PROCESSOR Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Sistem Komputer
Jurnal PROCESSOR merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Misi dari Jurnal PROCESSOR adalah untuk menyebarluaskan, mengembangkan dan menfasilitasi hasil penelitian mengenai Ilmu bidang informatika, sebagai media bagi para dosen, guru, peneliti dan para praktisi dalam bidang teknologi informasi dari seluruh Indonesia, dalam melakukan pertukaran informasi tentang hasil-hasil penelitian terbaru yang telah dilakukan.
Articles
16 Documents
Search results for
, issue
"Vol 9 No 3 (2014): Processor"
:
16 Documents
clear
PENGAMANAN PESAN RAHASIA MELALUI KRIPTOGRAFI VIGENERE CIPHER DENGAN KUNCI BERLAPIS
Benni Purnama
Jurnal Processor Vol 9 No 3 (2014): Processor
Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (182.201 KB)
Teknik Vigenere cipher merupakan jenis cipher abjad majemuk yang paling sederhana. Vigenere cipher menerapkan metode substitusi poli alfabetik dan termasuk ke dalam kategori kunci simetris dimana kunci yang digunakan untuk proses enkripsi adalah sama dengan kunci yang digunakan untuk proses dekripsi. Dalam melakukan enkripsi pada metode ini dilakukan dengan bantuan table vigenere tableau. Keunggulan dari vigenere cipher dari metode klasik sebelumnya (Caesar cipher) bahwa substitusi untuk ciphrenya bersifat polyalphabetic, dimana satu karakter yang sama mempunyai karakter substitusi yang berbeda. Namun Namun demikian pada metode vigenere ini terdapat beberapa kelemahan yaitu pada plainteks karakter A selalu mendapatkan hasil karakter yang sama antara kunci dan cipherteksnya dan karakter kunci mengalami pengulangan yang sama terus menerus sehingga menimbulkan cipherteks yang sama untuk potongan plainteks yang mana posisinya merupakan kelipatan dari panjang kunci sehingga plainteks tersebut akan selalu mendapatkan potongan kunci yang sama untuk enkripsinya. Untuk menghindari kelemahan tersebut di atas, maka perlu adanya teknik untuk dapat meningkatkan kekuatan dari hasil chiperteks vigenere ini. Salah satunya adalah dengan cara membuat kunci lebih dari satu. Dengan dibuatkanya kunci lebih dari satu (kunci berlapis) dimana pada penelitian ini penulis mencoba membuat tiga lapisan kunci, maka kelemahan yang telah penulis uraikan seperti tersebut di atas dapat teratasi. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa Hal ini dikarenakan adanya kunci berlapis yang dibuat sebanyak tiga, sedangkan cryptanalyst dapat menduga bahwa kunci yang dibuat pada contoh diatas adalah kunci standar yaitu hanya satu lapisan saja dan menghasilkan plainteks yang masih belum bisa dibaca.
RANCANGAN APLIKASI MENGHITUNG ZAKAT BERBASIS ANDROID
Yeni ardandi;
Amroni Amroni;
Pareza alam jusia
Jurnal Processor Vol 9 No 3 (2014): Processor
Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (658.771 KB)
Zakat merupakan rukun ketiga dari rukun Islam dan merupakan suatu kewajiban bagi seluruh umat Islam.Sebagaimana diketahui bahwa masalah sering muncul ketika harus menghitung berapa zakat yang harus dikeluarkan karena terdapat beberapa penghitungan yang berbeda untuk masing-masing zakat.Oleh karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat memberikan pengetahuan serta mempermudah dalam menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang telah ada.Penulisan menyajikan pembahasan tentang pembuatan aplikasi penghitungan zakat khususnya pada perangkat mobile berbasis android. Dalam aplikasi ini akan dijelaskan tentang penghitungan zakat, yaitu zakat fitrah, zakat maal, zakat profesi, zakat perdaganggan, dan zakat pertanian. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu pengguna agar lebih mempermudah dalam penghitungan jumlah zakat.Aplikasi ini dibuat dengan android studio, yang dilakukan dengan beberapa tahapan meliputi, perancangan aplikasi, perancangan struktur navigasi dan UML, serta perancangan tampilan untuk mempermudah dalam pembuatan aplikasi
PERANCANGAN APLIKASI PENJAWAB OTOMATIS VIA SMS BERBASIS ANDROID
Hendri Hendri
Jurnal Processor Vol 9 No 3 (2014): Processor
Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (286.535 KB)
