cover
Contact Name
Indriyanti
Contact Email
indriyanti.iyt@bsi.ac.id
Phone
+6285643793653
Journal Mail Official
jurnal.khasanahilmu@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Ringroad Barat, Gamping Kidul, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya
ISSN : 26555433     EISSN : 2527449X     DOI : http://dx.doi.org/10.31294/khi
Core Subject : Social,
Jurnal Khasanah Ilmu sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada masyarakat luas. Situs Jurnal Khasanah Ilmu menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal kami adalah jurnal ilmiah nasional yang merupakan sumber referensi akademisi di bidang Pariwisata, Perhotelan dan Budaya.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019" : 10 Documents clear
Penggunaan Buah Mangga Guna Menggantikan Mayonaise Dalam Pembuatan Thousand Island Dressing Nonot Yuliantoro
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.488 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i2.6376

Abstract

Abstract - Eating vegetables and fruits is a good habit in maintaining a good diet for everyone. Awareness of nutritional and calorie food intake according to the body's needs has become a culture in people's lifestyles today. Awareness of a good diet encourages research into the development of thousand island dressing products with the basic ingredients of mango as a substitute for mayonnaise. The development of these dressings was analyzed by organoleptic tests to see hedanik and hedonic quality in terms of taste, color, testure and aroma. The use of mangoes in these dressings is expected to be used as an alternative in consuming vegetable or fruit salads using dressings without the ingredients of dairy products so that they can complement a good diet. Keywords: thousand island dressing, mangoes, organoleptic tests. Abstrak - Mengonsumsi sayur dan buah adalah kebiasaan baik dalam menjaga pola makan yang baik untuk setiap orang.  Kesadaran akan asupan makanan yang bernutrisi dan berkalori sesuai kebutuhan tubuh telah menjadi budaya dalam pola hidup masyarakat dewasa ini. Kesadaran akan pola makan yang baik mendorong dilakukan penelitian pengembangan produk pembuatan thousand island dressing dengan bahan dasar buah mangga sebagai pengganti mayonnaise. Pengembangan thousand island dressing ini dianalisa dengan uji organoleptik guna melihat hedanik dan mutu hedonik dalam hal rasa, warna, testur dan aroma. Penggunaan buah mangga pada dressing ini diharapkan bisa digunakan sebagai alternatif dalam mengonsumsi salad sayur atau buah yang menggunakan dressing tanpa kandungan bahan dairy product sehingga bisa melengkapi pola makan yang baik. Kata Kunci: thousand island dressing, buah mangga, tes organoleptik
Tradisi Ritual Kupatan Jalasutra Di Srimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta R. Jati Nurcahyo; Yulianto Yulianto
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.591 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i2.6647

Abstract

Abstract - In the cultural perspective, the society in Jalasutra village, Piyungan, Bantul, Yogyakarta has auniqueness. The substance lies on the belief system, traditional custom and culture which are reflected in various traditional ceremonies. The research about society ritual and belief in Jalasutra, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta is motivated by the fact that the meaning and value of this remarkable ritual in a society is very important.  Ritual and belief are the demands of life that can shape the society behavior. They are parts of tradition and custom exist in the lives of society.  Objectively, the description of culture system in Jalasutra society is a positive contribution to strengthen the identity and personality to reach the national integrity and increase the tourism industry in Indonesia. Keywords : Tradition, Kupatan Jalasutra Ritual Ceremony Abstrak - Dalam perspektif kultural masyarakat di desa Jalasutra, Piyungan, Bantul, Yogyakarta mempunyai keunikan. Substansinya terletak pada sistem kepercayaan, adat tradisi dan budaya yang terungkap dalam berbagai penyelenggaraan upacara tradisional. Penelitian tentang bentuk ritual dan kepercayaan masyarakat di Jalasutra, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta terdorong oleh suatu kenyataan akan pentingnya arti dan makna sebuah ritual yang sangat langka dalam suatu kehidupan masyarakat. Ritual dan kepercayaan merupakan suatu tuntutan kehidupan guna menentukan perilaku yang sudah menjadi bagian dari adat tradisi dan membudaya di masyarakat. Secara obyektif, deskripsi tentang sistem budaya dikalangan masyarakat Jalasutra tersebut merupakan kontribusi positif untuk upaya memperkokoh jatidiri dan kepribadian masyarakat menuju tercapainya integritas bangsa dan dunia kepariwisataan di Indonesia. Kata Kunci : Tradisi, Upacara Ritual Kupatan Jalasutra
Pengaruh Sarana Dan Prasarana Pendukung Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Umbul Ponggok, Klaten Amin Kiswantoro; Dwiyono Rudi Susanto
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.376 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i2.6373

