cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis
ISSN : 1412632X     EISSN : 26146789     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 2 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis" : 9 Documents clear
Analisis Strategi Bersaing Perusahaan Yang Bergerak Dibidang Logistik Di Jakarta Puti Lenggo Ginny
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 2 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.714 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i2.172

Abstract

Indonesia telah mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 12,3% selama periode 2009 sampai dengan 2014 yang mana salah satu faktor pendorong pertumbuhan ini berasal dari sektor logistik. Sebagai salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang logistik, Perusahaan logistik mengembangkan unit bisnis baru yang memberikan jasa dalam bidang kurir dan pengiriman dengan tujuan untuk mempertahankan eksistensi dan memperluas pangsa pasar dalam industri logisik. Beberapa kendala ditemukan dalam operasional unit bisnis tersebut baik yang bersifat internal maupun eksternal yang pada akhirnya berakibat tidak bertumbuhnya kontribusi laba terhadap perusahaan induk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing pada perusahaan logistik dengan melakukan analisis faktor internal dan faktor eksternal dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber daya, kapabilitas dan kompetensi inti digunakan sebagai analisis faktor internal dan analisis lingkungan makro dan Porter's Five Forces untuk analisis faktor eksternal. Disamping itu, penelitian ini akan memberikan rekomendasi dalam memformulasikan strategi bersaing yang tepat bagi perusahaan guna memenangkan kompetisi dalam industri logistik dengan menggunakan analisis SWOT dan strategi generik. Hasil yang diperoleh dari analisis yang dilakukan yaitu perusahaan logistik memiliki peluang dan ancaman yang relatif cukup besar dalam industri logistik dan beberapa kekuatan dan kelemahan pada sisi internal yang harus ditinjau kembali oleh perusahaan. Oleh karena itu, rekomendasi strategi yang tepat bagi perusahaan yaitu strategi fokus pada diferensiasi, menentukan target pasar yang lebih spesifik dalam pengembangan bisnis yang ada, menetapkan geografis dalam kegiatan operasional, memiliki asset yang cukup dan memadai untuk menunjang kegiatan operasional dan pemanfaatan yang optimal atas pengalaman dan reputasi perusahaan di dalam industri logistik.
Studi Ketertarikan Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi Tangerang Live (Pendekatan Pada Teori Skala SERVQUAL) Fidellis W Tholok; Sonny Santosa; Suhendar Janamarta
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 2 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.706 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i2.165

Abstract

Aplikasi Tangerang Live merupakan aplikasi berbasis android yang dikenalkan oleh Pemerintan Kota Tangerang untuk membantu masyarakat Tangerang mengefisensi dan mengefektifkan proses administrasi yang mungkin dibutuhkan oleh masyarakat Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur sebuah model kualitas layanan jasa atas sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Tangerang dan faktor penerimaan teknologi yang baru ini berdasarkan persepsi pengguna dan melihat pengaruh kualitas layanan aplikasi tersebut dengan pendekatan pada teori Skala SERVQUAL dalam kaitannya dengan faktor meningkatkan kualitas jasa. Uji hubungan antara variabel kualitas terhadap keputusan penggunaan dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. mengambil sampel obyek penelitian pada mahasiswa program studi manajemen Di Universitas Buddhi Dharma sejumlah 68 responden yang memenuhi syarat untuk diteliti lebih lanjut dengan alat uji statistik SPSS. Hasil penelitian menjelaskan bahwa rata-rata nilai kualitas adalah sebagai berikut : pertama, kualitas layanan situs pada aplikasi memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi, kedua, layanan dasar situs pada aplikasi memiliki dampak cukup signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi yang berimplikasi pada peningkatan kualitas layanan jasa itu sendiri. Hal ini sejalan dengan hasil dari metode analisis yang digunakan dalam regresi linear sederhana dengan hasil variabel X1 terhadap Y adalah Y = 20,349 + 0,477 X1 lalu untuk hasil variabel X2 terhadap Y adalah Y = 18,699 + 0,535 X2 dan regresi linear berganda dengan hasil variabel X1, X2 terhadap Y adalah Y = 14,036 + 0,373 X1 + 0,272 X2. Selain itu besaran pengaruh juga didapat dari hasil metode analisis koefisien determinasi, hasilnya X1 memiliki pengaruh kontribusi terhadap Y sebesar 30,8%, X2 memiliki pengaruh kontribusi terhadap Y sebesar 20,9%, X1,X2 memiliki pengaruh kontribusi terhadap Y sebesar 34,7%, hal ini menandakan bahwa studi ini memiliki kontribusi yang cukup signifikan terhadap kaitannya dengan peningkatan kualitas jasa.
Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus di PT. KEONG NUSANTARA ABADI) Sugandha Sugandha
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 2 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.119 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i2.173

