cover
Contact Name
Cucuk Nur Rosyidi
Contact Email
performa@ft.uns.ac.id
Phone
+62271-632110
Journal Mail Official
performa@ft.uns.ac.id
Editorial Address
Gedung I, Lantai 1 Fakultas Teknik UNS Jl. Ir. Sutami 36A, Surakarta, 57126 , Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
PERFORMA : Media Ilmiah Teknik Industri
ISSN : 14128624     EISSN : 26206412     DOI : https://doi.org/10.20961/performa
Core Subject : Engineering,
PERFORMA : Media Ilmiah Teknik Industri merupakan jurnal teknik industri yang menyajikan artikel orisinil pada bidang teknik dan manajemen industri. Tema naskah yang diterbitkan mencakup: Manufacturing System, Operation Research, Product Design and Development, Manufacturing Technology, Work Study, Ergonomic, Logistic System, Business System, Quality and Reliability Engineering, Information System and Knowledge Management, System Modelling, Small-medium Enterprise Optimization, Public Sector Optimization, and Industrial Engineering Education . Naskah yang dimuat dapat berupa hasil penelitian, analisis, kajian ilmiah, opini, dan makalah teknik.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2009): PERFORMA Vol. 8, No. 1 Maret 2009" : 5 Documents clear
Integrasi Data Envelopement Analysis dan Fault Tree Analysis untuk Peningkatan Efisiensi Perusahaan Wholesaler: Studi Kasus Yuniaristanto -; Ramadhany A. T.; Wahyudi Sutopo
Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 8, No 1 (2009): PERFORMA Vol. 8, No. 1 Maret 2009
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.685 KB) | DOI: 10.20961/performa.8.1.13796

Abstract

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat efisiensi strategi dan mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi ketidak-efisienan strategi pemasaran pada suatu perusahaan Wholesaler. Pendekatan Data Envelopment Analysis digunakan mengukur tingkat efisien pada banyak input dan banyak output dari suatu Strategi Pemasaran. Pendekatan Fault Tree Analysis digunakan untuk mencari penyebab ketidak-efisienan strategi pemasaran. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa nilai efisiensi pada Bagian Tele dan Promo adalah kuran dari satu atau belum efisien. Dari pendekatan Fault Tree Analysis diketahui bahwa faktor artikel produk yang di jual tidak lengkap, paket kemasan terlalu besar, aksi borong pedagang besar, pengiriman Supplier terlambat, pelayanan kurang ramah dan tidak ada delivery menyebabkan rendahnya nilai efisien.
Rancang Bangun Alat Pemotong Bulu Ayam Untuk Mendukung Pembuatan Produk Shuttle Cock Daerah Pengrajin Serengan Kota Surakarta Lobes Herdiman; Eko Liquiddanu; Taufiq Rochman
Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 8, No 1 (2009): PERFORMA Vol. 8, No. 1 Maret 2009
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.495 KB) | DOI: 10.20961/performa.8.1.13798

Abstract

Salah satu proses produksi shuttle cock yang kritis dalam arti dapat mempengaruhi kualitas produk adalah pada waktu pemotongan bulu ayam. Hal ini dikarenakan bentuk bulu hasil potongan dapat mempengaruhi bentuk cock itu sendiri. Selama ini pemotongan bulu ayam untuk produk cock dilakukan secara manual dengan bantuan alat gunting satu persatu sehingga hasil yang diperoleh sangat lambat dan memiliki bentuk cenderung beragam. karena itu pengusaha industri kecil memerlukan alat bantu pemotong bulu yang dapat digerakkan secara manual. Kegiatan ini mencoba membuat alat potong yang dapat membantu proses pemotongan bulu. Nilai tambah dari alat yang digunakan adalah adanya alat pemanas untuk membantu proses pemotongan bulu. Dengan alat pemanas ini bentuk potongan menjadi lebih rapi, dan dapat memotong tiga hingga lima buah bulu ayam.
Optimasi Pengalokasian Sampah Wilayah Ke Tempat Pembuangan Sementara dengan Model Integer Linear Programming (Studi Kasus Kota Surakarta) I Wayan Suletra; Eko Liquiddanu; Sigit Bagus Pamungkas
Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 8, No 1 (2009): PERFORMA Vol. 8, No. 1 Maret 2009
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.815 KB) | DOI: 10.20961/performa.8.1.13800