Abstract

Abstract-- This study aims to examine the effect of innovation in infrastructure on visitor satisfaction at Ponggok Umbul tourist attraction, Klaten. The research method used is quantitative descriptive analysis method. The data collection technique is carried out through questionnaires using non probability sampling techniques to 100 respondents in Umbul Ponggok tourism object, with taking using incidental sampling techniques. The collected data is tabulated and then analyzed using simple linear regression analysis. From the results of calculations using SPSS 16, the results show that infrastructure facilities have an influence on the satisfaction of tourists visiting Umbul Ponggok with a value of 5.78%, and 94.22% influenced by other variables not examined in this study. And from the results of the T test it is known that the significance results are 0.016 or <from the probability value of 0.05, this result shows that the innovation of infrastructure means has a significant effect on visitor satisfaction at the Ponggok Umbul attraction, Klaten. Keywords: Tourist Satisfaction, Infrastructure Innovation, Umbul Ponggok  Abstrak-- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi sarana dan prasarana terhadap kepuasan wisatawan di objek wisata Umbul Ponggok, Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner menggunakan teknik non probability sampling untuk 100 responden di objek wisata Umbul Ponggok, dengan pengambilan menggunakan teknik sampling insidental. Data yang dikumpulkan ditabulasi dan kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil perhitungan menggunakan SPSS 16, hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas sarana dan prasarana memiliki pengaruh terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Umbul Ponggok dengan nilai 5,78%, dan 94,22% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dan dari hasil uji T diketahui bahwa hasil signifikansi 0,016 atau < dari nilai probabilitas 0,05, hasil ini menunjukkan bahwa inovasi sarana dan prasarana memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengunjung di objek wisata Umbul Ponggok, Klaten. Kata kunci: Kepuasan Wisatawan, Inovasi Sarana dan Prasarana, Umbul Ponggok
Pelaksanaan Operasional Food and Beverage Department dalam Pencapian Excelent Service di Crystal Lotus Hotel Yogyakarta Desika Murdita Wulansari; Fathurrahman Nurul Hakim
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.273 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i2.6681

