cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 16938275     EISSN : 25485644     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISNU Jepara menyajikan artikel ilmiah di Bidang Ekonomi dan Bisnis baik umum maupun syariah.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2009)" : 8 Documents clear
WORD-OF-MOUTH MARKETING SEBAGAI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN Hasan Hasan
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 6, No 2 (2009)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jdeb.v6i2.136

Abstract

AbstractWord-of-Mouth Marketing (WOMM) becomes more important in todays marketing communication activities. Rapid development of information and communication technology and decrease credibility of conventional promotion make it more effective tool for marketing communication. This article attempts to explore WOMM as a communication marketing mix from some literatures. This article divide in four section. The first, it shows the relevance and importance of WOMM. Second, it discuss the relationship of WOMM with marketing communication. Third, describe recent research in WOMM area. Finally, conclusions.Keywords: word-of-mouth marketing, marketing communicationAbstrakWord-of-Mouth Marketing (WOMM) menjadi semakin penting dalam aktivitas komunikasi pemasaran sekarang ini. Perkembangan informasi dan teknologi informasi yang pesat dan menurunnya kredibilitas promosi konvensional membuat WOMM menjadi alat yang lebih efektif dalam komunikasi pemasaran. Artikel ini akan mengeksplorasi WOMM sebagai bauran komunikasi pemasaran, dengan pembahasan dibagi dalam empat bagian. Pertama, mengenai relevansi dan pentingnya WOMM. Kedua, pembahasan mengenai hubungan WOMM dengan komunikasi pemasaran. Ketiga, mengenai penelitian mutakhir tentang WOMM, terakhir kesimpulan.Kata kunci: pemasaran mulut ke mulut, komunikasi pemasaran
ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN, KAPABILITAS, KOMITMEN TERHADAP KINERJA ANGGOTA SATUAN KOMANDO DISTRIK MILITER 0719 JEPARA Noor Arifin; Komaruddin Komaruddin
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 6, No 2 (2009)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jdeb.v6i2.142

Abstract

AbstractThe purpose of research seeking the causes of the problems associated with less optimal performance of unit members KODIM 0719 Jepara. On the other side of leadership, capability and commitment of members of the unit KODIM 0719 Jepara always be improved. The research question is how the influence of leadership, commitment and capability of their impact on performance? Sampling technique using proportional random sampling of 150 members of the unit KODIM 0719 Jepara. Method of analysis used PLS with SmartPLS software. Results showed no effect on performance leadership, capabilities affect the performance, leadership influence on the commitment, capability affect the commitment, the commitment effect on performance, and commitment is an intervening variable between the capabilities of influence on performance.Keywords: Leadership, Capabilities, Commitment, and PerformanceAbstrakTujuan penelitian mencari penyebab masalah yang berkaitan dengan kurang optimalnya kinerja anggota satuan KODIM 0719 Jepara. Di sisi lain kepemimpinan, kapabilitas dan komitmen dari anggota satuan KODIM 0719 Jepara selalu ditingkatkan. Pertanyaan penelitian adalah bagaimanakah pengaruh kepemimpinan, kapabilitas terhadap komitmen dan dampaknya terhadap kinerja? Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Proporsional Random Sampling sebanyak 150 anggota satuan KODIM 0719 Jepara. Metode analisis yang digunakan adalah PLS (partial least square) dengan software SmartPLS. hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja, kapabilitas berpengaruh terhadap kinerja, kepemimpinan berpengaruh terhadap komitmen, kapabilitas berpengaruh terhadap komitmen, komitmen berpengaruh terhadap kinerja, dan komitmen merupakan variabel intervening dari pengaruh antara kapabilitas terhadap kinerja.Kata Kunci : Kepemimpinan, Kapabilitas, Komitmen, dan Kinerja
STRUKTUR EKONOMI DAN SEKTOR UNGGULAN KABUPATEN JEPARA M Zainuri
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 6, No 2 (2009)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jdeb.v6i2.137

Abstract

AbstractThe economic structure of Jepara regency shown by the contribution of each economic sector on Gross Regional Domestic Product (GDP). Three sectors are the dominant contribution in the year 2005 up to 2008 is the Industry sector with a range of 27%; Agriculture sector in the range of 23% and the trade sector with a range of 21%. The number of workers absorbed in the three sectors amounted to 78.67% of the workforce in the district of Jepara. Based on the calculation of LQ method, it is known that in the period 2005 to 2008 there were 4 sectors which consistently has a value of LQ > 1, namely Agriculture, Commerce, Transportation and Finance.Keywords: GDP, GDP, LQ method, superior sectorAbstrakStruktur ekonomi Kabupaten Jepara ditunjukkan oleh kontribusi masing-masing sektor ekonomi dalam Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Tiga sektor yang kontribusinya dominan pada tahun 2005 sampai dengan 2008 adalah sektor Industri dengan kisaran 27%; sektor Pertanian pada kisaran 23% dan sektor Perdagangan dengan kisaran 21 %. Jumlah tenaga kerja yang terserap di tiga sektor tersebut sebesar 78,67% dari angkatan kerja yang ada di Kabupaten Jepara. Berdasarkan perhitungan metode LQ, diketahui bahwa dalam kurun waktu 2005 sampai dengan 2008 terdapat 4 sektor yang konsisten memiliki nilai LQ > 1 yaitu Pertanian; Perdagangan; Pengangkutan dan Keuangan.Kata kunci: GDP, PDRB, metode LQ, sektor unggulan
ANALISIS EFISIENSI PEMBERIAN KREDIT BERDASAR SEGMEN TERHADAP PENDAPATAN PADA PD BPR BKK JEPARA CABANG KEDUNG Yusuf Dwiko Prasetyo; Setyo Utomo
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 6, No 2 (2009)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jdeb.v6i2.144

Abstract

AbstractThe first objective of research is to analyze the contribution of credit and income based on market segment consisting of farmers, traders and employees. The second objective for knowing the relative efficiency of credit on income in each segment. The object of the research on PD BPR BKK Kedung Jepara Branch. The analysis was done using time series data over the period 2002 to 2007 with the ratio analysis technique. The data required are secondary data obtained from the BPR are collected by documentation. The study shows that the amount of loans and the proceeds have increased trend. The increase was driven by a segment of employees, while its farmers and traders tend to decrease. Analysis of efficiency in each segment indicates that the employees segment is efficient because the ratio is more than one, while the segment of farmers and traders are not efficient because the ratio is less than one.Keywords: efficiency, credit, income, market segmentAbstrakTujuan pertama penelitian adalah untuk menganalisis kontribusi pemberian kredit dan pendapatan berdasarkan segmen pasar yang terdiri dari segmen petani, pedagang dan pegawai. Tujuan kedua untuk mengetahui efisiensi relatif pemberian kredit terhadap pendapatan pada masing-masing segmen. Objek penelitian pada PD BPR BKK Jepara Cabang Kedung. Analisis dilakukan menggunakan data runtut waktu selama periode 2002 sampai 2007 dengan teknik analisis rasio. Data yang diperlukan adalah data sekunder yang diperoleh dari pihak BPR yang dikumpulkan dengan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kredit yang disalurkan dan pendapatan yang diperoleh memiliki trend yang meningkat. Peningkatan tersebut dipacu oleh segmen pegawai, sedangkan segmen petani dan pedagang cenderung menurun. Analisis efisiensi pada masing-masing segmen menunjukkan bahwa segmen yang efisien adalah segmen pegawai karena rasionya lebih dari satu, sedangkan segmen petani dan pedagang tidak efisien karena rasionya kurang dari satu.Kata kunci: efisiensi, kredit, pendapatan, segmen pasar
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA Dul Muid
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 6, No 2 (2009)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jdeb.v6i2.138

Abstract

AbstractThe study aims to test the effect of institutional ownership structure andcorporate governance on earnings management. Institutional ownership is measured by using the percentage of stock ownership by financial institutional investors and corporate governance is measured using the four proxies (proportion of independent commissioners, board size, the existence of an audit committee, company size). The method of analysis used is multiple regression. The study used data from the Indonesia Stock Exchange with a sample of 20 banking companies for the period 2004-2006. Results showed that all variables are institutional ownership, the proportion of independent commissioners, board size, the existence of an audit committee, company size has no effect on earnings management. Large influence of institutional ownership, the proportion of independent commissioners, board size, the existence of an audit committee, firm size on earnings management in manufacturing companies in Indonesia Stock Exchange was 14.3 percent while the rest 85.7 percent are influenced other variables outside research or outside the model equations regression Keywords: earnings management, institutional ownership, corporate governanceAbstrakPenelitian bertujuan untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan institusional dan corporate governance terhadap manajemen laba. Kepemilikan institusional diukur dengan menggunakan persentase kepemilikan saham perusahaan oleh investor institusi keuangan dan corporate governance diukur menggunakan empat proksi (Proporsi dewan komisaris independen, ukuran dewan komisaris, keberadaan komite audit, ukuran perusahaan). Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Penelitian menggunakan data dari Bursa Efek Indonesia dengan sampel sebanyak 20 perusahaan perbankan untuk periode tahun 2004-2006. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel yaitu kepemilikan institusional, proporsi dewan komisaris independen, ukuran dewan komisaris, keberadaan komite audit, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Besar pengaruh kepemilikan institusional, proporsi dewan komisaris independen, ukuran dewan komisaris, keberadaan komite audit, ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia adalah 14,3 persen sedang sisanya 85,7 persen dipengaruhi variabel lain diluar model persamaan regresiKata kunci: manajemen laba, kepemilikan institusional, corporate governance
PENGARUH IKLAN MEDIA TELEVISI DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MELAKUKAN PEMBELIAN Nurul Komaryatin
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 6, No 2 (2009)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jdeb.v6i2.139