Abstract

Penelitian ini dilakukan adalah dengan menyebar kuesioner, sedangkan untuk metode penelitian adalah dengan metode deskriptif. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan analisis koefisien korelasi, analisis regresi berganda uji F serta uji t.Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan ini menunjukkan persamaan Y = 5.825+ 0,840 X1 + 0,293X2 di mana nilai konstanta (a) positif 5.825 menunjukkan besarnya Kinerja Karyawan pada PT. Keong Nusantara Abadi, jika tidak ada variabel lingkungan kerja dan stress kerja adalah positif 5.825 satuan, nilai koefisien regresi (b1) variabel lingkungan kerja positif sebesar 0.840 berarti terdapat pengaruh positif dari variabel lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Keong Nusantara Abadi, sebesar 0.840 dengan asumsi variabel lainnya tetap atau konstan dan nilai koefisien regresi (b2) variabel harga positif sebesar 0.293 berarti terdapat pengaruh positif dari variabel stress kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Keong Nusantara Abadi, sebesar 0.293 dengan asumsi variabel lainnya tetap atau konstan. Nilai adjusted R2 dalam penelitian ini sebesar 74.1% lingkungan kerja, dan stress kerja memberikan sumbangan sebesar 74.1 % terhadap kinerja karyawan pada PT. Keong Nusantara Abadi sementara 25,9 % dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain. Nilai t hitung lingkungan kerja 11.004 > ttabel 1,966 dan .0.000 < 0.05) dan nilai t hitung stress kerja 4.398 > ttabel 1,966 dan .0.000 < 0.05) sehingga menyatakan bahwa lingkungan kerja dan stress kerja berpengaruh positif secara parsial terhadap kinerja karyawan pada pada PT. Keong Nusantara Abadi Hasil uji F diperoleh hasil untuk Nilai F hitung sebesar 142.861 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 sehingga nilai F hitung > F tabel atau 252.007 > 3.09 atau tingkat signifikasi (sig) 0.000 <0.05, maka dapat disimpulkan berpengaruh secara simultan (bersama-sama) antara lingkungan kerja dan stress kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Keong Nusantara Abadi
Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan, Ukuran Perusahaan, Dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Pada Industri Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tjong Se Fung
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 2 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.895 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i2.178

Abstract

Tujuan penulisan penelitian ini untuk mencari pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan, Ukuran Perusahaan, Dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Pada Industri Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah perusahaan yang terdaftar di BEI. Sampel yang dipilih adalah perusahaan pada industri manufaktur yang menghasilkan makanan dan minuman yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan penulis adalah dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Non–Probabilitas yaitu metode purposive sampling. Dalam metode purposive sampling digunakan pengambilan sampel yang dilaksanakan dengan cara menerapkan beberapa kriteria tertentu. Hasil penelitian ini banyaknya data untuk tiap variabel adalah 40 data. profitabilitas memiliki nilai minimum 3,1, nilai maksimum 55,74, rata-rata 14,87525, dan deviasi standar 14,37525. Variabel pertumbuhan memiliki nilai minimum -39,88, nilai maksimum 204,9000, rata-rata 23,90393, dan deviasi standar 44,23605. Variabel ukuran memiliki nilai minimum 5,128522, nilai maksimum 7,021629, rata-rata 6,027458, dan deviasi standar 0,425087. Variabel struktur aktiva memiliki nilai minimum 12,76266, nilai maksimum 62,02761, rata-rata 37,1936, dan deviasi standar 13,01741. Variabel struktur modal memiliki nilai minimum 16,26130, nilai maksimum 89,39641, rata-rata 48,22255, dan deviasi standar 16,22693. Yang menghasilkan persamaan sebagai berikut: Y = 182,4051 – 1,104207X1 + 0,025534X2 – 17,80229X3 – 0,297499X4
Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran A&W Supermall Karawaci Suhendri Suhendri
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 2 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.606 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i2.175