Dengan semakin banyaknya pengguna handphone khususnya sekarang dikenal smartphone berbasis android yang murah dan terjangkau bagi masyarakat, sehingga membuat alat komunikasi handphone tidak hanya sekedar untuk melakukan telepon dan sms saja, tetapi juga bisa di install aplikasi yang dapat mempermudah dalam kegiatan sehari-hari. Keunggulan utama Android adalah gratis dan open source, yang membuat smartphone Android dijual lebih murah dibandingkan dengan Blackberry atau iPhone dan fitur (hardware) yang ditawarkan Android lebih baik sehingga semua orang melirik dan berusaha untuk memiliki ponsel tersebut. Alat komunikasi itu sendiri dapat berakibat fatal bagi penggunanya, sangat bahaya sekali jika pada saat pengguna sedang berada dijalan (ketika pengguna berada dalam keadaan membawa kendaraan mobil) dan terkadang ada sms yang masuk ke handphone lalu pengguna berusaha membalasnya. Maka penulis berusaha memberi solusi untuk para pengendara mobil agar menggunakan aplikasi yang dapat menjawab sms secara automatis sehingga dapat terhindar dari kecelakaan lalu lintas
PERANCANGAN APLIKASI TENTANG INFORMASI PENYAKIT BERBAHAYA PADA ANAK-ANAK BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS PUSKESMAS PUDING KEC.KUMPEH KAB.MUARO JAMBI)
Sahrawi Sahrawi;
Hetty Rohayani;
Rico Rico
Jurnal Processor Vol 9 No 3 (2014): Processor
Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (478.538 KB)
Puskesmas Puding merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan masyarakat khususnya yang bertempat tinggal di Desa Puding. Puskesmas tidak cukup untuk memberitahukan tentang penyakit yang berbahaya pada anak hanya melalui sosialisasi semata. Hal itu terjadi karena keterbatasan waktu dan tempat untuk menyampaikan informasi pengetahuan tentang penyakit, baik dari gejalanya maupun dari cara pencegahan serta pengobatan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang penyakit berbahaya pada anak-anak dengan penjelasan penyakit, penyebab penyakit dan gejala sebelum terjadinya sakit pada anak-anak. Penelitian ini memiliki tahapan yaitu identifikasi masalah, studi literatur, pengumpulan data, analisis data, pengembangan sistem dan pembuatan laporan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi yang dapat menginformasikan kepada masyarakat pengguna aplikasi, tentang penyebab penyakit dan gejala yang terjadi pada anak-anak sebelum sakit, sehingga memudahkan pihak puskesmas dalam mengedukasi masyarakat tentang penyakit berbahaya pada anak-anak dengan akses yang lebih mudah.
PEMANFAATAN COMPARISON PRICING MODEL (MODEL PERBANDINGAN HARGA) PADA E-COMMERCE
Sharipuddin Sharipuddin
Jurnal Processor Vol 9 No 3 (2014): Processor
Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (192.2 KB)
E-Commerce menjadi salah satu pilihan dalam melakukan kegiatan bisnis.E-Commerce mempermudah user dalam melakukan kegiatan jual-beli, sehingga semua perusahaan yang bergerak dibidang jual-beli menggunakan layanan ini. Comparison Pricing Model ( model perbandingan harga ) mempermudah user / konsumen dalam melakukan pembelanjaan produk karena tersedianya layanan dunia teknologi internet yaitu melalui Web
PERANCANGAN PERANGKAT AJAR TENTANG MESIN SEPEDA MOTOR MATIC BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI KASUS : SMK BATANGHARI KELAS X KOTA JAMBI)
Suwaldo Aris Ferry Hutabarat;
Kurniabudi Kurniabudi;
Yudi Novianto
Jurnal Processor Vol 9 No 3 (2014): Processor
Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (585.733 KB)
Perangkat ajar merupakan suatu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi bagi seorang pengajar kepada siswa. Perangkat ajar dapat berupa buku, papan tulis, OHP(projector) atau komputer. Perangkat ajar yang memanfaatkan komputer untuk menyampaikan bahan-bahan yang akan diajarkan biasa disebut CAI (Computer Aided Instruction). Penyampaian materi umumnya dirancang dalam bentuk multimedia agar lebih memudahkan siswa dalam memahami materi baik dalam bentuk aplikasi desktop maupun berbasis web. Perangkat ajar yang dirancang yaitu pelajaran teknik mesin sepeda motor matic untuk SMK Batanghari Kota Jambi kelas X berbasis multimedia. Dengan menggunakan Adobe Ilustrator, Flash CS6, Photoshop CS6. Dengan adanya perangkat ajar ini diharapkan para siswa dapat lebih tertarik lagi tentang pelajaran teknik mesin sepeda motor matic. Dan yang terpenting semua orang dapat menggunakan perangkat ajar ini, karena tampilan yang dirancang semenarik mungkin dan mudah untuk digunakan.
