cover
Contact Name
Hendra
Contact Email
hendra.wijayanto@uta45jakarta.ac.id
Phone
+6281908756400
Journal Mail Official
hendra.wijayanto@uta45jakarta.ac.id
Editorial Address
retnayu.prasetyanti@uta45jakarta.ac.id
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA)
ISSN : -     EISSN : 24600369     DOI : -
Core Subject : Social,
Fokus IJPA memusatkan perhatian pada permasalahan utama dalam pengembangan keilmuan administrasi publik meliputi: 1. Perkembangan Birokrasi dan Administrasi Pemerintahan 2. Desentralisasi, Otonomi Daerah, Pelayanan Publik 3. Kebijakan Publik dan Good Governance 4. Manajemen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI-DESEMBER2023" : 8 Documents clear
PENGARUH PENANGANAN KOMPLAIN HUNIAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PENGHUNI GRAHA APARNA AHMAD YANI SURABAYA Wardoyo, Leonia Gitarisa
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 9, No 2 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI-DESEMBER2023
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v9i2.6862

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penanganan komplain ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat. Penanganan komplain yang baik membantu memperhatikan dan menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Selain itu, penanganan komplain yang transparan dan akuntabel dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana  menangani masalah yang timbul. Metode yang dilakukan adalah menyediakan nomor Whatsapp khusus pengajuan komplain dan menerapkan prosedur yang sudah berlaku.
Partisipasi Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Untuk Mendorong Tertib Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Gunung Anyar Tambak SAFITRI, DWI VIRA
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 9, No 2 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI-DESEMBER2023
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v9i2.6870

Abstract

Dalam rangka mempertinggi pelayanan administrasi kependudukan agar lebih simpel dan cepat, Disdukcapil Kota Surabaya melakukan inovasi baru pelayanan berbasis digital dengan prosedur secara online yaitu Identitas Kependudukan Digital (IKD). Tujuan dari penelitian ini adalah buat mengetahui Partisipasi Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Untuk Mendorong Tertib Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Gunung Anyar Tambak. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini artinya metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. hasil penelitian memberikan bahwa partisipasi warga  pada penggunaan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) terwujud atas manfaat yang dirasakan warga  mencakup adanya kemudahan, bisa berhemat waktu, tidak harus datang kekantor buat melakukan registrasi sebab dapat dilakukan dimana saja, jadi rakyat tiba kekantor Kelurahan Gunung Anyar Tambak hanya buat mengambil yang akan menjadi dokumen yang sudah siap. tetapi, tidak seluruh masyarakat menentukan pelayanan dengan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) saja sebab masih terdapat warga  yang belum mengetahui adanya pelayanan berbasis aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), rakyat lebih nyaman dengan pelayanan langsung datang kekantor sebab asumsi menggunakan perangkat lunak akan lebih sulit. Maka penelitian ini bisa disimpulkan bahwa inovasi yg dilakukan oleh Disdukcapil Kota Surabaya buat memberikan pelayanan melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) memberikan kemudahan kepada masyarakat terutama milenial, namun pada pelaksanaannya masih kurang optimalnya pengenalan dan  terkadang layanan aplikasi tak bisa diakses oleh masyarakat sehingga mempengaruhi partisipasi masyarakat buat memakai aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).Kata kunci: Partisipasi Mayarakat, Tertib Adminduk, Aplikasi IKD
Implementasi Pelayanan Publik Melalui Program Pendampingan Kesehatan Lansia Di Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Ardya, Jalu
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 9, No 2 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI-DESEMBER2023
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v9i2.6867

Abstract

Pelayanan publik merupakan segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan penerima pelayanan. Kualitas program dan pelaksanaan pelayanan publik dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Pelayanan Publik memiliki banyak jenis dan sasarannya, salah satunya yaitu Pendampingan Kesehatan Lansia untuk masyarakat lansia seperti pengecekan tensi darah,gula,kolestrol, asam urat dan senam lansia. Di daearah Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang dimana masyarakat lansianya membutuhkan program ini dan Ruang Belajar Aqil sebagai sektor ke tiga memberikan sebuah pelayanan publik atas pemenuhan kebutuhan yang ada di daearah tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan merupakan teori dari Lovelook dalam buku (Daryanto dan Setyobudi 2014) yang dimana harus memperhatikan prinsip bagi penyelenggaraan pelayanan publik. Hasil penelitian ini menyatakan hasil bahwa pelayanan Pendampingan Kesehatan Lansia dapat dibilang baik karena terdapat 5 aspek tentang Tangible, Realible, Responsiveness, Assurance, serta Empathy dalam pemenuhan pelayana pendampingan kesehatan lansia di Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.Kata Kunci :Implementasi, Pelayanan Publik, Pendampingan kesehatan Lansia.
PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA HALAL MELALUI SMART TOURISM DI INDONESIA DAN DUBAI Hakim, Muhammad Lukman; Hanif, Nita Aribah; Prasetyo, Sisman
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 9, No 2 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI-DESEMBER2023
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v9i2.7348

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan sektor pariwisata halal melalui implementasi konsep smart tourism di Indonesia dan Dubai. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang dapat digunakan untuk memajukan pariwisata halal di kedua negara tersebut, dengan mempertimbangkan aspek-aspek unik dari masing-masing destinasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan data dikumpulkan melalui wawancara, survei, dan studi literatur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Indonesia dan Dubai memiliki potensi besar dalam pengembangan pariwisata halal, namun menghadapi tantangan berbeda. Di Indonesia, tantangan utama adalah infrastruktur dan promosi, sementara di Dubai tantangannya terletak pada adaptasi dengan standar pariwisata halal yang beragam. Penelitian ini juga menemukan bahwa teknologi smart tourism dapat berperan penting dalam mengatasi tantangan ini, seperti melalui pengembangan aplikasi mobile yang menyediakan informasi tentang destinasi halal, restoran halal, dan fasilitas ibadah.Selain itu, studi ini juga menyoroti pentingnya kerjasama antar-pemerintah dan sektor swasta untuk mempromosikan pariwisata halal. Rekomendasi kebijakan dan strategi pemasaran yang dirancang khusus untuk target pasar pariwisata halal juga diusulkan. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang sektor pariwisata halal dan peran smart tourism di dalamnya. Hasilnya dapat digunakan oleh pembuat kebijakan dan praktisi industri pariwisata untuk mengembangkan dan meningkatkan pariwisata halal di Indonesia dan Dubai.
Implementasi Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Anak Seorang Ibu Melalui Aplikasi Klampid New Generation Di Kelurahan Keputran Azzahra, Shabirah
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 9, No 2 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI-DESEMBER2023
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v9i2.6866

Abstract

Pelayanan publik diartikan sebagai segala bentuk kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu sektor pelayanan publik yang paling dekat dengan lingkungan masyarakat adalah kelurahan. Pelayanan publik memiliki berbagai macam bentuk salah satunya pembuatan Akta Kelahiran. Salah satu jenis Akta Kelahiran yaitu Akta Kelahiran Anak Seorang Ibu yang dibuatkan khusus jikz orangtuanya menikah siri atau telah hamil diluar pernikahan. Pada Kelurahan Keputran, pembuatan dokumen Akta Kelahiran Anak Seorang Ibu juga sama seperti pengurusan Akta Kelahiran lainnya yaitu menggunakan inovasi Klampid New Generation. KNG sendiri sangat berguna untuk memudahkan pelayanan karena dinilai sangat efektif dibandingan dengan system manual. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teori pada penelitian ini menggunakan Peraturan Walikota Surabaya Nomor 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pelaksanaan Administrasi Kependudukan. Hasil penelitian ini menyatakan hasil bahwa pelayanan pembuatan Akta Kelahiran Anak Seorang Ibu di kantor Kelurahan Keputran dapat dibilang baik dalam 5 apek yaitu terkait Efisiensi waktu, Kesederhanaan, Keamanan, Sikap tanggung jawab petugas, serta Sarana dan Prasarana terkait pembuatan dokumen kependudukan.Kata Kunci : Pelayanan Publik, Akta Kelahiran, KNG.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI PROGRAM KALIMASADA (Studi kasus pada Kelurahan Kapas Madya Baru, Kecamatan Tambak Sari, Kota Surabaya) ROHIM, ABDUR
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 9, No 2 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI-DESEMBER2023
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v9i2.6871

