cover
Contact Name
Azhar Aziz Lubis
Contact Email
azharlubis@unib.ac.id
Phone
+6281392472763
Journal Mail Official
unib.press@unib.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu Jalan W.R. Supratman, Kandang Limun, Bengkulu 38371
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Triadik
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 08538301     EISSN : 2745777X     DOI : 10.33369/triadik
TRIADIK is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by FKIP University of Bengkulu. It is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners, and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews, and book reviews on education.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 23 No. 2: Oktober 2024" : 6 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP 5 BENGKULU TENGAH MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI Sari, Dian Lupita; Trianto, Agus; Ujiana, Rica
TRIADIK Vol. 23 No. 2: Oktober 2024
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v23i2.38182

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya peningkatan minat belajar Bahasa Indonesia di kalangan siswa kelas VII SMP 5 Bengkulu Tengah melalui pemanfaatan teknologi. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, metode pembelajaran konvensional perlu disesuaikan agar lebih menarik dan relevan bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) yang menggabungkan pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Sebanyak 50 siswa dan beberapa guru Bahasa Indonesia berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi, seperti aplikasi pembelajaran, media sosial, dan video pembelajaran, secara signifikan dapat meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya pelatihan guru dalam menggunakan teknologi secara efektif dan perlunya sekolah untuk menyediakan infrastruktur teknologi yang memadai. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dapat mengubah Kata Kunci : Belajar Bahasa Indonesia, Minat Belajar, Teknologi. Abstract This study aims to explore efforts to increase interest in learning Indonesian among grade VII students of SMP 5 Bengkulu Tengah through the use of technology. With the rapid development of technology, conventional learning methods need to be adjusted to be more interesting and relevant to students. This study uses a mixed method that combines quantitative and qualitative data collection through questionnaires, interviews, and observations. A total of 50 students and several Indonesian teachers participated in this study. The results showed that the integration of technology, such as learning applications, social media, and learning videos, can significantly increase student interest and participation in learning Indonesian. This study also highlights the importance of teacher training in using technology effectively and the need for schools to provide adequate technological infrastructure. Overall, these findings indicate that the use of technology can change. Keywords: Learning Indonesian, Learning Interest, Technology
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS X L SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU Antari, Benny; Hanifah, Hanifah; Anita, Anita
TRIADIK Vol. 23 No. 2: Oktober 2024
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v23i2.38184

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X L SMA Negeri 1 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 24. Penelitian ini menggunakan materi Statistika (Ukuran Pemusatan Data dan Ukuran Penyebaran Data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu menyatakan bahwa ketuntasan belajar siswa yaitu telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 80 dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80% siswa memperoleh nilai ≥ 80. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara berturut-turut yaitu 74,875 dan 85,625 serta ketuntasan belajar klasikal pada siklus I dan siklus II secara berturut-turut sebesar 54,17% dan 83,3%. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Problem Based Learning, Statistika ABSTRACT This research aims to improve student learning outcomes through the application of the Problem Based Learning model. This research is a classroom action research with data collection techniques through student learning outcome tests. The subjects of this research were class X L students of SMA Negeri 1 Bengkulu City, even semester of the 2023/2024 academic year with a total of 24 students. This research uses statistical material (Measures of Data Concentration and Measures of Data Distribution). The research results show that the application of the Problem Based Learning model can improve students' mathematics learning outcomes. Based on the Merdeka Curriculum at SMA Negeri 1 Bengkulu City, it is stated that students' learning completeness means they have achieved a minimum completeness criteria score of 80 and a minimum of 80% of students' classical learning completeness scores ≥ 80. The improvement in student learning outcomes can be seen from the average value of student learning outcomes in cycle I and cycle II respectively, namely 74.875 and 85.625, as well as classical learning completion in cycle I and cycle II respectively, namely 54.17% and 83.3%. Keywords: Mathematics Learning Outcomes, Problem Based Learning, Statistics
ANALISIS PENYEBAB KURANGNYA PARTISIPASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SMP NEGERI 5 BENGKULU TENGAH Lestari, Martini Tria; Trianto, Agus; Ujiana, Rica
TRIADIK Vol. 23 No. 2: Oktober 2024
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v23i2.38597

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kurangnya partisipasi dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 5 Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi rendahnya partisipasi dan keaktifan siswa adalah kurangnya motivasi internal, metode pengajaran yang kurang menarik, serta keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran. Selain itu, peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif juga berpengaruh signifikan terhadap keaktifan siswa. Berdasarkan temuan ini, peneliti merekomendasikan pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif serta peningkatan fasilitas pendidikan untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa di SMP Negeri 5 Bengkulu Tengah. Kata Kunci : Pembelajaran, Keaktifan Siswa, Lingkungan Belajar ABSTRACT This research aims to analyze the causes of the lack of student participation and activeness in learning activities at SMP Negeri 5 Central Bengkulu. The method used in this research is a qualitative approach with data collection techniques through observation, interviews and questionnaires. The research results show that the main factors influencing low student participation and activity are a lack of internal motivation, unattractive teaching methods, and limited learning facilities and infrastructure. Apart from that, the teacher's role in creating a conducive learning environment also has a significant influence on student activity. Based on these findings, researchers recommend developing more innovative and interactive learning strategies as well as improving educational facilities to increase student participation and activeness at SMP Negeri 5 Central Bengkulu. Keywords: Learning, Student Activeness, Learning Environment
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V-B SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU Herlina, Teta; Muktadir, Abdul; Srirejeki, Ines
TRIADIK Vol. 23 No. 2: Oktober 2024
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v23i2.38598

