cover
Contact Name
Brave A. Sugiarso
Contact Email
brave@unsrat.ac.id
Phone
+6282195447295
Journal Mail Official
ejournal.informatika@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Unsrat, Jl. Kampus Unsrat Bahu, Kec. Malalayang, Manado 95115
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
Jurnal Teknik Informatika
ISSN : 23018364     EISSN : 26856131     DOI : https://doi.org/10.35793/jti
Rekayasa Perangkat Lunak, IoT, Big Data, Cyber Security, Cloud Computing, Multimedia, Grafika Komputer
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika" : 17 Documents clear
Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Siswa Berprestasi yang Layak Menjadi Siswa Teladan Pojoh, Samuel; Lantang, Oktavian A.; Manembu, Pinrolinvic D.K.
Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.8.1.2016.12823

Abstract

Saat ini hubungan Sistem Pendukung Keputusan(SPK) dengan Siswa teladan berhubungan satu dengan yang lain. Siswa Teladan merupakan sebuah kebanggaan bagi pribadi. Namun untuk menjadi siswa teladan tidaklah semua siswa berprestasi bisa mencapainya. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah bagian dari sistem informasi komputer yang berbasis pengetahuan akan manajemen pengetahuan yang dipakai untuk mendukung keputusan. Pemilihan siswa di SMA N 9 Manado dilakukan berdasarkan pengamatan dan melihat prestasi siswa tetapi tidak ada sistem yang mendukung bahwa calon yang dipilih memang layak dicalonkan maka diperlukanlah sebuah sistem untuk mendukung dan memperkuat bahwa pemilihan siswa bisa dibuktikan oleh aplikasi ini. Data didapatkan melalui guru disekolah yang berwenang menentukan siswa berprestasi yang layak menjadi siswa teladan. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini adalah Analytical Hierarchy Process(AHP) dan menggunakan PHP untuk menentukan siswa berprestasi yang layak menjadi siswa teladan berdasarkan kriteria yang telah didapatkan dalam bentuk rangking. Aplikasi ini mempermudah guru dalam menentukan pilihan siswa teladan juga bersifat transparan serta memberikan guru dukungan yang kuat untuk mendukung keputusan yang diambil berdasarkan perangkingan yang didapat. Penerapan Sistem ini berdampak dengan bisa terdukungnya pendukung keputusan yang dilakukan manusia sehingga bisa diotomatisasi dari manual menjadi digital dan bisa diperlihatkan secara terperinci poin yang menjadi penilaian serta terjadi transparansi pemilihan siswa teladan serta pemilhan yang yang dilakukan oleh user didukung dan dibuktikan oleh sistem.
PENERAPAN SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI PADA KUMPULAN DOKUMEN SKRIPSI Putung, Karter D.; Lumenta, Arie S.M.; Jacobus, Agustinus
Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.8.1.2016.12227

Abstract

Abstrak - Sistem temu kembali informasi (information retrieval system)merupakan sistem yang digunakan untuk menemukan informasi yang relevan dengan kebutuhan dari penggunanya, dengan menerapkan sistem tersebut permasalahan pencarian informasi dokumen skripsi bisa memberikan hasil yang relevan sesuai kebutuhan pengguna. Terdapat dua proses utama dalam sistem temu kembali informasi yaitu indexing dan retrieval. Proses indexing adalah proses untuk memberikan bobot pada kata dalam dokumen, metode pembobotan pada penelitian ini menggunakan metode pembobotan TF-IDF. Prosesretrieval adalah proses untuk menghitung kemiripan query terhadap dokumen, perhitungan kemiripan menggunakan konsepvector space modeldengan mencari nilai cosine similarity.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengimplementasikan pengindeksan otomatis untuk membangun sistem pencarian dokumen di dalam sebuah system penyimpanan dokumen dengan konsep temu-kembali informasi. Kata kunci : Information retrieval,Term Frequncy Inverse Document Frequency, Vector Space Model.
Sistem Informasi Manajemen Pemantauan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Tidore Berbasis Web Gani, M. Fathir Abdul; Wowor, Hans F; Kambey, Feisy D.
Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.8.1.2016.13172