Abstract

Abstract  - The food and beverage department is a part of the hotel that has quite an important task because this department is tasked with served food and beverage needs. Food and beverage department is divided into two parts, Food and beverage products and food and beverage service. The use of service standards that advance guest satisfaction is very important to be applied in food and beverage services which will contribute to increased revenue and can also open new market shares for hotels, there are several factors that can play a role in the implementation of excellent service, inadequate communication, will disrupt the work of the two departments, in addition to the irregular division of work that makes some food and beverage service work is not finished on time which causes discomfort customer. The number of equipment food and beverage services that are not in accordance with the ongoing event also disrupts the smooth operation, this should be avoided by Crystal Lotus Hotel. The research method used is descriptive qualitative and data collection techniques used are observation, interviews, documentation and literature study. The results of this study are in the implementation of operational food and beverage departments in the excellence of excelent service in handling breakfast, lunch and dinner. From the research it can be concluded from the guest comment card that enters the Food and Beverage Department - the average guest says they are satisfied with the service but there are some note that the lack of staff to charge caused sluggish service, lack of equipment resulted in operational disruptions. The solution to overcome the obstacles experienced by the food and beverage department istheaddition of staff and equipment procurement. Keywords: Food and Beverage, Excelent service, operational Abstrak - Food and beverage department merupakan bagiand ari hotel yang memiliki tugas cukup penting karena departemen ini bertugas memenuhi kebutuhan makanan dan minuman. Food and beverage department dibagi menjadi dua bagian yaitu food and beverage product danfood and beverage service.Pengunaan standar pelayanan yang mengaju pada kepuasan tamu amatlah penting di terapkan di pelayanan food and beverage yang mana akan memberikan kontribusi pendapatan yang meningkat juga bisa membuka pangsa pasar baru untuk Hotel, ada bebrapa faktor yang dapat menghabat dalam pelaksanaan pelayanan yang prima yaitu Komunikasi yang kurang baik, akan mengganggu jalannya pekerjaan kedua departemen, selain itu pembagian pekerjaan yang tidak teratur membuat beberapa pekerjaan food and beverage service tidak selesai tepat waktu yang akhirnya menimbulkan ketidak nyamanan pelangan. Jumlah equipment food and beverage service yang tidak sesuai dengan event  yang sedang berlangsung juga mengganggu kelancaran operasional, hal ini yang seharusnya di hindari oleh di Crystal Lotus Hotel. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi serta studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah dalam pelaksanaan operasionalnya food and beverage departement di pencapian excelent service dalam menangani breakfast, lunch dan dinner.dari penelitian dapat diambil kesimpulan dari guest comment card yang masuk ke Food and beverage departement rata–rata tamu mengatakan puas dengan pelayanan namun ada beberapa catatan yaitu kurangnya staff  yang incharge menyebabkan lambannya pelayanan, kurangnya peralatan mengakibatkan ketidak lancaran operasional. Solusi untuk menangani kendala yang dialami food and beverage departement adalah Penambahan staff dan pengadaan equipment. Kata kunci: Food and Beverage, Excelent service, operasional
Analisis Potensi Kawasan Wisata Kuliner Dalam Mendukung Pariwisata Di Kota Tegal Jawa Tengah Juliana Juliana
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.237 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i2.6356

Abstract

Abstract - Culinary diversity in the city of Central Java is storing great potential to be developed as a support service in developing the potential of culinary tourism. Culinary tourism is one alternative in addition to other types of tourism choices such as cultural tourism, nature tourism, and marine tourism, especially artificial tourism. formerly known by tourists who come to the city of Central Java. Tegal City actually stores abundant culinary wealth. However, these culinary items have not been packaged in such a way as to attract tourists. The potential of culinary tourism areas in supporting tourism in the city of Tegal aims to lift the image of food made from the city of Tegal so that it is popular with the community and able to compete with modern food. This study was conducted to analyze the potential of culinary tourism in Central Java and identify problems. problems faced in developing culinary tourism in supporting tourism in Central Java. This research is descriptive research using primary and secondary data. The method of data analysis is qualitative descriptive and SWOT Analysis. In conducting data analysis is done by collecting secondary data as well as primary data. Secondary data was obtained from the Tegal city government. Tegal City Tourism Office and Central Bureau of Statistics. Primary data is obtained by interviewing directly with traders or businessmen of typical culinary food stalls in Central Java. Tegal’s assets include natural tourism, artificial tourism, religious tourism, campsites and cultural parks, culinary tourism.Keyword : tourism culinary,Tegal cityAbstrak - Keanekaragaman kuliner di kota Tegal Jawa Tengah menyimpan potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai jasa penunjang dalam pengembangan potensi wisata kuliner.Wisata kuliner menjadi salah satu alternatif di samping pilihan jenis wisata lainnya seperti wisata budaya, wisata alam, dan wisata bahari, wisata buatan yang sudah terlebih dahulu dikenal oleh wisatawan yang datang ke kota tegal jawa tengah.Kota tegal sebenarnya menyimpan kekayaan kuliner yang melimpah. Akan tetapi kuliner-kuliner tersebut belum dikemas sedemikian rupa untuk menarik minat wisatawan. Potensi kawasan wisata kuliner dalam mendukung pariwisata di kota tegal bertujuan untuk mengangkat citra makanan berbahan dasar pangan kota tegal sehingga banyak digemari oleh masyarakat dan mampu bersaing dengan makanan modern.Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis potensi kawasan wisata kuliner di kota Tegal Jawa Tengah dan mengidentifkasi masalah-masalah yang dihadapi dalam mengembangkan wisata kuliner dalam menunjang pariwisata di kota Tegal Jawa Tengah. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Metode analisa data adalah deskriptif kualitatif serta menggunakan analisis SWOT.  Dalam melakukan analisa data dilakukan dengan mengumpulkan data sekunder maupun data primer. Data sekunder diperoleh dari Pemerintah kota Tegal. Dinas Pariwisata Kota Tegal dan Biro Pusat Statistik. Data primer diperoleh dengan mewawancarai langsung dengan para pedagang atau pengusaha warung makanan kuliner khas di kota Tegal Jawa Tengah. Hasil penelitian didapatkan Kota Tegal memiliki banyak kuliner yang dapat dijadikan santapan baik wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Tegal, terdapat 27 jenis kuliner yang terdapat di kota Tegal Aset yang dimiliki Tegal antara lain wisata alam, wisata buatan, wisata religi,bumi perkemahan dan taman budaya, wisata kuliner.Kata Kunci : tourism, culinary, kota tegal
Faktor Yang Berperan Terhadap Daya Tarik Wisatawan Berkunjung Ke Obyek Wisata Pantai Goa Cemara Sanden M. Agus Prayudi
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.725 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i2.6548

