cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
PEDAGOGY
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGY VOL.3 NO.1 JANUARI 2016" : 8 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Hasanah, Uswatun
PEDAGOGY Vol 3 No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGY VOL.3 NO.1 JANUARI 2016
Publisher : PEDAGOGY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini sampel diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yaitu pemberian pre-test, post-test dan penyebaran angket untuk mengetahui motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari pada motivasi belajar yang menggunakan model pembelajaran metode ceramah. Tanggapan siswa terhadap metode jigsaw cukup baik dibandingkan dengan tanggapan siswa terhadap metode ceramah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw baik untuk menumbuhkan motivasi belajar dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw lebih aktif, kreatif dan bekerja sama dimana dalam proses pembelajaran tersebut melakukan diskusi oleh kelompok ahli dan kelompok asal. Saran dalam penelitian ini adalah untuk menumbuhkan motivasi belajar dalam mata pelajaran PPKn dapat menggunakan metode jigsaw untuk menumbuhkan motivasi belajar, dimana dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan melatih kreativitas dalam diskusi.
PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG HUBUNGAN ANTARA GAYA GERAK DAN ENERGI SERTA FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN SENTONG KECAMATAN KREJENGAN KABUPATEN PROBOLINGGO Hermiati, Eny
PEDAGOGY Vol 3 No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGY VOL.3 NO.1 JANUARI 2016
Publisher : PEDAGOGY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode  mengajar  merupakan  cara yang digunakan guru dalam menyampaikan materi agar terjadi interaksi dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan metode demontrasi diharapkan siswa lebih tertarik dengan materi yang dipelajari khususnya dan pembelajaran IPA pada umumnya, lebih fokus pada materi pelajaran, lebih memahami pelajaran karena melalui metode ini siswa dapat terlibat langsung di dalamnya, serta dapat menarik kesimpulan, yang akhirnya siswa bisa menjelaskan dari apa yang telah dipelajarinya. Penelitian ini mengambil subjek siswa kelas IV SDN Sentong Kecamatan    Krejengan Kabupaten Probolinggo, yang dilaksanakan dengan menggunakan  2 siklus. Dengan menggunakan metode demonstrasi mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang materi Hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta fungsinya pada Siswa Kelas IV SDN Sentong Kecamatan  Krejengan Kabupaten Probolinggo 
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GERAK BENDA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS III SDN KLASEMAN Sukesi, Sukesi
PEDAGOGY Vol 3 No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGY VOL.3 NO.1 JANUARI 2016
Publisher : PEDAGOGY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA tentang gerak benda di kelas III SDN Klaseman Probolinggo melalui metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA tentang gerak benda melalui metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Klaseman Probolinggo. Untuk itu diharapkan guru menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dalam pembelajaran IPA sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal.
PROSES PEMBELAJARAN PKn DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMAN 3 PROBOLINGGO Basit, Abdul
PEDAGOGY Vol 3 No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGY VOL.3 NO.1 JANUARI 2016
Publisher : PEDAGOGY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah pada penelitian ini disebabkan oleh kurang optimalnya proses pembelajaran PKn di SMAN 3 Probolinggo yang berimplikasi pada rendahnya pengembangan warga negara yang cerdas dan baik (smart and good citizen). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi PBM pada mata pelajaran PKn dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Adapun subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian diperoleh temuan bahwa dalam implementasi PBM pada mata pelajaran PKn dalam meningkatkan kreativitas peserta didik sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran, mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti pembelajaran, sampai kepada kegiatan penutup. Namun, strategi pembelajaran yang digunakan kurang kreatif dan tidak semua materi PKn cocok menggunakan strategi PBM. Oleh karena itu, dalam mempersiapkan PBM melalui metode diskusi atau debat, guru perlu mengidentifikasi materi pembelajaran sesuai dengan peta konsepnya
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI HARGA DIRI SECARA INDIVIDU DENGAN PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PABEAN KECAMATAN DRINGU Heny, Ginuk Mukti
PEDAGOGY Vol 3 No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGY VOL.3 NO.1 JANUARI 2016
Publisher : PEDAGOGY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami harga diri secara individu dengan pemberian tugas (resitasi) pada siswa kelas III SDN Pabean Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian tindakan Kelas atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan bersama-sama peneliti guru pengamat mulai dari proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Harga Diri Secara Individu dengan Metode Pemberian Tugas (Resitasi) pada Siswa Kelas III SD Negeri Pabean ,Kecamatan Dringu. Dengan jumlah sampel dalam penelitian ini semua siswa kelas III sebanyak 22 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru,instrumen kegiatan siswa, serta instrument indicator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa,aktivitas kegiatan mengajar guru (peneliti) dan peningkatan hasil belajar siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Sulianti, Ani
PEDAGOGY Vol 3 No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGY VOL.3 NO.1 JANUARI 2016
Publisher : PEDAGOGY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap: (1) keterampilan berpikir kritis dan (2) hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Lumajang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian, adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Lumajang pada Kompetensi Dasar menganalisis indikator ancaman terhadap negara dalam membangun integrasi nasional dengan Bhineka Tunggal Ika. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Lumajang pada Kompetensi Dasar menganalisis indikator ancaman terhadap negara dalam membangun integrasi nasional dengan Bhineka Tunggal Ika
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR UKURAN SATUAN PANJANG DENGAN METODE RME PADA SISWA KELAS IV SDN WONOKERTO II KEC. SUKAPURA - PROBOLINGGO Sumadi, Sumadi
PEDAGOGY Vol 3 No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGY VOL.3 NO.1 JANUARI 2016
Publisher : PEDAGOGY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian tindakan Kelas atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan bersama-sama peneliti guru pengamat mulai dari proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ukuran Satuan Panjang dengan Metode RME pada Siswa Kelas IV SDN Wonokerto II, Kecamatan Sukapura denngan jumlah sampel semua siswa kelas IV sebanyak 14 siswa.. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru,instrumen kegiatan siswa, serta instrument indicator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa,aktivitas kegiatan mengajar guru (peneliti) dan peningkatan hasil belajar siswa
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI LISTRIK DI INDONESIA MELALUI MODEL JIGSAW TIM AHLI PADA SISWA KELAS VI SDN KLASEMAN KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO Purwati, Siwi
PEDAGOGY Vol 3 No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGY VOL.3 NO.1 JANUARI 2016
Publisher : PEDAGOGY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Energi Listrik di Indonesia melalui Model Jigsaw Tim Ahli pada siswa kelas VI Semester II SD Negeri Klaseman  Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri Klaseman Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisa didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (74,50%), siklus II (81,0%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Model Jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa SD Negeri Klaseman Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA 

Page 1 of 1 | Total Record : 8