cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : 2579891X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil (JATS) E-ISSN 2579-891X, memuat tulisan tentang aplikasi dibidang Teknik Sipil. Aplikasi ini boleh berasal dari semua cabang ilmu teknik sipil baik itu struktural, geoteknik, manajemen konstruksi, hidrologi, transportasi, dan informatika teknik sipil. Sehingga aplikasi ini tidak hanya mengenai urusan pembangunan sebuah proyek bangunan, tetapi juga memungkinkan untuk memodelisasi sebuah bentuk dengan bantuan software.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 23, No 1 (2025)" : 8 Documents clear
Optimalisasi Desain Scaffolding: Studi Pengaruh Scaffolding dengan Penambahan Outrigger Zuhdy, Akhmad Yusuf; Hariyanto, Ifarrel Rachmanda; Firdausi, Naura
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 23, No 1 (2025)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v22i4.22021

Abstract

Outrigger sendiri pada scaffolding sudah cukup lama diperkenalkan sebagai tambahan pada scaffolding, namun di mayoritas pelaksanaan pembangunan, outrigger ini jarang sekali untuk digunakan dikarenakan efisiensi waktu dan biaya, usulan pada penelitian ini yaitu untuk melakukan studi analisis kekuatan scaffolding ditambahkan dengan outrigger dengan menggunakan Finite Element Analysis (FEA), dengan demikian dapat diketahui bagaimana pengaruh outrigger dalam scaffolding untuk memperkuat struktur sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja. Di dalam proposal penelitian ini, scaffolding akan dilakukan pemodelan dengan beberapa variasi yaitu variasi satu lantai, dua lantai, dan tiga lantai dengan dua konfigurasi outrigger yaitu satu sisi dan dua sisi. Uji dorong (pushover test) akan dilakukan pada Finite Element Analysis dengan displacement controlled untuk mengetahui bagaimana performa scaffolding. Penggunaan perkuatan outrigger diharapkan dapat menurunkan defleksi (Δ) scaffolding. Sedangkan penerapan metode ini di lapangan diharapkan mampu memperpanjang waktu runtuh bangunan agar pekerja memiliki waktu lebih lama untuk melakukan evakuasi
Uji Karakteristik Tanah Kohesif Pada Kawasan Perumahan Dwifa Residence Kota Bengkulu dan Implementasinya untuk Perencanaan Pondasi Dangkal Berdasarkan Metode Elemen Hingga Ramadani, Krisna
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 23, No 1 (2025)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v23i1.22025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengindentifikasi karakteristik tanah kohesif pada kawasan Perumahan Dwifa Residence Kota Bengkulu, dan pengaplikasiannya pada desain struktur pondasi dangkal tipe telapak. Pengujian diawali dengan uji sifat fisis, yaitu uji kadar air, berat volume, berat jenis, analisis ukuran butir, danatterberg limits, dari pengujian tersebut diklasifikasikan tanah pada lokasi ini merupakan tanah lanau elastis (MH). Pengujian sifat mekanis, meliputi uji kuat tekan bebas, dan konsolidasi. Pemodelan pondasi dilakukan dari data hasil uji sifat fisis dan mekanis tanah berbasis aplikasi berdasarkan metode elemen hingga di salah satu titik, dengan nilai kuat tekan bebas (qu) dan kuat geser (Su) terkecil dari ketiga titik lokasi penelitian, untuk kedalaman 0,5 m, 0,75 m, dan 1 m beserta variasi lebarnya, agar lebih konservatif. Nilai faktor aman terkecil diperoleh 1,856 dan terbesar 6,632, dengan nilai beban vertikal maksimum terbesar 173 kN/m2 untuk kedalaman 1 m dan lebar pondasi 2 m.
Analisis Karakteristik Lalu Lintas dan Biaya Perjalanan Akibat Tundaan Pada Perlintasan Sebidang di Kota Bandar Lampung Indrawati, Titi
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 23, No 1 (2025)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v23i1.21495

