JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 3, No 1 (2019): JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan

Upaya Meningkatkan AAktifitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Di SD Negeri 38 Ampenan Dengan Penerapan Model Jigsaw

Hanifah Hanifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan cooperative learning (CL) tipe Jigsaw dalam upaya meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia, IPA, dan Matematika Peserta didik Kelas V SD Negeri 38 Ampenan. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan kajian dan bahan temuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas senyatanya. Bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dalam proses pembelajaran dan bagi peserta didik untuk meningktakan aktifitas dan hasil  belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru memperoleh skor rata-rata (4,40) dan hasil observasi peserta  didik  mencapai skor rata-rata (4,40). Sedangkan hasil belajar peserta didik adalah  mencapai nilai rata-rata (85,56), artinya indikator keberhasilan (> 75,00) telah terlampaui. Karena indikator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...