Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 1 (2019): Maret 2019

MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERPENGARUH TERHADAP PEMAHAMAN DAN PENEMUAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN PPKn

Puspitasari, R. Diyah (Unknown)
Mustaji, Mustaji (Unknown)
Rusmawati, Retno Danu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa kelas X MM SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto dan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penemuan konsep siswa kelas X MM SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Digunakan kelas kontrol dengan 64 responden dan kelas eksperimen dengan 64 responden, proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan  Pancasila dan Kewarganegaraan pada kelas kontrol tidak menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan kelas eksperiman menggunakan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan penemuan konsep siswa kelas X MM SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Hal ini terlihat dari hasil uji Independent Sampel T-test diperoleh nilai signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,007 lebih kecil dari 0,05. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep, Penemuan Konsep

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...