cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Bisnis
ISSN : 14114054     EISSN : 25793217     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Aplikasi Bisnis (JABIS) is a journal periodical written both in Indonesian and English language. JABIS published by Diploma III Economy of Universitas Islam Indonesia twice a year on July and December. JABIS is a media of communication and reply forum for scientific works especially concerning the field of application from accounting, management, and banking. The process of manuscript submission is open through the year. All submitted manuscript will be screened with peer review and editorial review before they are accepted to publish. JABIS is open to the public, which means open to all readers and academics who want to search for business applied research.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Volume 8 Nomor 1, Juni 2009" : 6 Documents clear
PENGARUH PRAKTEK GREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PERATURAN PEMERINTAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI Anjar Priyono
Jurnal Aplikasi Bisnis Volume 8 Nomor 1, Juni 2009
Publisher : Jurnal Aplikasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jabis.vol8.iss1.art1

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh praktek green supply chain manajement (GSCM) terhadap kinerja perusahaan dengan tekanan peraturan sebagai variabel moderasi. Praktek GSCM yang dijadikan independen variabel adalah program lingkungan internal, green purchasing, eco-design, kerja sama dengan pelanggan, dan pemulihan investasi.Obyek studi adalah 54 perusahaan manufaktur yang di Jawa yang dipilih dengan metode convenience sampling. Pengujian pure moderator dilakukan dengan memastikan variabel interaksi secara langsung dalam persamaan regresiseperti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi dari Sarkis danZhu (2007) yang kemudian dianalisis menggunakan dan confirmatory factoranalysis dan Cronbach's alpha untiik menguji validitasdan reliabilitas.Dari 5 variabel yang digunakan 3 diantaranya menunjukkan signifikansiyaitu praktek internal program ramah lingkiingan, eco-design,dan keterlibatanpelanggan. Pemulihan investasi menunjukkan signifikansi meskipun dengan tarafyang signifikansi yang rendah sedangkan kerja sama dengan supplier tidakmenunjukkan adanya signifikansi.
PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK, PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ADVERTENSI AKUNTAN PUBLIK Reni Yendrawati
Jurnal Aplikasi Bisnis Volume 8 Nomor 1, Juni 2009
Publisher : Jurnal Aplikasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jabis.vol8.iss1.art6

Abstract

Penelitian ini dilakiikan untukmengetahui apa sebenamya yang menjadi persepsi atau pendapat para praktisi di bidang akuntansi mengenai advertensi Kantor Akuntan Publik. Penelilian ini dilakukan di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Responden penelitian initerdiri 30dari Kantor Akimtan Publik, 30 dari pemakai inforntasi akuntansi dan 30 dari mahasiswa akuntansi.Hasil dari penelitian ini adalah diperolehnya bukti empiris bahwa para praktisi di bidang akuntansi memiliki persepsi yang positif terhadap advertensi Kantor Akuntan Publik. Hal ini semakin menguatkan hasil penelitian yang telah dilakukan di propinsi Daerah Khusus Ibukota.
PENGARUH DIVIDEND PAYOUT RATIO, GROWTH RATE OF EARNING, DAN SYSTEMATIC RISK TERHADAP PRICE EARNING RATIO: PENGUJIAN KONSISTENSI MODEL UNTUK MENILAI KEWAJARAN HARGA SAHAM Dl BURSA EFEK JAKARTA Fanny Rifqi El Fuad
Jurnal Aplikasi Bisnis Volume 8 Nomor 1, Juni 2009
Publisher : Jurnal Aplikasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jabis.vol8.iss1.art3

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh faklor-faktor fundamental perusahaan seperti dividend payout ratio, growth rate of earning, dan risiko sistematis (beta) terhadap price earning ratio (PER) perusahaan-perusahaan yang listing di Bursa Efek Jakarta dan untuk menguji secara empiris konsistensi valuation model yang dibuat dengan pendekatan price earning ratio pada berbagai periode, sehingga dapat digunakan untuk menentukan saham underprice dan saham overprice.Sebanyak 79 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta diambil sebagaisampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengujian konsistensimodel dilakukan dengan membuat tiga persamaan regresi cross-section denganmenggunakan metode dan jumlah sampel yang sama berdasarkan tiga periodewaktu yang berbeda yaitu tahun 2000,2001, dan 2002.Hasil empiris menunjukkan bahwa dari ketiga variahel independen yangdiajukan sebagai prediktor nilai PER saham; hanya dividend payout ratio (DPR)saja yang berpengaruh secara signifikan terhadap nilai PER saham pada ketigamodel yang dibuat. Pengujian lebih lanjut dengan menggunakan regresi sederhana menunjukkan bahwa variabel dividend payout ratio (DPR) terbukti memilikikonsistensi pada ketiga model yang dibuat,- baik koefisien maupun interceptnya.
PENGARUH AKTIVITAS PASAR DAN REPUTASI UNDERWRITER JERHADAP EXCESS RETURNS DALAM PROSES PENJAMINAN SAHAM IPO DI BURSA EFEK INDONESIA Ami Utamaningsih
Jurnal Aplikasi Bisnis Volume 8 Nomor 1, Juni 2009
Publisher : Jurnal Aplikasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jabis.vol8.iss1.art2