Abstract

Penutupan palang pintu pada perlintasan kereta api mengakibatkan tundaan dan antrian kendaraan, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk melewati ruas jalan tersebut semakin lama. Tundaan pada perlintasan sebidang menimbulkan kepadatan dan kerugian ekonomi. Oleh karena itu perlu diadakan studi kasus tentang analisis karakteristik lalu lintas untuk mengetahui kondisi lalu lintas, serta analisis biaya kerugian akibat tundaan pada perlintasan sebidang. Penelitian ini dilakukan pada perlintasan sebidang di ruas Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Kamboja. Pelaksanaan survei dilakukan selama tiga hari yaitu Hari Selasa, Kamis dan Minggu. Analisis biaya perjalanan berdasarkan konsumsi bahan bakar minyak kendaraan menggunakan metode ATIS India dan IJIRT. Dari hasil analisis diperoleh biaya perjalanan menggunakan metode ATIS India dan IJIRT menunjukkan bahwa perlintasan sebidang pada ruas Jalan Urip Sumoharjo memiliki nilai kerugian biaya yang paling tinggi dengan total kerugian sebesar Rp.543.802 untuk metode ATIS India dan Rp.541.963 untuk metode IJIRT.
Penilaian Kriteria Green Building Pada Gedung Puskesmas Bantar Kota Tasikmalaya Sandi Ratih, Septi Putri
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 23, No 1 (2025)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v23i1.21472

Abstract

The government urged to start a national movement to save energy, materials, electricity and water. The application of the green building concept can be done to start this movement. The future health center model must be managed well and be measured by health, economic, ecological and social aspects. Community health center administrators must consider the environment as a basis for every policy formulations also social and aesthetic balance.This research aims to determine the level of implementation of the Green Building in the Bantar Health Center Building, Tasikmalaya City and recommendations to meet the Green Building criteria. The method used in this research is the observative method or observation, interviews and document studies. The analysis result level of the green building implementation was identified as meeting the criteria for environmentally friendly buildings with the GBCI and KKRI greenship guideline standards of 58.24% and "Gold Rating". Recommendations for the Bantar City Health Center building in Tasikmalaya City should include promotional media regarding savings in electricity and water use because it is one of the savings efforts for sustainable, environmentally friendly buildings.
Analisis Debit Puncak DAS Bengkenang Air Ndelengau Desa Ganjuh Kabupaten Bengkulu Selatan Menggunakan Pemodelan HEC-HMS Dengan Metode SCS Curve Number agustin, elfi agustin; Gunawan, Gusta Gunawan; Misliniyati, Rena Misliniyati; Amri, Khairul Amri; Besperi, Besperi Besperi
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 23, No 1 (2025)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v23i1.21738

Abstract

Desa Ganjuh merupakan salah satu kawasan dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengkenang Air Ndelengau Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu. Daerah ini berpotensi terjadi banjir saat curah hujan tinggi seperti yang dialami pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar dan waktu debit puncak yang tercermin melalui pemodelan hidrograf. Pemodelan hidrograf dilakukan berdasarkan metode SCS Curve Number dengan bantuan Program HEC-HMS (Hydrologic Engineering Centre-Hydrologic Modelling System). Data curah hujan yang digunakan adalah curah hujan dalam 15 tahun terakhir, mulai dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2023. Hasil penelitian ini dapat diperoleh debit puncak dengan kala ulang  2 tahun, 5 tahun, 10 tahun, 25 tahun, dan 50 tahun, berturut-turut adalah sebesar  180,4 m3/s; 232,4 m3/s; 249,8 m3/s; 266,9 m3/s; dan 277,3 m3/s. Waktu puncak terjadi pada sore hari dengan waktu simulasi selama 24 jam, awal simulasi terjadinya hujan pada pukul 18.00 tanggal 01 Januari 2023 dan akhir simulasi terjadinya hujan pada pukul 18.00 tanggal 02 Januari 2023. Penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman dalam pengelolaan sumber daya air di DAS Bengkenang.
Evaluasi Kondisi Permukaan Ruas Jalan dengan Hawkeye 2000 (Studi Kasus : Jalan Ki Hajar Dewantoro, Kota Tegal) Hadi, Suprapto; Syarifuddin, Anasya Musdalifah; Puja Lestari, Hidayah Lintang; Saputra, Mahendra Yoga; Sugiyanto, Mohammad Ibrahim; Maulia, Novia Agustina
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 23, No 1 (2025)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v23i1.21739

