cover
Contact Name
JPPG
Contact Email
jppg@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
laode.amaluddin@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Penelitian Pendidikan Geografi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 24778192     EISSN : 25022776     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi Sains.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 4 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI" : 5 Documents clear
PERANAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI KAWASAN WISATA PULAU HOGA KECAMATAN KALEDUPA KABUPATEN WAKATOBI Nurahmat, Siti Aisyah; Amaluddin, La Ode
Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 3, No 4 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.486 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan pariwisata dalam meningkatkan pendapatan keluarga dengan titik tekan kajiannya pada kondisi pariwisata Pulau Hoga, penyerapan tenaga kerja dan peranan pariwisata dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Pulau Hoga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan mereka yang terlibat atau mengetahui tentang aktivitas ekonomi masyarakat di sekitar kawasan wisata. Data diperoleh dari 26 Informan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: Pertama, Kondisi lingkungan yang ada di sekitar kawasan wisata Pulau Hoga memiliki keadaan lingkungan yang cukup baik di lihat dari sisi keindahan pantai dan lautnya, kunjungan wisatawan di pulau Hoga berasal wisatawan lokal dan wisatawan asing, dan sarana dan prasarana pariwisata yang ada di Pulau Hoga mendukung adanya pariwisata di Pulau Hoga. Kedua, Penyerapan tenaga kerja di Pulau Hoga dari masyarakat pada masing-masing fasilitas pendukung sebanyak 26 orang yang terserap sebagai pemilik dan pekerja, sebanyak 16 orang (61,54%) penduduk laki-laki dan 10 orang (38,46%) penduduk perempuan, dengan pekerjaan pokok yang berhubungan dengan kegiatan pariwisata dan berbagai bidang usaha yang berhubungan dengan kegiatan pariwisata. Ketiga, peranan pariwisata dalam meningkatkan pendapatan keluarga di kawasan wisata Pulau Hoga menunjukkan peningkatan yaitu pendapatan keluarga yang rata-rata Rp.4.557.692,3 atau 77,17% dari pendapatan yang diperoleh oleh seluruh keluarga. Peningkatan pendapatan keluarga ini lebih dari pendapatannya diluar usaha pariwisata.
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP POTENSI OBYEK WISATA PUNCAK AHUAWALI DI DESA AHUAWALI KECAMATAN PURIALA KABUPATEN KONAWE Fitriani, Pupe
Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 3, No 4 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.749 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap potensi obyek wisata puncak ahuawali di Desa Ahuawali Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 34 informan di pilih secara acak atau rondom sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi masyarakat terhadap potensi obyek wisata Puncak Ahuawali di Desa Ahuawali Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe yang meliputi daya tarik obyek wisata berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,49. Potensi wisata berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,29. Faktor-faktor yang mempengaruhi potensi wisata berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,11.Sesuai dengan total skor yang di dapatkan maka hal tersebut menunjukan bahwa masyarakat Desa Ahuawali Kecamatan Puriala setuju atau menyukai dengan adanya potensi obyek wisata Puncak Ahuawali di Desa Ahuawali berdasarkan hal-hal tertentu dari masyarakat Desa Ahuawali.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X-B SMA NEGERI 6 KONAWE SELATAN PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DAN PEDOSFER Suharna, Ujang
Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 3, No 4 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.037 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas X-B SMA Negeri 6 Konawe Selatan yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi Dinamika Litosfer dan Pedosfer. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SMA Negeri 6 Konawe Selatan semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 19 orang.Teknik analisisnya menggunakan teknik analisis data dekriptif kualitatif dan dekriptif kuantitatif.hasil penelitian menunjukan bahwa Pada Siklus I mencapai 64,4% dan Siklus II  sebesar 84,2%. Dari segi hasil menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang telah mencapai indikator yang telah ditentukan sekolah. Dari 19 siswa, hasil tes siklus I menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 68,4% atau sebanyak 13 siswa mampu memperoleh nilai 75 ke atas dengan nilai rata-rata 73. Hasil ini meningkatmenjadi84,2% pada siklus II. Berdasarkan indikator yang telah tercapai dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHTdapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X-B SMA Negeri 6 Konawe Selatan pada pokok bahasan dinamika litosfer dan pedosfer.
DAMPAK REKLAMASI PANTAI TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PESISIR LAINO Srianti, Alfa
Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 3, No 4 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.663 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja dampak sosial ekonomi masyarakat pesisir laino yang timbul setelah adanya reklamasi pantai dan u ntuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dengan adanya reklamasi pantai terhadap aktivitas ekonomi masyarakat pesisir laino yang ada di Kelurahan Laiworu Kecamatan Batalaiworu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi Setelah seluruh informasi atau data dikumpulkan, baik melalui proses observasi (pengamatan), wawancara maupun dokumentasi. maka selanjutnya peneliti melakukan analisis data dengan mengunakan deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukan terdapat dampak yang ditimbulkan  dengan adanya reklamasi yaitu dampak secara sosial ekonomi karna adanya  reklamasi pantai yaitu pada bidang pendidikan,kesehatan,perumahan dan pendapatan dimana reklamasi memberikan dampak yang signifikan atau lebih menguntungkan bagi masyarakat yang tinggal diarea penimbunan laut dimana sebagian masyarakat tidak  mempermasalahkan adanya penimbunan karena pada kenyataanya masyarakat yang tinggal di pesisir laino tidak semua menggantungkan hidup pada laut hanya sebagian kecil yang mencari penghidupan dilaut dan lebih banyak pekerjaan di darat dan tidak mempermasalahkan dengan adanya reklamasi jadi reklamasi pantai di pesisir laino lebih berdampak baik terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang tinggal diarea pesisir laino.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IPSI SMA NEGERI 1 KABAWO PADA MATERI POKOK MENGANALISIS HIDROSFER Surdin, Risna
Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 3, No 4 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.679 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan gambaran tentang: 1) untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran geografi kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Kabawo Pada Materi Pokok Menganalisis Hidrosfer dengan menerapkan model pembelajaran group investigation., 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran geografi kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Kabawo Pada Materi Pokok Menganalisis Hidrosfer dengan menerapkan model pembelajaran group investigation., 3) Untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar Guru dalam pembelajaran geografi siswa kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Kabawo Pada Materi Pokok Menganalisis Hidrosfer dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa : 1) aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation pada skor rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 2,56 yang termasuk pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,0 yang berkategori baik; 2) hasil belajar geografi siswa kelas X IPSI SMA Negeri 1 Kabawo yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada materi pokok menganalisis hidrosfer dapat ditingkatkan dari siklus I dari 25 orang siswa ada 14 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 56% dengan nilai rata-rata 71,1 sampai pada siklus II mengalami peningkatan  yaitu dari 25 orang siswa ada  22 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 88% dengan nilai rata-rata 83,1. 3) aktivitas mengajar guru ditunjukkan dengan skor rata-rata pada siklus I adalah 2,8 yang termasuk kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 3,8 yang berkategori baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 4 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 7 No. 4 Oktober 2022 Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 7 No. 2 April 2022 Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 7 No. 1 Januari 2022 Vol 6, No 4 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 6 No. 4 Oktober 2021 Vol 6, No 3 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 5, No 4 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Oktober 2020) Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Januari 2020) Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 4, No 1 (2019): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI VOLUME 4 NO. 1 JANUARI 2019 Vol 4, No 4 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Oktober 2019) Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2019) Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2019) Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (April 2019) Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Januari 2019) Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 3 Juli 2018 Vol 3, No 4 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Oktober 2018) Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2018) Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (April 2018) Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Januari 2018) Vol 3, No 4 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI Vol 3, No 2 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (April 2017) Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 1 No. 1 April 2017 2016: Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 1 No. 1 November 2016 Vol 1, No 4 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Oktober 2016) Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2016) Vol 1, No 1 (2016): JUli 2016 More Issue