Abstract

Pelayanan Publik merupakan suatu kebutuhan penduduk dan warga negara indonesia, namun masih banyak masyarakat yang masih belum memiliki dokumen yang tercatat sesuai dengan kebijakan baru seperti KK Barcode Kawin Tercatat dan masih banyak penduduk Kelurahan Kapas Madya Baru yang ditemukan di Program KALIMASADA masih Belum Kawin Tercatat Pada status KK.Tujuan peneliti adalh menganalisis penerapan kalimasada sayang warga yang di lakukan secara Dor To Dor untuk menertipkan Administrasi Kependudukan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Fokus penelitian ini adalah Implementasi kebijakan pelayanan administrasi kependudukan melalui program kalimasada studi kasus pada kelurahan kapas madya baru kecamatan tambak sari kota surabaya dalam menerapkan KK Barcode Kawin Belum Tercatat yang menggunakan teori Merile S. Grindle yang terdapat 2 variabel yaitu content of policy dan context of implementation. Dan hasil dalam penelitian menunjukan berjalan dengan baik dengan melaksanakan KALIMASADA di kelurahan Kapas Madya Baru untuk menertipkan Administrasi Kependudukan KK Barcode Kawin Tercatat.Kata Kunci:Implementasi, Pelayanan Administrasi Kependudukan, KK Barcode Kawin Tercatat, Kalimasada.
PERILAKU CALO DALAM PENGURUSAN SERTIFIKAT TANAH: ANALISIS TERHADAP WEWENANG PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH Momole, Gad
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 9, No 2 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI-DESEMBER2023
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v9i2.6848

Abstract

Pelayanan pengurusan sertifikat tanah adalah aspek krusial dalam upaya mewujudkan kepastian hukum dan kepemilikan yang sah atas tanah. Namun, dalam proses pengurusan tersebut, fenomena calo telah menjadi tantangan serius yang mempengaruhi efisiensi dan keadilan dalam pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran PPAT dalam praktik calo dalam pengurusan sertifikat tanah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pendekatan kualitatif, sumber data di gunakan melalui wawancara  untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang fenomena ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan calo dalam pengurusan sertifikat tanah mencerminkan kegagalan sistem pelayanan publik di bidang pertanahan. PPAT, sebagai perantara calo, terlibat dalam memperlancar pengurusan sertifikat dengan imbalan finansial, meskipun hal ini merugikan masyarakat secara keseluruhan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, perlu dilakukan upaya perbaikan yang melibatkan semua pihak terkait, termasuk PPAT, untuk menghindari praktik calo dan memastikan pelayanan yang transparan, akuntabel, dan sesuai dengan harapan masyarakat.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN Trisnawati, Ade; prasetyo, sisman; Sutarman, Asep; Habibie, Pahman
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 9, No 2 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI-DESEMBER2023
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v9i2.7225

Abstract

Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 98 karyawan PT. Indogear Transmisi Sistem Jakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan pembagian kuesioner. Analisa data menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, analisis koefisien korelasi, analasis koefisien korelasi berganda, uji asumsi klasik, dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, pengujian hipotesis uji parsial (uji t), uji simultan (uji F). kesimpulan dalam penelitian bahwa secara silmutan variable Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Secara parsial variabel Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2025): THE JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) jANUARI-JUNI Vol 10, No 2 (2024): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) JULI-DESEMBER 2024 Vol 10, No 1 (2024): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) jANUARI-JUNI 2024 Vol 9, No 2 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI-DESEMBER2023 Vol 9, No 1 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI- JUNI 2023 Vol 8, No 2 (2022): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2022 Vol 8, No 1 (2022): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2022 Vol 7, No 2 (2021): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) |JULI - DESEMBER 2021 Vol 7, No 1 (2021): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2021 Vol 6, No 2 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2020 Vol 6, No 1 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2020 Vol 5, No 2 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2019 Vol 5, No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2019 Vol 4, No 2 (2018): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2018 Vol 4, No 1 (2018): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2018 Vol 3, No 2 (2017): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2017 Vol 3, No 1 (2017): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2017 Vol 2, No 2 (2016): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2016 Vol 2, No 1 (2016): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2016 Vol 1, No 2 (2015): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2015 Vol 1, No 1 (2015): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2015 More Issue