Indonesian Journal of Education and Learning
Vol 2, No 2 (2019): Indonesian Journal of Education and Learning

DESKRIPSI ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) SEBAGAI PENGUATAN REGULASI DIRI MAHASISWA

nurhidayati nurhidayati (Universitas mUhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1.Untuk mengetahui  deskripsi penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dalam memperkuat regulasi diri mahasiswa program studi pendidikan Matematika. 2.Untuk mengetahui apakah terdapat penguatan/peningkatan regulasi diri mahasiswa program studi Pendidikan Matematika melalui model pembelajaran Group Investigation (GI).Jenis penelitian ini adalahmetode penelitian classroom action research. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo.Subjek penelitian ini adalah kelas IVC pada mata kuliah menejeman sekolah. Pengambilan data menggunakan  angket.Hasil penelitian ini menunjukkan 1.Model Group Investigation merupakan model pembelajaran dengan tahapan pembelajaran: Pengelompokan, Perencanaan, Penyelidikan, Pengorganisasian, Presentasi, dan Evaluasi . 2. Terdapat peningkatan atau penguatan regulasi diri mahasiswa VID Pendidikan Matematika  UM Purworejo tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI). Hal ini terlihat dari ketercapaian masing-masing rerata aspek pada regulasi diri yaitu siklus 1 diperoleh rerata aspek metakognitif 67, aspek motivasi 67 dan aspek perilaku 64 dan siklus 2 rerata aspek metakognitif 73, aspek motivasi 76 dan aspek perilaku 74. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Investigasi dapat dijadikan alternatif penerapan model pembelajaran untuk memperkuat/ meningkatkan regulasi diri mahasiswa, sehingga prestasi mahasiswa dapat tercapai secara optimal.

Copyrights © 2019