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Restoran A&W (Outlet Supermal Karawaci). Pengambilan sampel dengan jumlah 100 orang responden dilakukan dengan teknik insidental sampling. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis, uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi sederhana dan berganda, analisis korelasi sederhana dan berganda, dan analisis koefesien determinasi (R²) dalam mengetahui seberapa besar pengaruh dan signifikansi Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran A&W serta mengetahui variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa variabel (X1) yaitu kualitas produk, berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel (Y) yaitu keputusan pembelian dengan nilai koefiesien sebesar 0,871 (cukup kuat). Variabel (X2) yaitu harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variable (Y) minat beli dengan nilai koefisien sebesar 0,866, (cukup kuat). Variabel (X1) kualitas produk dan variable (X2) harga berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai signifikan keduanya yang cukup kuat. Dari hasil uji F, model 1 didapat nilai 308,095 dan model 2 didapat nilai 196,270, dimana nilai tersebut lebih besar dari F tabel sebesar 3,09, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan positif antara variabel Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Dari hasil uji t didapat thitung Kualitas Produk sebesar 5,023 dan thitung harga sebesar 4,597, dimana nilai tersebut lebih besar dari 1,98447, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen.
Pengaruh Kepemilikan Institusional, Net Profit Margin Dan Debt To Assets Ratio Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Lq45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017 octavianti purnama
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 2 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.202 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i2.169

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari Kepemilikan Institusional, Net Profit Margin dan Debt to Assets Ratio terhadap Return on Assets. Penelitian ini menggunakan variabel independen berupa Kepemilikan Institusional, Net Profit Margin dan Debt to Assets Ratio. Sedangkan untuk variabel dependennya menggunakan Return on Assets yang dihitung berdasarkan formula ROA. Populasi yang diambil adalah perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan sampel yang didapat adalah empat perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan berupa analisis regresi linear berganda. Hasil analisis setelah pengujian hipotesis, secara simultan Kepemilikan Institusional, Net Profit Margin dan Debt to Assets Ratio berpengaruh terhadap Return on Assets. Secara parsial terdapat pengaruh dari Kepemilikan Institusional, Net Profit Margin dan Debt to Assets Ratio terhadap Return on Assets.
Analisis Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas Untuk Menilai Tingkat Kesehatan Perusahaan Pada Pt. Harapan Jaya Lestarindo Tangerang Tutut Nurul Kharimah; Sutandi Sutandi
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 2 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.179 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i2.176

Abstract

Pada saat ini pentingnya akuntansi keuangan makin disadari oleh setiap perusahaan. Selain untuk mengathui keadaan keuangan suatu perusahaan juga dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk mengambil suatu keputusan-keputusan ekonomi oleh suatau perusahaan salah satunya perusahaan jasa Rasio menggambarkan suatu hubungan atau perimbangan (mathematical ralationship) antara rasio ini akan dapat menjelaskan atau memberi gambaran kepada penganalisa tentang baik atau buruknya keadaan atau posisi suatu perusahaan terutama apabila angka rasio tersebut dibandingkan dengan angka rasio perbandingan yang digunakan sebagai standar. Hasil perhitungan rasio likuiditas yaitu current ratio ,test acid ratio dan cash ratio posisi keuangan dikatakan likuid. Rasio solvabilitas yaitu rasio hutang dengan modal sendiri dan rasio hutang dengan aktiva posisi keuangan perusahaan dapat dikatakan solvabel. Rasio rentabilita yaitu gross margin ratio,net margin ratio dan rate of ROI maka perusahan dikatakan profit. Dan hasil penilaian atau analisis tingkat kesehatan perusahaan maka perusahaan dikatakan sehat.
Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pada Perusahaan Tom’s Silver Yogyakarta FX. Pudjo Wibowo; Gregorius Widiyanto
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 2 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.472 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i2.170

