Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatan hasil belajar IPS dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions (STAD) pada siswa kelas III SDN Nunang tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Nunang yang berjumlah 27 siswa, terdiri atas 20 Laki-laki dan 7 Perempuan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dari lembar aktivitas siswa dan guru, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi yang dilakukan di tiap akhir siklus penelitian. Pada siklus I 74% dan pada siklus II 89%. Keberhasilan pembelajaran juga terlihat pada perolehan persentase aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru. Skor aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I yaitu 49 (58%) dengan kategori cukup aktif, meningkat menjadi 65 (77%) dengan kategori  aktif  dan skor aktivitas  mengajar  guru  meningkat  dari 43 (63%) dengan kategori baik, menjadi 57 (84%) dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa aktivitas guru  dan  siswa  serta  hasil belajar  siswa  kelas III SDN Nunang mengalami peningkatan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019