cover
Contact Name
Nurul
Contact Email
journal.pendidikan@uniga.ac.id
Phone
+6282118190799
Journal Mail Official
journal.pendidikan@uniga.ac.id
Editorial Address
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan UNIGA
Published by Universitas Garut
ISSN : 1907932x     EISSN : 25799274     DOI : http://dx.doi.org/10.52434/jp.v14i2
Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Jurnal Pendidikan merupakan media publikasi hasil penelitian dan telaahan kajian pustaka dari berbagai kalangan pemerhati dan pemrakarsa tentang pendidikan dan bidang humaniora, agar memberikan kontribusi bagi perbaikan/ memajukan teori dan implementasi pada bidang pendidikan dan kemanusiaan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan UNIGA" : 5 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN SANKSI BERJENJANG TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SDN MEKARWANGI I KECAMATAN CIHURIP KABUPATEN GARUT Novi Hernawati
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 2, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v2i1.12

Abstract

Keberhasilan pendidikan di sekolah salah satunya ditentukan oleh bagaimana guru dalam mendidik siswanya di sekolah. Kedisiplinan siswa sangat berperan penting dalam meningkatkan keberhasilan pendidikan. Dalam pelaksanaan tugas mendidik, guru memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kedisiplinan siswa bukan hanya sekedar mengajar. Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Sanksi Berjenjang Terhadap Kedisiplinan Siswa di SDN Mekarwangi I Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut. Realitas penerapan sanksi berjenjang di SDN Mekarwangi I Cihurip-Garut (Variabel X), berdasarkan hasil jawaban responden dari seluruh item yang diajukan menunjukkan intensitas yang tinggi, dengan hasil perolehan nilai parsial sebesar 3,44 dan prosentase rata-rata sebesar 82,1%. Realitas kedisiplinan siswa di SDN Mekarwangi I Cihurip-Garut (Variabel Y), berdasarkan hasil perhitungan atas jawaban responden dari seluruh item yang diajukan menunjukkan intensitas yang tinggi, dengan hasil perolehan nilai parsial sebesar 4,02 dan prosentase rata-rata sebesar 92,8%. Berdasarkan pengolahan dan analisis data melalui uji korelasional Variabel X (penerapan sanksi berjenjang) dengan Variabel Y (kedisiplinan siswa) diperoleh kejelasan dimana adanya korelasi yang cukup signifikan dari penerapan sanksi berjenjang di SDN Mekarwangi I (Variabel X) dengan kedisiplinan siswa di SDN Mekarwangi I (Variabel Y), dengan indeks koefisien 0,988. Adapun taraf pengaruh penerapan sanksi berjenjang terhadap kedisiplinan siswa memiliki pengaruh sebesar 10%, dan sisanya 90% menunjukkan faktor lain yang turut mempengaruhi kedisiplinan siswa di SDN Mekarwangi I Cihurip-Garut. Kata kunci : Kedisiplinan Siswa, Sanksi Berjenjang.
PEMBINAAN KEAGAMAAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN SISWA MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT (Penelitian Di kelas X dan XI SMK Plus Qurrota `Ayun Kecamatan Samarang Kabupaten Garut) Lina Hadiawati
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 2, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v2i1.13

Abstract

Internalisasi ajaran agama yang dinilai efektif adalah melalui penyelenggaraan kegiatan pembinaan keagamaan baik di sekolah, keluarga, maupun di masyarakat. Indikator utama ketaatan ibadah seseorang dapat diukur sampai sejauh mana orang tersebut memelihara kewajiban menjalankan ibadah shalat sebagai tiang agama dan sebagai ciri khas kemuslimannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterkaitan antara pembinaan keagamaan dengan kesadaran siswa dalam melaksanakan ibadah shalat wajib yang dilaksanakan di SMK Plus Qurrota A’yun Kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Penelitian bertolak dari pemikiran bahwa untuk mencapai keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran PAI tidak akan terlepas dari pembinaan keagamaan yang dilaksanakan di sekolah, meliputi : Bimbingan cara beribadah, pemahaman agama dan pemahaman diri terhadap tata cara shalat, serta pembinaan agar faham dalam kegiatan keagamaan baik di sekolah, lingkungan, dan di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskrptif analitik, yaitu tertuju pada pemecahan masalah untuk memperoleh datanya, penulis mempergunakan teknik observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa siswa dapat melaksanakan pembinaan keagamaan siswa adanya keterbiasaan maka ia akan terbiasa untuk melaksanakan shalat tanpa adanya dorongan dan ajakan dari orang lain, siswa tersebut akan sadar dengan sendirinya karena keterbiasaannya. Kata kunci : Pembinaan Keagamaan, Kesadaran Siswa, Ibadah Shalat
PENGARUH PENAMBAHAN WAKTU BELAJAR AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (Penelitian Pada Siswa Kelas II SMPN 3 Cikajang Garut) Suhendar .
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 2, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v2i1.14