Abstract

Abstract - The tourism sector is the mainstay of the country's foreign exchange income. Thus an increase in attractions that can be visited by tourists is very necessary and sought. One effort is to conduct research that aims to determine natural factors, infrastructure factors, and Sapta Enchantment Tourism factors can play a positive role in the interest of tourist attraction to visit beach attractions, one of which is Goa Cemara beach tourism object in Sanden. The research method used was a quota incidental sampling random sampling technique from tourists visiting Goa Cemara beach attractions. The number of samples is 105 people. The method of data collection uses guided interview techniques, which uses interview guidelines compiled by researchers and tested to determine the reliability of the instrument. The method of data analysis uses percentage techniques. The conclusions of the study are as follows; (1) natural factors play a good role in increasing the interest or attractiveness of tourists to visit Goa Cemara beach tourism objects (77.4%), (2) infrastructure factors play a moderate role in increasing the interest or attraction to visit Goa Cemara beach attractions ( 51.6%), and (3) Sapta Pesona Wisata factor plays a good role in increasing the interest or attractiveness of tourists visiting Goa Cemara beach attractions (74.8%). It is suggested that there should be an effort to always improve and develop natural factors, infrastructure, and Sapta Tourism charm in order to increase the number of tourist visits in Goa Cemara beach attractions in order to increase the country's foreign exchange and the welfare of the community around the tourist attraction. Keywords: Natural attractions, infrastructure, Sapta Pesona Wisata and tourism objects. Abstrak - Sektor pariwisata merupakan sektor andalan pemasukan devisa negara. Dengan demikian peningkatan obyek wisata supaya dapat dikunjungi wisatawan sangat diperlukan dan diupayakan. Salah satu upaya adalah mengadakan penelitian yang bertujuan untuk menentukan faktor alam, faktor infrastruktur, dan faktor Sapta Pesona Wisata dapat berperan positif terhadap minat akan daya tarik wisatawan berkunjung ke obyek wisata pantai, salah satunya obyek wisata pantai Goa Cemara di Sanden. Metode Penelitian yang digunakan adalah teknik penentuan sampel secara quota insidental random sampling dari para wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata pantai Goa Cemara. Jumlah sampel sebanyak 105 orang. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terpimpin, yakni menggunakan pedoman wawancara yang disusun peneliti dan diujicobakan untuk menentukan reliabilitas instrumen. Metode analisis data menggunakan teknik prosentase. Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut ; (1) faktor alam berperan bagus dalam meningkatkan minat atau daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata pantai Goa Cemara (77,4%), (2) faktor infrastruktur berperan sedang terhadap peningkatan minat atau daya tarik berkunjung ke obyek wisata pantai Goa Cemara (51,6%), dan (3) faktor Sapta Pesona Wisata berperan bagus dalam meningkatkan minat atau daya tarik wisatawan berkunjung ke obyek wisata pantai Goa Cemara (74,8%). Disarankan perlu ada upaya selalu meningkatkan dan mengembangkan faktor-faktor alam, infrastruktur, dan Sapta pesona Wisata guna meningkatkan jumlah kunjungan wisata di obyek wisata pantai Goa Cemara demi peningkatan devisa negara dan kesejahteraan masyarakat sekitar obyek wisata. Kata kunci: Daya tarik alam, infrastruktur, Sapta Pesona Wisata dan obyek wisata.
Strategi Pengembangan Pantai Pengklik Sebagai Tujuan Wisata Alternatif Di Kabupaten Bantul I Putu Hardani HD
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.409 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i2.6372