Abstract

Hawkeye 2000 adalah kendaraan survey yang memiliki seperangkat teknologi canggihdengan kemampuan mengambil data lapangan secara sistematis. Kemudahan iniberfungsi dalam kegiatan penelitian evaluasi kondisi permukaan jalan di Ki HajarDewantoro, Kota Tegal. Maksud penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengecekkeadaan permukaan jalan di Ki Hajar Dewantoro, Kota Tegal apakah sudah sesuaidengan standar ketentuan yang ada. Terdapat tiga pokok data analisis yakni nilaigeometrik jalan, nilai IRI, dan kerusakan jalan. Metode analisis menggunakanperbandingan dengan standar ketentuan yang berlaku. Sebagai jalan dengan fungsikolektor sekunder, Ki Hajar Dewantoro harus memberikan pelayanan jalan yang optimalkepada pengguna. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tikungan yang cukup tajam diruas jalan Ki Hajar Dewantoro dengan nilai cross slope 4,11% dan kerusakan jalan yangmuncul juga memerlukan penanganan perbaikan. Kerusakan jalan yang muncul beruparetak kulit buaya, lubang, retak sambungan jalan, galian dan tambalan, dan pengelupasanlapisan permukaan.
Kajian Efektifitas Early Release Dalam Mereduksi Banjir Pada Bendungan Bagong Hantono, Muhamad Rizki
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 23, No 1 (2025)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v23i1.21802

Abstract

Bendungan Bagong memiliki fungsi utama sebagai pengendali banjir. Salah satu alternatif dalam mereduksi banjir dengan penerapan operasi early release, yaitu menurunkan elevasi muka air waduk hingga elevasi tertentu sebelum puncak banjir datang.  Oleh karena itu dibutuhkan analisis terhadap efektifitas early release dalam mereduksi banjir Bendungan Bagong. Pemodelan debit banjir dan simulasi penentuan elevasi Control Water Level (CWL) menggunakan software HEC-HMS versi 4.10. Simulasi penentuan elevasi CWL dengan 4 skenario operasi pelimpah dan Outlet. Hasil simulasi skenario B dengan bukaan satu pintu setinggi 2,5 meter didapatkan CWL untuk Q10 pada elevasi +324,5 dan Q25 elevasi +323. Hasil simulasi D dengan operasi bukaan 2 pintu pelimpah setinggi 2,5 meter dan Outlet didapatkan CWL untuk Q50 pada elevasi +322, Q100 elevasi +320,9, Q200  elevasi +320, dan Q1000 elevasi +317,9. Operasi early release Bendungan Bagong didapatkan elevasi CWL yang efektif dalam mereduksi banjir hilir bendungan pada elevasi +323, +322, dan +320,9.
Analisis Faktor-Faktor Behavioral Intention Mahasiswa menggunakan Kendaraan Listrik dengan Pendekatan Extending The Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 (UTAUT2) Ian, Muhammad Rezki; Nuromavita, Inka; Apriliyanto, Yohandika Tri
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 23, No 1 (2025)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v23i1.21829

Abstract

The purpose of this study is to determine the factors that influence students towards Behavioral Intention or adoption of EV technology. Poor air quality caused by high transportation activities and exhaust emissions is an environmental problem faced by D.I Yogyakarta. The reason is the increase in educational potential which resulted in the number of students increasing by 0.97% from the previous year. Electric Vehicles (EVs) represent one of the solutions to this issue. Data collection by distributing questionnaires to 400 respondents at a confidence level of 95% using a disproportionate stratified random sampling technique. The model and theory approach used is the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology2 (UTAUT2). The analysis results indicate that out of the 7 variables examined, several play a significant role in influencing students' behavioral intentions toward using electric vehicles, there are 4 significant variables, namely Performance Expectancy, Facilitating conditions, Hedonic motivation and Habits.

Page 1 of 1 | Total Record : 8