Abstract

Proses pendidikan yang terjadi dalam lembaga pendidikan sekolah akan membawa pengaruh yang sangat besar terhadap prestasi belajar siswa. Sejalan dengan pemikiran itu, usaha yang dilakukan oleh guru agama di SMPN 3 Cikajang Garut tidak hanya terfokus pada jatah waktu yang telah ditentukan, maka dilakukan penambahan waktu belajar dari dua jam menjadi enam jam pelajaran dalam satu minggu. Namun di pihak lain prestasi belajar siswa dalam bidang studi agama sangat bervariasi ada yang mendapat nilai tinggi, sedang, cukup dan ada pula yang mendapat nilai kurang. Padahal bidang studi agama merupakan salah satu biang studi pokok selain dari bidang studi inti lainnya. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa penyediaan waktu sangat penting demi lancarnya kegiatan proses belajar mengajar dan tercapainya tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Melalui pengaturan waktu yang tersedia, diharapkan siswa dan guru dapat memanfaatkan dalam berbagai kegiatan belajar secara optimal, sehingga banyak waktu yang digunakan dengan efektif dan efisien yang dapat menunjang terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, teknik pengumpulan datanya adalah angket, test, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis logika untuk data kualitatif, dan analisis statistika untuk data kauntitatif. Dari hasil penelitian data diperoleh bahwa pengaruh penambahan waktu belajar pelajaran agama termasuk sedang yaitu 3,4. Demikian juga prestasi bidang studi Pendidikan Agama Islam termasuk tinggi yaitu 3,1. Adapun hubungan antara kedua varibel tersebut adalah sedang dengan ditunjukkan oleh harga koefisien korelasi Pengaruh variabel X terhadap variabel Y mencapai 31%, itu diduga masih ada sekitar 69% faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi bidang studi Pendidikan Agama Islam. Kata kunci: Penambahan, Waktu Belajar, Pendidikan Agama, Prestasi Belajar
PENGARUH PROGRAM KONTROL SHALAT WAJIB TERHADAP MOTIVASI IBADAH SHALAT SISWA SEHARI-HARI (Penelitian Terhadap Santri Putri Pondok Pesantren Darussalam Garut) Andriani .
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 2, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v2i1.15

Abstract

Secara teoritik program kontrol shalat wajib dimaksudkan untuk mendisiplinkan siswa dalam melaksanakan shalat lima waktu yang merupakan kewajiban bagi umat muslim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program kontrol shalat wajib, untuk mengetahui motivasi ibadah shalat mereka sehari-hari, dan untuk mengetahui hubungan antara keduanya. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Sedangkan pengolahan data dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pendekatan logika dan statistik. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa realitas program kontrol shalat wajib berkategori sangat tinggi, dengan hasil perolehan nilai parsial 4,0 dan prosentase rata-rata sebesar 118%. Sedangkan realitas motivasi ibadah shalat siswa seharihari termasuk tinggi dengan hasil perolehan nilai parsial 4,1 dan prosentase ratarata sebesar 119,1%. Jadi, hubungan antara keduanya termasuk kategori sedang dengan nilai indeks koefisien korelasi 0,353. Begitu pula hasil analisis uji signifikansi korelasi menunjukkan bahwa ttabel lebih besar dari thitung yaitu 3,01 > 2,05. Adapun besar pengaruh variabel X dengan variabel Y sebesar 19% hal ini berarti 81% lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang turut mempengaruhi motivasi ibadah shalat siswa di Pondok Pesantren Darussalam Garut. Kata kunci: Program, Kontrol, Shalat, Motivasi, Ibadah
PENGARUH PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA (Penelitian Deskriftif Analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut) Leli Siti Hadianti
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 2, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v2i1.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah terhadap Kedisiplinan belajar Siswa.Metode yang digunakan adalah inferensial. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Naegeri Sukakarya II Samarang Garut, dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling dan didapat sampel sebanyak 43 orang siswa kelas. Instrumen tata tertib dan kedisiplinan belajar siswa berupa lembar pertanyaan (angket) yang disebarkan kepada responden.Hipotesisyang diajukan adalah terdapat pengaruh tata tertib sekolah yang signifikanterhadap kedisiplinan belajar siswa.Analisis data menggunakan statistic regresi linier sederhana. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa 1) tata tertib di SDN Sukakarya II Samarang Garut ermasuk kualifikasi tinggi, hal ini ditunjukan oleh nilai rata-rata 38,62. 2) kedisiplinan belajar siswa di SDN Sukakarya II Samarang Garut termasuk kualifikasi baik,hal ini ditunjukan oleh nilai rata-rata 39,43. 3) pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa di SDN Sukakarya II Sanarang Garut ditunjukan oleh a) koefisien korelasi termasuk pada kualifikasi yang sangat kuat. b) hipotesisnya diterima berdasarkan t hitung sbesar 2,061 sedang t table sebesat 2,019 artinya jika baik tata tertib yang ada di sekolah maka akan baik pula kedisiplinan belajar siswa c) pengaruh tata tertib sekolah memiliki pengaruh sebesar 39% terhadap kedisiplinan belajar siswa dan sisanya 61% faktor lain yang mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa. Kata kunci : Tata tertib, disiplin, inferensial

Page 1 of 1 | Total Record : 5