Abstract

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah salah satu pajak yang memberikan kontribusi besar bagi pendapatan daerah. PBB dapat dibayarkan melalui kantor kelurahan, Bank yang tercantum pada SPPT, atau instansi lain yang ditunjuk oleh pemerintah. Salah satu masalah yang dihadapi oleh pemerintah sendiri adalah sulitnya untuk mengetahui perkembangan pembayaran, realisasi penerimaan, dan capaian kinerja di tiaptiap tempat pembayaran, karna masih dilakukan dengan mekanisme manual. Sistem informasi manajemen pemantauan pembayaran pajak bumi dan bangunan yang dirancang menggunakan metode pengembangan RAD (Rapid Apllication Deployment), bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML, CSS, PHP dan MySQL sebagai basis datanya. Hasil akhir dari penelitian ini adalah suatu Sistem Informasi Manajemen Pemantauan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Berbasis Web yang dapat menampilkan laporan pembayaran, laporan tunggakan, dan laporan penerimaan kapanpun diperlukan.
Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi 3D Rori, Jinifer; Sentinuwo, Steven R.; Karouw, Stanley
Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.8.1.2016.12299

Abstract

Abstrak --- Perancangan aplikasi panduan belajar pengenalan ortodonsia menggunakan animasi 3D merupakan e-learning, yang dibuat untuk menjelaskan alat bantu ajar mata kuliah ortodonsia dengan menggunakan teknologi animasi 3D. Mengubah materi dan ilustrasi berupa animasi 3D yang menarik sehingga mahasiswa lebih mudah mengerti. Data yang di jadikan sebagai kebutuhan pembuatan aplikasi didapatkan dari wawancara kepada dosen pengampu mata kuliah ortodonsia di fakultas kedokteran gigi UNSRAT. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Rapid Aplication Development. Dengan teknologi yang digunakan, tools pembuatan 3 Dimensi blender dan Blender Game Engine untuk membuat aplikasi interaktif. Kata Kunci -- Ortodonsia, RAD, e-learning Abstrak --- Perancangan aplikasi panduan belajar pengenalan ortodonsia menggunakan animasi 3D merupakan e-learning, yang dibuat untuk menjelaskan alat bantu ajar mata kuliah ortodonsia dengan menggunakan teknologi animasi 3D. Mengubah materi dan ilustrasi berupa animasi 3D yang menarik sehingga mahasiswa lebih mudah mengerti. Data yang di jadikan sebagai kebutuhan pembuatan aplikasi didapatkan dari wawancara kepada dosen pengampu mata kuliah ortodonsia di fakultas kedokteran gigi UNSRAT. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Rapid Aplication Development. Dengan teknologi yang digunakan, tools pembuatan 3 Dimensi blender dan Blender Game Engine untuk membuat aplikasi interaktif. Kata Kunci -- Ortodonsia, RAD, e-learning
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Menu Bagi Penderita Hipertensi Suparno, Harris Adhi Oktaviantho; Lantang, Oktavian A.; Lumenta, Arie S. M.
Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.8.1.2016.12824

Abstract

Hipertensi masih merupakan tantangan besar di Indonesia. Ketidakpahaman penderita mengenai penyakit hipertensi merupakan suatu kendala dalam penyembuhan. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dapat membantu manusia dalam mengambil keputusan, sehingga tidak merasa ragu-ragu dan informasinya akan lebih akurat. Pemecahan masalah adalah serupa dengan pengambilan keputusan ditambah dengan implementasi dari rekomendasi. Dalam proses pengolahan data hingga memudahkan proses pengambilan keputusan, menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk menentukan makanan yang tepat  berdasarkan kriteria-kriteria serta bobot yang sudah ditentukan. Data yang digunakan merupakan data yang diperoleh dari ahli gizi mengenai kandungan gizi yang berpengaruh dan makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi sesuai Angka Kecukupan Gizi. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Menu Bagi Penderita Hipertensi dengan menggunakan metode SAW membantu bagi penderita hipertensi dalam menentukan menu makanan yang baik dengan memberikan rekomendasi  makanan yang baik bagi penderita berupa ranking makanan berdasarkan bobot yang diperoleh.
Rancang Bangun Aplikasi Fasilitas Umum Berbasis Web Services Christian, Nora E.; Rindengan, Yaulie D.Y.; Manembu, Pinrolinvic D. K.
Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.8.1.2016.12205