Abstract

AbstractTelevision is one of effective means and potential to provide information to the public. The ads aired on television becomes attractive alternative for a wide reach and there is an element of entertainment. This supports the emergence of consumer willingness to try the product, which can lead to the consumer in making a purchase decision. Product are examined close up toothpaste. The results showed that there is positive and significant correlation between television advertising and product attributes on purchase decisions toothpaste close up.Keywords: advertising, attributes and purchasing decisionsAbstrakTelevisi merupakan salah satu sarana yang efektif dan potensial untuk memberi informasi pada masyarakat luas. Iklan yang ditayangkan melalui media televisi menjadi alternatif pilihan menarik karena jangkauan yang luas dan adanya unsur hiburan. Hal ini mendukung timbulnya keinginan mencoba produk dari konsumen, sehingga dapat mengarah pada keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Produk yang diteliti adalah pasta gigi close up. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara iklan media televisi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi close up.Kata kunci: iklan, atribut dan keputusan pembelian
ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENETAPAN STRATEGI BERSAING (Penelitian pada Po Shantika Jepara) Anna Widiastuti; Siti Mabruroh
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 6, No 2 (2009)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jdeb.v6i2.143

Abstract

AbstractCompanies need a strategy in the development of business continuity and face the competition. Aim of this study to evaluate the development and selection of competitive strategy on the Po. Shantika in Ngabul Jepara. The method of analysis is the SWOT (Strengths Weakness Opportunities and Threats), SAP (Strategic Advantage Profile) and ETOP (Environmental Threatand Opportunity Profile). Internal variables consist of product quality, employee skills, facilities, location, price, service, promotion and corporate image. External variables consist of income per capita, market coverage, technological developments, government policy, the existence of competition and collaboration capabilities. The results showed that the Po. Shantika based SWOT matrix in position of investment, namely the position of a company that has a growth strategies. This is based of the SAP value of 3,4 are in strong position, while the value of ETOP in EOE at 3,9 and 3,5 ETE are on speculative business.Keyword: SWOT, SAP and ETOPAbstrakPerusahaan memerlukan strategi dalam pengembangan kelangsungan usaha dan menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengembangan dan pemilihan strategi bersaing pada Po. Shantika di Desa Ngabul Kabupaten Jepara. Metode analisisnya adalah SWOT (Strengths Weakness Opportunities and Threats), SAP (Strategic Advantage Profile) dan ETOP (Environmental Threat and Opportunity Profile). Variabel internal terdiri dari kualitas produk, ketrampilan karyawan, fasilitas, tempat, harga, pelayanan, promosi dan citra perusahaan. Variabel eksternalnya terdiri dari pendapatan per kapita, penguasaan pasar, perkembangan teknologi, kebijakan pemerintah, keberadaan pesaing dan kemampuan menjalin kerjasama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Po. Shantika dalam matrik SWOT berada dalam posisi investasi, yaitu posisi perusahaan yang mempunyai alternatif strategi atau strategi pertumbuhan. Hal ini didasarkan dari nilai SAP sebesar 3,4 berada di posisi kuat, sedangkan nilai ETOP pada EOE sebesar 3,9 dan ETE 3,5 berada pada usaha spekulatif.Kata kunci: SWOT, SAP dan ETOP.
ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN BUNGA SBI TERHADAP IHSG DI BEI Ahmad Zulfa; Juhono Tan
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 6, No 2 (2009)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.658 KB) | DOI: 10.34001/jdeb.v6i2.141

Abstract

AbstractThe study aims to test the effect of inflation and BI rate toward composite stock price index. Inflation obtained from the BPS, interest rate Bank Indonesia certificates (BI rate) obtained from Bank Indonesia and the composite stock price index is obtained from the Indonesian Stock Exchange. Required data collected with the documentation. Periode of the study during 2003 to 2008. Analysis using multiple regression analysis. The results show that inflation has positive and significant impact on stock index and BI rate have negative and significant effect.Key words: inflation, BI rate, IHSGAbstrakPenelitian bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat inflasi dan tingkat bunga sertifikat Bank Indonesia terhadap indeks harga saham gabungan. Variabel inflasi diperoleh dari BPS, tingkat bunga sertifikat Bank Indonesia diperoleh dari Bank Indonesia dan indeks harga saham gabungan diperoleh dari Bursa efek Indonesia. Data yang diperlukan dikumpulkan dengan dokumentasi. Periode penelitian selama 2003 hingga 2008. Teknik analisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap IHSG dan tingkat bunga SBI berpengaruh negatif dan signifikan.Kata kunci: inflasi, bunga SBI, IHSG

Page 1 of 1 | Total Record : 8