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan bagian produksi pada Perusahaan Tom’s Silver Yogyakarta.. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuensioner, sedang metode penelitian dengan menggunakan Simple Random Sampling. Uji t hitung diperoleh bahwa nilai t hitung keselamatan dan klesehatan kerja 2.699 > ttabel 1.665 dan .000 < 0.05 dan nilai t hitung lingkungan kerja 5.689 . > ttabel 1.665 dan .000< 0.05 sehingga hipotesis yang menyatakan keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif secara parsial terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan.Tom,s Silver Yogyakarta. Uji F , didapat F hitung > F tabel atau 36.693 > 3.12 atau tingkat signifikasi (sig) 0.000 <0.05 sehingga hipotesis yang menyatakan keselamatan dan kesehatan kerja dan konflik kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Tom,s Silver Yogyakarta. Square (R2) menunjukkan koefisien determinasi yang berarti persentase kontribusi variabel independen. keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan kerja memberikan sumbangan sebesar 67,7 % terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan.Tom,s Silver Yogyakarta
Pengaruh Promosi Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedap Di Tangerang Eso Hernawan
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 2 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.234 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i2.164

Abstract

Penelitian dilakukan guna mengetahui Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedap. Metode Penelitian yang digunakan menggunakan analisa deskriptif, kualitatif dan kuantitafif, dengan jenis penelitian studi kasus. Masing-masing instrumen variabel dengan menggunakan koefisien korelasi, koefisien determinan, regresi sederhana dan berganda, uji t table (parsial) dan uji F (simultan). Dari data yang diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner setelah diolah diketahui koefisien korelasi r = 0,926, koefisien determinan (Kd) = 92.6%, dengan didapat thitung untuk variabel promosi adalah 6,302 dan untuk variabel produk adalah 4,714, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai thitung lebih besar dari statistik ttabel yaitu 6,032 > 2,021 dan 4,714 > 2,021 untuk variabel promosi lebih tinggi nilainya. Dari hasil analisis/perhitungan korelasi antara variabl promosi dengan keputusan Pembelian diperoleh hasil 88,8% , ini berarti bahwa hubungan antara variabl promosi dengan Keputusan Pembelian adalah kuat positif, sedangkan variabel promosi dan produk secara bersamaan terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 92,6% dan sisanya sebesar 7,4% disebabkan oleh faktor lain seperti lingkungan masyarakat, lingkungan persaingan, pemerintah dan tingkat perekonomian. Dari hasil analisis dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda, diperoleh hasil persamaan : Y = 1,657 + 0,622X1 + 0,413X2 Persamaan regresi ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk meramalkan tingkat penjualan pada tahun mendatang, dengan asumsi faktor-faktor lain adalah konstan atau ceteris paribus. Dari hasil perhitungan tersebut penulis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat dan positif antara Promosi dan Produk terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedap.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol. 23 No. 3 (2025): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 23 No. 2 (2025): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 23 No. 1 (2025): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 22 No. 3 (2024): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 22 No. 2 (2024): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 22 No. 1 (2024): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 21 No. 2 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 21 No. 1 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 20 No. 3 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 20 No. 2 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 2 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 1 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 19 No 3 (2021): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 19 No 2 (2021): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 19 No. 1 (2021): Primannomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 1 (2021): Primannomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 18 No 3 (2020): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 18 No 2 (2020): PRIMANOMICS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Vol 18 No 1 (2020): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 17 No 3 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 17 No 2 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 16 No 3 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 16 No 2 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 16 No 1 (2018): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue