selatan)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2019

Abstract

Hasil belajar matematika yang diperoleh siswa SMPN 1 Ranah Pesisir Masih rendah. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Selain itu, kurangnya penguasaan materi prasyarat juga merupakan salah satu kendala yang ikut mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi adalah dengan menggunakan Model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian dilakukan dua kelas yang dikelompokkan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen pembelajaran dilakukan dengan menggunakan Model pembelajaran Think Pair Share , sedangkan pada kelas Kontrol pembelajaran dilakukan dengan menggunakan Model Konvensional. Data penelitian diperoleh dari hasil tes belajar yang analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil analisi data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan Model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dari pada siswa yang pembelajaran menggunakan model konvensional

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah (JKPS) merupakan jurnal ilmiah penelitian pendidikan yang memuat hasil penelitian dan/atau kajian analitis - kritis di bidang kepemimpinan kepala sekolah, proses pembelajaran dan evaluasi pendidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan model ...