Jurnal Ilmiah Binaniaga
Vol 11, No 2B (2015): December 2015

PENGARUH LIMA DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK. CABANG JAKARTA GAJAH MADA

Muhammad Nur Rizqi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga)
Budi Karyanto (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga)



Article Info

Publish Date
07 May 2019

Abstract

Dunia perbankan Indonesia saat ini diwarnai dengan persaingan yang semakin ketat. Persamaan produk, fitur, atau kemudahan pelayanan menjadikan perbankan menjadi industri yang homogen. Untuk memenangkan persaingan dalam industri yang homogen, salah satu cara adalah menyediakan pelayanan yang berkualitas dan produk yang variatif yang bisa membedakan suatu bank dengan bank yang lain. Bisnis perbankan merupakan bisnis jasa yang berdasar pada azas kepercayaan sehingga masalah kualitas layanan menjadi faktor yang sangat menentukan keberhasilan bisnis ini. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh lima dimensi kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah pada Bank Mandiri Cabang Jakarta Gajah Mada, (2) Mengetahui variabel kualitas pelayanan yang dominan mempengaruhi tingkat kepuasan nasabah pada Bank Mandiri Cabang Jakarta Gajah Mada. Hasil pengolahan data menggunakan SPSS dapat disimpulkan : (1) Berdasarkan Analisis Regresi Secara Simultan (Uji F), nilai sig = 0.002 < 0.05 yang berarti Tangible, Reability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Jakarta Gajah Mada. (2) Berdasarkan Analisis Regresi Linier Berganda Y = 19,813 + 0,071X1 + 0,009X2 + 0,194X3 + 0,153X4+ 0,005X5 Nilai 19,813 merupakan konstanta untuk nilai a yang berarti nilai Y apabila X = 0. Tanda positif pada variabel kualitas pelayanan (tangible, reability, responsiveness, assurance dan emphaty) menunjukkan arah searah artinya jika tangible, reability, responsiveness, assurance dan emphaty meningkat maka kepuasan nasabah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Jakarta Gajah Mada. (3) Berdasarkan Analisis Korelasi Sederhana nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka didapatkan hasil bahwa variabel tangible, reability, responsiveness, assurance dan emphaty berpengaruh terhadap variabel kepuasan nasabah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Jakarta Gajah Mada. (4) Berdasarkan Koefisien Determinasi dapat diketahui bahwa (R Square) yang diperoleh sebesar 0,610. Hal ini berarti 61,0% kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, sedangkan sisanya yaitu 39% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Key Word : tangible, reability, responsiveness, assurance dan emphaty, kepuasan nasabah.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnal_Ilmiah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Binaniaga (J.I Binaniaga) is an international peer-reviewed and open access journal that focuses on the fields of management fields such as Office Management, Production Management, Marketing Management, Financial Management, Personnel Management, Strategy ...