ARSITEKTUR TEKNOLOGI WEBSERVER BERBASIS MINI PC DENGAN RASPBERRY PI
Benni Purnama
Jurnal Processor Vol 9 No 3 (2014): Processor
Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (226.377 KB)
Pembangunan sebuah website didalam dunia internet memerlukan sebuah webserver. Pembanguan Webserver merupakan hal yang sangatlah penting dalam memberikan pelayanan kepada klien yang akan mengakses sebuah website. Pembangunan webserver ini mengunakan arsitektur teknologi sebuah mini pc dengan perangkat Raspberry Pi. Raspberry Pi ini merupakan sebuah Mini Pc yang berbasiskan sistem operasi open source. yang menggunakan Xampp sebagai aplikasi webserver. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat powerfull dan banyak digunakan oleh pengguna. Arsitektur webserver yang menggunakan mini pc diharapkan salah satu alternatif dalam pembangunan webserver. Dengan Demikian dapat mengeffisienkan dan mendinamiskan penggunaan perangkat hardware
PEMANFAATAN TEKNOLOGI WEB SEMATIK DALAM PENCARIAN INFORMASI BERBASIS E-LEARNING
Hendri Hendri
Jurnal Processor Vol 9 No 3 (2014): Processor
Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (159.503 KB)
Pembelajaran melalui suatu media teknologi informasi dan komunikasi atau yang dikenal Elearning merupakan sistem yang sedang berkembang di Indonesia. Sistem elearning yang ada saat ini masih menggunakan konsep website pencarian yang berdasarkan kata kunci sehingga aplikasi website Elearning yang ada tidak dapat menampilkan lebih jauh tentang konten pendukung yang memiliki kesamaan konteks dengan konteks yang sedang dipelajarinya.Sehingga,dalam penelitian ini penulis ingin memberikan solusi yaitu dengan menggunakan teknologi web semantic untuk menambahkan konteks pada konten Elearning. Dengan adanya teknologi web semantic ini, pengguna dapat melakukan pencarian konten yang lebih efektif. Dengan adanya penelitian ini hasilnya diharapkan supaya dapat memperbaiki dan meningkatakan kemampuan sistem Elearning dalam melakukan pencarian informasi
PERANCANGAN PERANGKAT AJAR TENTANG MESIN SEPEDA MOTOR MATIC BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI KASUS : SMK BATANGHARI KELAS X KOTA JAMBI)
Suwaldo Aris Ferry Hutabarat;
Kurniabudi Kurniabudi;
Yudi Novianto
Jurnal PROCESSOR Vol 9 No 3 (2014): Processor
Publisher : LPPM Universitas Dinamika Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Perangkat ajar merupakan suatu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi bagi seorang pengajar kepada siswa. Perangkat ajar dapat berupa buku, papan tulis, OHP(projector) atau komputer. Perangkat ajar yang memanfaatkan komputer untuk menyampaikan bahan-bahan yang akan diajarkan biasa disebut CAI (Computer Aided Instruction). Penyampaian materi umumnya dirancang dalam bentuk multimedia agar lebih memudahkan siswa dalam memahami materi baik dalam bentuk aplikasi desktop maupun berbasis web. Perangkat ajar yang dirancang yaitu pelajaran teknik mesin sepeda motor matic untuk SMK Batanghari Kota Jambi kelas X berbasis multimedia. Dengan menggunakan Adobe Ilustrator, Flash CS6, Photoshop CS6. Dengan adanya perangkat ajar ini diharapkan para siswa dapat lebih tertarik lagi tentang pelajaran teknik mesin sepeda motor matic. Dan yang terpenting semua orang dapat menggunakan perangkat ajar ini, karena tampilan yang dirancang semenarik mungkin dan mudah untuk digunakan.
PERANCANGAN APLIKASI TENTANG INFORMASI PENYAKIT BERBAHAYA PADA ANAK-ANAK BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS PUSKESMAS PUDING KEC.KUMPEH KAB.MUARO JAMBI)
Sahrawi Sahrawi;
Hetty Rohayani;
Rico Rico
Jurnal PROCESSOR Vol 9 No 3 (2014): Processor
Publisher : LPPM Universitas Dinamika Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Puskesmas Puding merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan masyarakat khususnya yang bertempat tinggal di Desa Puding. Puskesmas tidak cukup untuk memberitahukan tentang penyakit yang berbahaya pada anak hanya melalui sosialisasi semata. Hal itu terjadi karena keterbatasan waktu dan tempat untuk menyampaikan informasi pengetahuan tentang penyakit, baik dari gejalanya maupun dari cara pencegahan serta pengobatan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang penyakit berbahaya pada anak-anak dengan penjelasan penyakit, penyebab penyakit dan gejala sebelum terjadinya sakit pada anak-anak. Penelitian ini memiliki tahapan yaitu identifikasi masalah, studi literatur, pengumpulan data, analisis data, pengembangan sistem dan pembuatan laporan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi yang dapat menginformasikan kepada masyarakat pengguna aplikasi, tentang penyebab penyakit dan gejala yang terjadi pada anak-anak sebelum sakit, sehingga memudahkan pihak puskesmas dalam mengedukasi masyarakat tentang penyakit berbahaya pada anak-anak dengan akses yang lebih mudah.