Abstract

Abstract - Bantul Regency is one of 5 (five) districts in Yogyakarta. Tourism located in Bantul is currently growing rapidly, one of the tourist destinations are much in demand by tourists when traveling to Bantul is a beach tour. However, many tourists who visit the beaches are famous only while a lot of beach tourism that has not been famous that basically has the same charm with the beaches. One of them is Pengklik Beach located in Bantul Regency. Therefore the researchers are interested to conduct research with the title "Strategy Development Pengklik Beach As Alternative Tourism Destination In Bantul". The research method used in this research is using qualitative method. The collecting technique used is interview, observation, and documentation, while in data analysis method the researcher uses data reduction, data display, conclusion and also using SWOT analysis method. The research results show that the Department of Tourism so far only acts as a companion, has not seen the efforts made by the Department of Tourism in terms of coastal development, especially for infrastructure development in Pengklik Beach, the existing infrastructure built there by the beach manager whose funds derived from tourism conscious from central government, development. From the results of socialization analysis of the government is very influential for the progress tourism conscious group existing there, the promotion made from the tourism conscious group can be one way for Pengklik Beach can be an alternative tourism destination in Bantul and increase tourist visits. In addition to optimizing the existing attractions in Pengklik Beach can be a special attraction so that the level of tourist visits can increase and become  alternative destination of tourism.Keywords: Strategy, Development, Pengklik Beach Abstrak - Kabupaten Bantul adalah satu dari 5 (lima) kabupaten di Yogyakarta. Pariwisata yang terletak di Bantul saat ini berkembang pesat, salah satu tujuan wisata yang banyak diminati oleh wisatawan ketika bepergian ke Bantul adalah wisata pantai. Namun, banyak wisatawan yang mengunjungi pantai hanya terkenal sementara banyak wisata pantai yang belum terkenal yang pada dasarnya memiliki pesona yang sama dengan pantai. Salah satunya adalah Pantai Pengklik yang terletak di Kabupaten Bantul. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul "Strategi Pengembangan Pantai Pengklik Sebagai Destinasi Wisata Alternatif Di Bantul". Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan dalam metode analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan juga menggunakan metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Departemen Pariwisata sejauh ini hanya bertindak sebagai pendamping, belum melihat upaya yang dilakukan oleh Departemen Pariwisata dalam hal pengembangan pantai, terutama untuk pembangunan infrastruktur di Pantai Pengklik, infrastruktur yang ada dibangun di tepi pantai. Manajer yang dana berasal dari pariwisata sadar dari pemerintah pusat, pengembangan. Dari hasil analisis sosialisasi pemerintah sangat berpengaruh terhadap kemajuan kelompok sadar pariwisata yang ada di sana, promosi yang dilakukan oleh kelompok sadar wisata dapat menjadi salah satu cara agar Pantai Pengklik dapat menjadi alternatif tujuan wisata di Bantul dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Selain mengoptimalkan objek wisata yang ada di Pantai Pengklik dapat menjadi daya tarik khusus sehingga tingkat kunjungan wisatawan dapat meningkat dan menjadi alternatif tujuan wisata.Kata kunci: Strategi, Pengembangan, Pantai Pengklik
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Citra Destinasi Desa Wisata Ketingan Dengan Electronic Word of Mouth Sebagai Variabel Pemediasi Chriswardana Bayu Dewa
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.954 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i2.6553