Abstract

This reserach proposes an integer linear programming model for the allocation of municipal solid waste to the optimal transfer station. This model involves trade-off between two kind of transportation cost, that is transportation cost from village to trasfer station and cost from transfer station to landfill/treatment center. Branch-and-bound method is used to find optimum decision, which transfer station should serve which village.This model is applied to city of Surakarta that consist of 596 village and 62 transfer stations. From analysis we know that this model can reduce total transportation cost per day by 5,38% and balances the accumulated waste in all trasfer station
Perancangan Program Aplikasi untuk Analisis Pekerjaan Pengangkatan Berdasarkan Model Revised NIOSH Lifting Equation Henri Winandar; Irwan Iftadi; Lobes Herdiman
Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 8, No 1 (2009): PERFORMA Vol. 8, No. 1 Maret 2009
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/performa.8.1.13802

Abstract

Pekerjaan pengangkatan merupakan salah satu penyebab utama low back pain. Kompensasi ekonomi yang diberikan perusahaan dalam penanganan low back pain sangat besar. Salah satu model analisis pekerjaan pengangkatan yang banyak digunakan yaitu model Revised NIOSH Lifting Equation. Tujuan dari model Revised NIOSH Lifting Equation adalah mengurangi resiko kecelakaan kerja akibat pekerjaan pengangkatan. Model ini rumit sehingga memerlukan ketelitian tinggi dalam perhitungan manual, khususnya untuk kasus multi task. Program aplikasi untuk model tersebut sudah tersedia tetapi bersifat komersial. Adapun program aplikasi gratis memiliki fitur kurang lengkap. Perancangan program aplikasi menggunakan pendekatan berorientasi objek dengan bahasa permodelan UML. Perancangan user interface program aplikasi berdasarkan diagram UML. Rancangan human model dibuat untuk memodelkan input data berupa hand location dan asymetric angle. Tahap akhir penelitian yaitumenterjemahkan perancangan ke dalam bahasa pemograman. Hasil penelitian yaitu program aplikasi yang mendukung penuh analisis model Revised NIOSH Lifting Equation baik kasus single task maupun kasus multi task. Program aplikasi mampu memodelkan data input berupa hand location dan asymetric angle. Program aplikasi dapat mencetak laporan dengan standar publikasi NIOSH. Disamping itu terdapat beberapa fitur lain, seperti error message berupa pesan kesalahan apabila terjadi kesalahan input data dan help file yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mempelajari program aplikasi.
Analisis Sistem Antrian di Plasa Telkom Solo dengan Metode Simulasi Eko Liquiddanu; Wakhid Ahmad Jauhari; Yaning Tri Hapsari
Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 8, No 1 (2009): PERFORMA Vol. 8, No. 1 Maret 2009
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.667 KB) | DOI: 10.20961/performa.8.1.13804

Abstract

Plasa Telkom Solo is a service place belonging to Telkom which is provided to serve Telkom customer with nine service servers. Those nine services servers can handle new setting and mutation, complains, information, and cash payment and non cash payment. Queue in the scale of customer service is important to be considered because the long queue will make the customer uncomfortable. The queue happens because the need of service is bigger than the capacity of service. Therefore, the customer cannot be served immediately because the busy service. This research is conducted to analyze the queue system to find the best number of the server and service system in Plasa Telkom Solo. This research uses simulation method to find the best solution for the company to decide the number of the servers. Thesimulation model is used because this model can give solution if analytic model is failed to do that. Analytic model cannot be used in this research since in Plasa Telkom Solo there are four kinds of service with different approximate time service.Based on the research, the best numbers of server is seven. Meanwhile, the service system model are combining service 1 (new setting and mutation) and service 2 (complain) with the number of server 5 and service 3 (information) combines with service 4 (cash payment and non cash payment) with number of server is 2. This model can reduce the queue time for 21,7325 minutes (before the simulation) to be 17,8694 minutes (after simulation). The time difference is 3.8631 minutes with utilization 0,8996 (89,96%) or 458,796 minutes (7,65 hours) per day and the free time for the server is 0,1004 (10,04%) atau 51,2040 minutes (0,85 hours) per day, in which per day there is 8,5 work time.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2009 2009