Abstract

Penelitian ini mengklarifikasi peranan underwriter sebagai partisipasi aktif di dalam proses IPO dan mengilustrasikan bagaimana akivitas-aktivitas penjaminan dikoordinasi oleh investment bank. Proses IPO merupakan serangkaian aktivitas-aktivitas yang terintegrasi, saling tergantung dan terbagi atas perioda premarket, issue-date dan aftermarket. Studi ini mencoba menyajikan analisis yang lebih komprehensif mengenai keterkaitan antar perioda itu dan memandang proses IPO sebagai svatu keterkaitan yang utuh, dan tidak lagi dipandang parsial sebagaimana telah dibahas pada studi-studi sebelumnya. Analisis dalam studi ini menunjukkan, bahwa reputasi underwriter mempunyai implikasi, baik terhadap aktivitas underwriter selama proses penjaminan saham IPO maupun terhadap investor returns.Reputasi underwriter merupakan determinan yang positif, tetapi berpengaruh lemah terhadap aktivitas underwriter pada perioda premarket, tidak berpengaruh terhadap aktivitas stabilisasi harga pada perioda aftermarket, dan tidak berpengaruh terhadap investor returns. Aktivitas-aktivitas underwriterpada perioda premarket merupakan determinan yang signifikan terhadap initialreturns tetapi tidak berpengaruh terhadap aktivitas-aktivitas pada perioda aftermarket maupun returns jangka pendek. Initial returns secara signifikanberpengaruh terhadap aktivitas underwriter pada perioda aftermarket maupunterhadap returns jangka panjang. Hasil penelitian ini diperoleh melalui pengujiansecara simultan, dengan mempertimbangkan aktivitas-aktivilas pasar yangdilakukan underwriter serta atribut reputasi yang dimilikinya. Lebih jauh, pathanalysis dapat menggambarkan rangkaian aktivitas dan reputasi underwriteritu sebagai suatu proses IPO dan menjelaskan hubungannya dengan investorreturns.
MEMBANGUN MODEL QUALITY WORK OF LIFE YANG KONDUSIF GUNA MENINGKATKAN KINERJA DI LINGKUNGAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI PROPINSI DIY Audita Nuvriasari
Jurnal Aplikasi Bisnis Volume 8 Nomor 1, Juni 2009
Publisher : Jurnal Aplikasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jabis.vol8.iss1.art4

Abstract

The purposes of this study are: (1). To identify the implementation of QWL programmes which consist of: work satisfaction, employee involvement and job security in Small Medium Industry, (2). To analysis the differences between theimplementation of QWL programs in Small Industry and Medium Industry, (3).To analysis the influence of the implementation of QWL program to the performance of Small Medium Industry, and (4) to create the conducive QWL Program as a source of competitive advantage in the competition of Small Medium Industry.Using descriptive analysis can be explained that the implementation of QWLprogram which consist of work satisfaction and job security are better in MediumIndustry than Small Industry. It means that work environment, compensation and leadership style is better in Medium Industry than in Small Industry. Medium industry gives more guarantees in job security than in Small Indlstry. Employee Involvement as one of QWL program has the same implementation in Small and Medium Industry. Using inferential analysis can be explained thit: (1). there is a positive influence between work satisfaction and employee involve formance of Small medium Industry, (2) there is no influence betweethe performance of Small Medium Industry, (3) there is a differences between the implementation of QWL Program in Small Industry and Medium Industry, (4). There is a differences between the performance of Small industry and medium industry. The performance in Medium Industry which consists of productivity and employee performance is better than Small Industry.To creare a competitive advantage in small-medium industry, can be developed a conduciveness QWL program as follow; (1). Implementation the effective employee involvement, (2). Job redesign, (3). Innovative reward system, (4). Conductive workplace, (5). Increasing job security, (6). Effective leadership, (7). Human resource development, and (7). Management based Good Corporate Governance.
ANALISIS PENGARUH PEMAKAIAN, KEPUASAN, DAN KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP PERILAKU BERALIH MEREK PRODUK KONVINIEN KATEGORI PERAWATAN PRIBADI Budi Astuti
Jurnal Aplikasi Bisnis Volume 8 Nomor 1, Juni 2009
Publisher : Jurnal Aplikasi Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jabis.vol8.iss1.art5

Abstract

Penelitian dengan judul Analisis Pengaruh Pemakaian, Kepuasan dan Keterlibatan Konsiimen terhadap Perilaku Beralih Merek Produk Konvinien Kategori Perawatan Pribadi, dilakukan diKota Yogyakarla dengan melode sampling cluster quota convinience sampling. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi ada tidaknya pengaruh pemakaian, kepuasan dan keterlibatan konsiimen terhadap perilaku beralih merekserta ada tidaknya perbedaan pemakaian, kepuasan dan keterlibatan konsumen berdasar karakteristik jenis kelamin, usia, jenispekerjaan dan pendapatan.Variabel penelitian terdiri dari variabel dependent yaitu perilaku beralih merek dan variabel independent adalah pemakaian, kepuasan dan keterlibatan konsumen. Berdasarkan analisis regresi linier berganda, uji.F, dan uji t dapat disimpulkan bahwa baiksecara simultan maiipun parsial,ditemukan bahwa ada pengaruh antara pemakaian, kepuasan dan keterlibatan konsumen terhadap perilaku beralih merek iintuk produk konvinien kategori perawatan pribadi Idiusiisnya produk sabun mandi, pasta gigi dan sampho. Sedangakan hasil uji Kruskall Wallis menunjukkan tidak ada perbedaan pemakaian, kepuasan dan keterlibatan berdasar karakter. konsumen yang terdiri dari jenis kelamin, usia, jenis pekerjaan dan. pendapatan, baik untukproduk sabun mandi, pasta gigi maupun sampho.

Page 1 of 1 | Total Record : 6