Abstract

Abstract- Ketingan Tourism Village is located in Tirtoadi Village, Mlati, Sleman, Yogyakarta which has the potential as one of the village's tourist destination destinations in Yogyakarta. However, the development of the village tourism is still not optimal, especially in terms of product socialization and marketing strategies that have not been prospective, so there needs to be an effort to increase the attractiveness of village tourism.This research presents that, there are many other factors that can influence consumer decisions in traveling, but the source of individual information turns out to be the main influence that shapes one's perception in visiting a tourist area. The research subjects are tourists who are members of the Yogyakarta backpacker facebook group. The sample selection uses a non-probability sampling method consisting of 120 people. Hypotheses are tested using Structural Equation Model (SEM). This study found that service quality has a positive effect on e-word of mouth, e-word of mouth has a positive effect on destination image, service quality has a positive effect on destination image and e-word of mouth can fully mediate a positive relationship between service quality with image destination. Keyword: Service Quality, Destination Image, e-Word of Mouth Abstrak - Desa Wisata Ketingan terletak di Desa Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta memiliki potensi sebagai salah satu tujuan destinasi obyek wisata desa yang ada di Yogyakarta. Akan tetapi pengembangan desa wisata tersebut masih belum maksimal khususnya dalam hal sosialisasi produk dan strategi pemasaran yang belum prospektif sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan daya tarik wisata desa. Penelitian ini menyajikan bahwa, banyak sekali faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam berwisata, tetapi sumber informasi individual ternyata menjadi pengaruh utama yang membentuk persepsi seseorang dalam mengunjungi suatu daerah wisata. Subyek penelitian adalah para wisatawan yang tergabung dalam grup facebook backpacker Yogyakarta. Pemilihan sampel menggunakan metode non-probability sampling  yang terdiri dari 120 orang. Hipotesis diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Penelitian ini menemukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap e-word of mouth, e-word of mouth berpengaruh positif terhadap citra destinasi, kualitas layanan berpengaruh positif terhadap citra destinasi dan e-word of mouth secara penuh dapat memediasi hubungan positif antara kualitas layanan terhadap citra destinasi.Kata Kunci: Kualitas Layanan, Citra Destinasi, e-Word of Mouth
Kajian Pola Perjalanan Wisata di Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara Liyushiana Liyushiana
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.985 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i2.6374