Abstract

Abstrak –Fasilitas umum merupakan sarana yang dibutuhkan oleh masyarakat.Begitu pula dengan informasi fasilitas umum.Dibutuhkan informasi yang dapat diperoleh dengan cepat dan akurat.Untuk menjawab kebutuhan mayarakat, maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi dengan cepat dan akurat.Aplikasi ini dibuat berbasis web service sehingga memudahkan pihak luar untuk memperoleh informasi yang akurat yang dapat diolah berdasarkan kebutuhan.Client aplikasi ini dibuat berbasis Android yang terhubung dengan layanan google maps.Sehingga masyarakat yang menggunakan smartphone android dapat dengan mudah memperoleh informasi tersebut karena informasi lokasi yang ditampilkan dalam bentuk peta digital.Dalam penelitian ini menggunakan metode DAD (Disciplined Agile Delivery).Metode DAD terdiri atas 3 fase yaitu fase inception, fase construction dan fase transition.Berdasarkan dengan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi fasilitas umum ini dapat membantu pengguna dalam memperoleh informasi dengan cepat dan akurat.Selain itu aplikasi ini juga membantu pihak luar untuk memperoleh data yang akurat yang dapat diolah berdasarkan kenutuhan pengguna. Kata kunci :Fasilitas Umum, Web Services, Android, DAD (Disciplined Agile Delivery).
Animasi 3 Dimensi Pencegahan Cyber Crime (Studi Kasus : Kota Manado) Bentelu, Alan Stevenres; Sentinuwo, Steven; Lantang, Oktavian
Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.8.1.2016.13171

Abstract

Cyber Crime atau kejahatan dunia maya merupakan jenis kejahatan yang lahir karena pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan pembuatan Animasi 3 Dimensi Pencegahan Cyber Crime adalah membuat video animasi 3 dimensi untuk menyampaikan pesan mengenai Cyber Crime dan pencegahannya. Software 3D yang digunakan dalam pembuatan animasi ini adalah Blender, untuk proses Modelling, Texturing, Rigging, Lighting, Animating, Camera operation dan Render awal. Adobe Sounbooth untuk perekaman suara dan Adobe premiere Pro CS6 untuk menggabungkan hasil rendernya. Metode perancangan yang digunakan dalam pembuatan animasi ini adalah Development, Pra-Produksi, Produksi, Pasca Produksi. Hasil yang dicapai adalah video ini bisa menjadi video animasi yang informatif dan menarik.
Pengembangan Aplikasi E-Report Layanan Masyarakat untuk Manado Smart City Mambu, Oletta E.; Rindengan, Yaulie D.Y.; Karouw, Stanley D.S.
Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.8.1.2016.12233

Abstract

Abstrak. Pengembangan Aplikasi E-Report Layanan Masyarakat Untuk Manado Smart City dibangun untuk memudahkan partisipasi masyarakat dalam melaporkan suatu kejadian yang terjadi di lingkungan Kota Manado.  Aplikasi ini dibuat untuk menjadi sarana informasi yang cepat dan efektif antara masyarakat dengan pemerintah. Adapun Rapid Application Development sebagai metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan, dengan menekan waktu lebih cepat, terlibat user ekstensif dan iterative (berulang). Tools yang digunakan untuk membangun aplikasi ini yaitu menggunakan diagram UML sebagai desain modelling serta Ionic Framework sebagai platform untuk membangun aplikasi tersebut. Aplikasi ini menghasilkan 6 kategori pelaporan yaitu Kebakaran, Kemacetan, Kriminalitas, Kecelakaan, Infrastruktur Rusak serta Bencana Alam. Kata kunci : Ionic Framework, Smart City, Rapid Application Development
Rancang Bangun Sistem Informasi Proses Tugas Akhir Tuturoong, Frisilia M.; Sengkey, Rizal; Najoan, Xaverius
Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.8.1.2016.12228

Abstract

Abstrak – Tugas Akhir atau Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian Strata satu (S1) yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. Dalam penulisan tugas akhir, mahasiswa dibimbing oleh satu atau dua orang pembimbing yang berstatus dosen dalam perguruan tinggi tempat mahasiswa tersebut kuliah. Adapun beberapa proses dalam penyusunan tugas akhir mulai dari pengajuan proposal, penelitian, seminar hasil, hingga melakukan revisi sesuai dengan masukan dosen. Proses-proses tersebut perlu didukung oleh implementasi teknologi informasi yaitu dengan penggunaan Web sebagai media pelaksana. Metodologi yang digunakan adalah Rational Unified Process (RUP). Kelebihan dari sistem ini yaitu penggunaannya sangat mudah dimengerti dan mempermudah proses penyusunan tugas akhir. Kata kunci - Web, Tugas Akhir/Skripsi, Rational Unified Process
Virtual Tour Panorama 360 Derajat Kampus Universitas Sam Ratulangi Manado Daud, Fahri R.; Tulenan, Virginia; Najoan, Xaverius B. N.
Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.8.1.2016.13173

Abstract

Universitas Sam Ratulangi Manado merupakan perguruan tinggi terbesar di Sulawesi Utara. Dan setiap tahun bertambahnya mahasiswa baru di Universitas Sam Ratulangi Manado yang datang dari dalam maupun luar provinsi Sulawesi Utara. Calon mahasiswa dari berbagai daerah tentunya banyak yang mencari informasi wilayah kampus baik fakultas, jurusan, dan program studi melalui media yang ada. Melihat hal tersebut, maka dibuatlah sebuah media Virtual Tour panorama 360o kampus Universitas Sam Ratulangi Manado berbasis website, saat ini sudah banyak yang menggunakan teknologi Virtual Tour tersebut dalam industri, pendidikan, jurnalisme, bisnis, dan lain sebagainya, untuk sebagai media informasi visual yang efektif dan interaktif. Dalam penelitian ini dilakukan kombinasi antara gambar panorama 360o dengan video yang akan dipublikasikan ke website Unsrat dan menggunakan fasilitas Google Maps dan Google Street View sehingga pengguna dapat melihat informasi lokasi visual secara online dengan mengakses situs resmi https://maps.google.com dengan kata kunci Unsrat. Pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan Luther Hadi Sutopo, melalui tahapan concept, desaign, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Dalam aplikasi Virtual Tour kampus ini pengguna dapat melihat lingkungan kampus secara visual dengan pandangan panorama 360o . Selain itu, pengguna juga dapat berjalan-jalan ke 29 lokasi yang ada di kampus Universitas Sam Ratulangi Manado menggunakan tombol yang disediakan. Aplikasi Virtual Tour kampus ini telah melewati proses pengujian, dan berfungsi sesuai yang diharapkan.

Page 1 of 2 | Total Record : 17


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol. 19 No. 04 (2024): Jurnal Teknik Informatika Vol. 19 No. 03 (2024): Jurnal Teknik Informatika Vol. 19 No. 02 (2024): Jurnal Teknik Informatika Vol. 19 No. 01 (2024): Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 4 (2023): Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 3 (2023): Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 2 (2023): Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 4 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol 16, No 4 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 3 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 4 (2020): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 2 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 15, No 1 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 14, No 4 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 3 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 1 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 4 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 3 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 2 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Teknik Informatika Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Teknik Informatika Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Teknik Informatika More Issue