Abstract

ABSTRAK Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V-B SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning, (2) meningkatkan keaktifan, dan (3) meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B berjumlah 26 siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif, meliputi reduksi data, sajian data, dan verifikasi data. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Leaning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Kata Kunci: Problem Based Learning, Keaktifan, Hasil Belajar, Matematika ABSTRACT The Improvement Activity and Learning Result Mathematics through Problem Based Learning Model V-B Grade Students of State Elementary School 74 Bengkulu City. The purpose of this research are: (1) describing the application of Problem Based Learning models, (2) improving of activity, and (3) improving of learning result mathematics. This research is a Collaborative Classroom Action Research. Subject of this research is a students in V-B grade total 26 students. Procedure research are, action, observation, and reflection. There are in two cycle, each cycle two meeting. The data collection technique is testing the results of observation, interviews, questionnaires and tests. The validity of data using triangulation source and triangulation techniques. Data analysis using quantitative analysis techniques and qualitative analysis, including data reduction, presentation of data, and verification. The results show that the application of Problem Based Learning models can be improve the activity and learning result in mathematics elementary school fifth grade students. Keyword: Problem Based Learning, Activity, Learning Result, Mathematics
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MENGGUNAKAN MODIFIKASI BOLA PLASTIK Saputra, Eko; Yarmani, Yarmani; Ardiansya, Jimmy
TRIADIK Vol. 23 No. 2: Oktober 2024
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v23i2.38599

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada saat menggiring bola dengan menggunakan bola plastik yang dimodifikasi. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah Kelas VIII. 4 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Teknologi pengumpulan data menggunakan pengukuran dengan menggunakan alat pengumpul data berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menggiring bola meningkat ketika diterapkan metode pembelajaran menggiring bola dengan menggunakan bola plastik yang dimodifikasi. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan dribbling pada tes yang diberikan, dengan nilai rata- rata 73,82 (peningkatan 6,27%) pada Siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,07% sedangkan nilai mean sebesar 82,71%. Kata Kunci: Modifikasi, Hasil Belajar, Menggiring Bola ABSTRACT The aim of the research is to determine the increase in learning outcomes when dribbling a ball using a modified plastic ball. The method used is descriptive research in the form of classroom action research. The research subject is Class VIII. 4 SMP Negeri 18 Bengkulu City consisting of 12 female students and 20 male students. Data collection technology uses measurements using data collection tools in the form of tests. The results of the study showed that dribbling ability increased when the dribbling learning method using a modified plastic ball was applied. This was shown by an increase in dribbling ability on the test given, with an average score of 73.82 (6.27% increase) in the cycle. I. Cycle II experienced an increase of 19.07% while the mean value was 82.71%s Keywords: Modification, Learning result, Dribbling
ANALISIS ALOKASI WAKTU BIMBINGAN KLASIKAL BERDASARKAN PERMENDIKBUD NOMOR 111 TAHUN 2014 DI SMAN 2 KOTA BENGKULU Edo, Suhendi; Dharmayana, I Wayan; Dewi, Hatra
TRIADIK Vol. 23 No. 2: Oktober 2024
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v23i2.39818

Abstract

ABSTRAK Permendikbud nomor 111 tahun 2014 menjadi acuan bimbingan dan konseling dalam manajemen pelaksanaannya di satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan jadwal 1 jam pelajaran/kelas setiap minggu pada layanan bimbingan klasikal di SMAN 02 Kota Bengkulu. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi yang dimana pengumpulan data dari sumber primer (Permendikbud nomor 111 tahun 2014) dan sekunder (Observasi dan Wawancara). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketidakefektifan kegiatan layanan bimbingan klasikal di SMAN 02 Kota Bengkulu dengan menetapkan jadwal layanan bimbingan dan konseling dengan alokasi waktu 1 jam pelajaran setiap kelas/minggu dan juga ketidaksesuaian dengan ketentuan permendikbud nomor 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah mengenai ketentuan alokasi waktu layanan bimbingan dan konseling di satuan pendidikan. Kata Kunci: analisis, bimbingan klasikal, permendikbud ABSTRACT Regulation of the Minister of Education and Culture Number 111 of 2014 serves as a reference for guidance and counseling in its implementation management in educational units. This research aims to determine the effectiveness of implementing a schedule of 1 lesson hour/class every week in classical guidance services at SMAN 02 Bengkulu city. This research uses a qualitative approach with an ethnographic method, where data is collected from primary sources (Regulation of the Minister of Education and Culture Number 111 of 2014) and secondary sources (Observation and Interviews). The results of this study indicate the ineffectiveness of classical guidance service activities at SMAN 02 Kota Bengkulu by setting a guidance and counseling service schedule with an allocation of 1 lesson hour per class/week and also non-compliance with the provisions of the Regulation of the Minister of Education and Culture Number 111 of 2014 concerning Guidance and Counseling in Basic and Secondary Education regarding the allocation of time for guidance and counseling services in educational units. Keywords: Analysis, Classical Guidance, Ministerial Regulation

Page 1 of 1 | Total Record : 6