Abstract

Abstract - The regency of Nias Barat (West Nias) has many potential tourist destinations, unfortunately not many travel package specifically offer the visit to explore the tourism objectsin this region. That is the reason this study aims to design effective and efficient travel patterns in West Nias Regency using a destination region loop approach. The focus of this study is to identify how the state of tourism in West Nias Regency, the travel routes in West Nias Regency and especially how to develop travel patterns that most suitable to West Nias. The method employs descriptive analysis technique with data collected from observation, documentation, interviews and literature study. The research results the identification of several selected tourist objects that can be visited in this district, such as Sirombu Beach, Asu Island, Gu'u Beach, Fari'i Beach, Ture Beach, Fadaya Beach, Valaete Beach, Bawa Island, Bale, Bukit Hermon, Houses adat, Batu Megalit in Lahomi Village, Lolozirugi Village and Sisarahili Village. Keywords: Travel Patterns, Travel Routes, Travel Destinations Abstrak - Pariwisata di Kabupaten Nias Barat sangat potensial, sayangnya belum banyak produk wisata yang khusus menawarkan  objek-objek wisata di kabupaten ini. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang pola perjalanan wisata yang efektif dan efisien di Kabupaten Nias Barat dengan pendekatan destination region loop. Fokus penelitian ini untuk mengidentifikasi bagaimana keadaan pariwisata di kabupaten Nias Barat, bagaimana rute perjalanan wisata di Kabupaten Nias Barat dan terutama bagaimana pengembangan pola perjalanan wisata (travel pattern) yang coba diformulasikan oleh penulis dalam penelitian ini. Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa beberapa objek wisata pilihan yang dapat dikunjungi di kabupaten ini adalah Pantai Sirombu, Pulau Asu, Pantai Gu’u, Pantai Fari’i, Pantai Ture, Pantai  Fadaya, Pantai Valaete, Pulau Bawa, Bale, Bukit Hermon, Rumah adat, Batu Megalit di Desa Lahomi, Desa Lolozirugi dan Desa Sisarahili.  Kata Kunci : Pola Perjalanan Wisata, Rute Perjalanan, Destinasi Wisata
Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Sale Pada Hotel Galuh Anindita Yogyakarta Aji Wicaksosno
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.094 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i2.6490

Abstract

Abstract - Galuh Anindita Hotel is a non-star hotel located strategically in the center of Yogyakarta. As a non-star hotel located not far from the center of Yogyakarta tourism, of course the challenge is greater because they have to compete with other hotels, especially star hotels, so various efforts need to be made to get the expected sale. This study aims to determine the effect of marketing mix on sales at Galuh Anindita Hotel Yogyakarta. The method used in this research is quantitative descriptive by collecting data through questionnaires, observation, and documentation. The questionnaire was distributed to visitors of the Galuh Anindita Hotel in Yogyakarta during May-July 2019. Analysis of the data used was linear regression test. The instrument test using validity and reliability shows that all items are declared valid and reliable so that it can be used for calculation analysis. Based on the results of the correlation test it was concluded that the relationship between marketing mix and sale was categorized strong with a correlation value of 0.728. Hypothesis testing shows that the marketing mix has a significant effect on sales as indicated by a probability value of 0,000 (<0.05) and t of 10.498. The magnitude of the effect of the marketing mix on sales was 52.9%. Keywords: marketing mix, sale, hotel Abstrak - Hotel Galuh Anindita adalah hotel non bintang yang berlokasi strategis di tengah kota Yogyakarta. Sebagai hotel non bintang yang terletak tidak jauh dari pusat pariwisata Yogyakarta, tentunya tantangan lebih besar karena harus bersaing dengan hotel lain terutama hotel berbintang sehingga berbagai upaya perlu dilakukan untuk mendapatkan sale yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap sale di Hotel Galuh Anindita Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Angket disebarkan kepada pengunjung Hotel Galuh Anindita Yogyakarta selama bulan Mei-Juli 2019. Analisis data yang digunakan yaitu dengan uji regresi linear. Uji instrumen dengan menggunakan validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh item dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk analisis perhitungan. Berdasarkan hasil uji korelasi disimpulkan bahwa hubungan antara bauran pemasaran dengan sale dikategorikan kuat dengan nilai korelasi sebesar 0,728. Uji hipotesis menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap sale yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 (< 0,05) dan t sebesar 10,498. Besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap sale sebesar 52,9 %. Kata kunci: bauran pemasaran, sale, hotel

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 16, No 1 (2025): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2025 Vol 15, No 2 (2024): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2024 Vol 15, No 1 (2024): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2024 Vol 14, No 2 (2023): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2023 Vol 14, No 1 (2023): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2023 Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2022 Vol 13, No 1 (2022): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2022 Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2021 Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2021 Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2020 Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2020 Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019 Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019 Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2018 Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2018 Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2017 Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2017 Vol 7, No 2 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2016 Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016 Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2015 Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015 Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2014 Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2014 Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2013 Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Khasanah Ilmu - Masret 2013 Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2012 Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2012 Vol 1, No 1 (2010): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2010 More Issue