Filter By Issues
All Issue Vol 23, No 2 (2024): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 23, No 1 (2024): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 22, No 2 (2023): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 22, No 1 (2023): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 21, No 2 (2022): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 21, No 1 (2022): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 20, No 2 (2021): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 20, No 1 (2021): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 19, No 2 (2020): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 19, No 1 (2020): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 18, No 2 (2019): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 18, No 1 (2019): Performa: Media Ilmiah Teknik Industri Vol 17, No 2 (2018): PERFORMA Vol. 17, No 2 September 2018 Vol 17, No 1 (2018): PERFORMA Vol. 17, No 1 Maret 2018 Vol 16, No 2 (2017): PERFORMA Vol. 16, No 2 September 2017 Vol 16, No 1 (2017): PERFORMA Vol. 16, No 1 Maret 2017 Vol 15, No 2 (2016): PERFORMA Vol. 15 No. 2, September 2016 Vol 15, No 1 (2016): PERFORMA Vol. 15 No. 1, Maret 2016 Vol 14, No 2 (2015): PERFORMA Vol. 14 No. 2, September 2015 Vol 14, No 1 (2015): PERFORMA Vol. 14 No 1, Maret 2015 Vol 13, No 2 (2014): PERFORMA Vol. 13 No. 2, September 2014 Vol 13, No 1 (2014): PERFORMA Vol. 13, No 1 Maret 2014 Vol 12, No 2 (2013): PERFORMA Vol. 12, No 2 September 2013 Vol 12, No 1 (2013): PERFORMA Vol. 12, No 1 Maret 2013 Vol 11, No 2 (2012): PERFORMA Vol. 11, No 2 September 2012 Vol 11, No 1 (2012): PERFORMA Vol. 11, No 1 Maret 2012 Vol 10, No 2 (2011): PERFORMA Vol. 10 No 2, September 2011 Vol 10, No 1 (2011): PERFORMA Vol. 10, No 1 Maret 2011 Vol 9, No 2 (2010): PERFORMA Vol. 9, No 2 September 2010 Vol 9, No 1 (2010): PERFORMA Vol. 9, No. 1 Maret 2010 Vol 8, No 2 (2009): PERFORMA Vol. 8, No. 2 September 2009 Vol 8, No 1 (2009): PERFORMA Vol. 8, No. 1 Maret 2009 Vol 7, No 2 (2008): PERFORMA Vol. 7, No. 2 September 2008 Vol 7, No 1 (2008): PERFORMA Vol. 7, No. 1 Maret 2008 Vol 6, No 2 (2007): PERFORMA Vol. 6, No. 2 September 2007 Vol 6, No 1 (2007): PERFORMA Vol. 6, No. 1 Maret 2007 Vol 5, No 2 (2006): PERFORMA Vol. 5 No 2, September 2006 Vol 5, No 1 (2006): PERFORMA Vol. 5, No. 1 Maret 2006 Vol 4, No 2 (2005): PERFORMA Vol. 4 No 2, September 2005 Vol 4, No 1 (2005): PERFORMA Vol. 4 No 1, Maret 2005 Vol 3, No 2 (2004): PERFORMA Vol. 3 No 2, September 2004 Vol 3, No 1 (2004): PERFORMA Vol. 3 No 1, Maret 2004 Vol 2, No 2 (2003): PERFORMA Vol. 2, No. 2 September 2003 Vol 2, No 1 (2003): PERFORMA Vol. 2, No. 1 Maret 2003 Vol 1, No 1 (2002): PERFORMA Vol. 01, No 1 Maret 2002 More Issue