cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI
ISSN : 08539778     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 23, No 41 (2016)" : 6 Documents clear
MEMBANGUN SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE MELALUI BUDAYA INOVASI (Sebuah Kajian Keberhasilan Program Innov Astra) SB. HANDAYANI & IDA MARTINI ALRIANI sb handayani; Ida Martini
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 23, No 41 (2016)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.672 KB)

Abstract

ABSTRAKSI                 Perusahaan yang berorientasi pada pencapaian sustainable competitive advantage senantiasa harus kreatif dalam ide-ide pembaharuan dalam bisnisnya. Bisnis yang komit terhadap pencapaian sustainable competitive advantage selalu mengedepankan inovasi usaha. Tulisan ini akan menyampaikan pendapat para ahli marketing tentang pentingnya strategi inovasi dalam menciptakan sustainable competitive advantage. Beberapa hasil studi empiris yang dilakukan oleh para peneliti sebelumnya juga mendukung tulisan ini. Sementara itu keberhasilan proyek –proyek inovasi yang dijalankan PT Astra Internasional Tbk           , menjadi hal yang menarik untuk diungkapkan dalam tulisan ini. PT Astra International, Tbk. Sebagai  salah satu perusahaan yang mampu membuktikan budaya inovasi sebagai senjata untuk tetap exis dalam kondisi apapun dan berkelanjutan. Astra sukses memacu karyawannya melakukan inovasi melalui kegiatan InnovAstra. Program kompetisi InnovAstra yang ditempatkan dalam kerangka aplikasi corporate culture telah menjadi program yang efektif, efisien dan sinergis  serta berkelanjutan. Sebagaimana tekad PT Astra International Tbk untuk mewujudkan cita-citanya menjadi kebanggaan bangsa (pride of the nation) di tahun 2020 mendatang.  Keyword :  Sustainable Competitive Advantage, Innovasi dan InnovAstra.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, TINGKAT PENDAPATAN DAN SUMBER AIR LAIN TERHADAP PERMINTAAN AIR PDAM TIRTA MOEDAL SEMARANG (Studi Kasus Pelanggan Golongan Rumah Tangga III di Kecamatan Gunungpati Semarang Tahun 2016) Putu Sulastri; Bayu Eko
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 23, No 41 (2016)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.631 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, tingkat pendapatan, dan sumber air lainnya untuk kebutuhan air PDAM Tirta Moedal Semarang. Penelitian ini mengambil sampel dari 100 rumah tangga III pelanggan kelas. Jumlah kuesioner yang disebarkan sebanyak 100 dan dianalisis dengan menggunakan rumus Slovin. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS for Windows. Dari hipotesis hasil pengujian menunjukkan informasi dan kesimpulan bahwa kualitas produk berpengaruh positif terhadap kebutuhan air, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kebutuhan air, tingkat pendapatan berpengaruh positif terhadap permintaan air, sumber air lain secara negatif mempengaruhi permintaan air.Kata kunci: kualitas produk, kualitas layanan, tingkat pendapatan, sumber daya air, kebutuhan air.
PENGARUH KOMUNIKASI DAN MOTIVASI KERIA TERHADAP KINERIA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN KENDAL Fasochah -; Sudaryono .
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 23, No 41 (2016)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.384 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah komunikasi,motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja sebagai variable mediasi di Dinas Tenaga Kerja Dan Trasmigrasi di Kab Kendal dapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di Disnakertrans Kab Kendal yang berjumlah 277 orang dengan sampel yang dlambil menurut rumus  slovin sejumlah 164 orang dengan teknik random sampling.     Hasil pembahasan diketahui bahwa ada pengaruh Komunikasi terhadap Kinerja Pegawai terbukti dengan t hitung > t table dan juga ada pengaruh antara Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai terbukti dengan t hiting > t tabel.  Kepuasan keria iuga merupakan variable mediasi antara Komunikasi dan Motivasi kerja terhadap Kinerja pegai terbukti dengan uji sobel dimana t hitung > t tabel. Kata Kunci : Komunikasi, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN APOTEK DI WILAYAH BANJARNEGARA Vidiarti, Reni; Mahardian, Anjar; Galistiani, Githa Fungie
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 23, No 41 (2016)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.426 KB)

Abstract

Abstrak Pelayanan kefarmasian saat ini telah semakin berkembang seiring denganpeningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Oleh karena itu, Apotek sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan akan dituntut tidak hanya mengedepankan sisi produk saja terkait harga dan kelengkapannya, lebih dari itu pelayanan akan menjadi tuntutan bagi pasien. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan analitik yang bertujuan untuk meneliti pengaruh kualitas pelayanan terhadap kesetiaan pelanggan. Desain dari penelitian ini adalah cross sectional. Pengumpulan data dikumpulkan melalui kuesioner secara accidental sampling terhadap 217 responden. Analisis data dilakukan denganmelakukan uji validitas dan reabilitas terhadap pertanyaan yang hendak digunakan sebagai alat penilaian selanjutnya peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayaan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jamina dan empati baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas konsumen di Apotek Wilayah Banjarnegara. Hasil penelitian ini ditunjukan dari hasil pengujian hipotesis yang menunjukan nilai Fhitung > F yaitu 18,740 > 2,256 atau p-value < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti variable reliability, responsiveness, tangibles, assurance, dan empathy berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Loyalitas konsumen diApotek Wilayah Banjarnegara. tabelKata Kunci : Apotek, Kualitas pelayanan (Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, Perhatian, Penampilan fisik), Loyalitas
PERAN PENTING MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN -, sutono; Manaf, Sodikin
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 23, No 41 (2016)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (24.917 KB)

Abstract

Abstrak            Modal kerja dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk membiayai kegiatan operasionalnya sehari-hari, dimana modal kerja yang telah dikeluarkan itu diharapkan akan dapat kembali lagi masuk dalam perusahaan dalam waktu yang pendek melalui hasil penjualan produksinya. Modal kerja berperan penting dalam menopang operasi atau kegiatan perusahaan, karena tanpa modal kerja maka kegiatan operasional suatu perusahaan tidak dapat berjalan dengan lancar.  
Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Berafiliasi dan Kecerdasan Emosional Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Mediasi Pada Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana tukijan -; Nur Adhika Latihani
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 23, No 41 (2016)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.469 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja karyawan melalui motivasi berafiliasi dan kecerdasan emosional dengan komitmen organisasi sebagai variabel medias. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana yang berjumlah 215 orang. Adapun sampelnya diambil seluruh pegawai populasi dengan metode sensus. Metode pengolahan data menggunakan SPSS 17.0.Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa motivasi afiliasi, kecerdasan emosional  berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi, kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, motivasi afiliasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, komitmen organisasi dapat memediasi pengaruh Motivasi afiliasi terhadap kinerja pegawai. Komitmen organisasi dapat memediasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai. Dari hasil pengujian hipotesis di atas dapat dikatakan bahwa kinerja dapat meningkat melalui motivasi berafiliasi, kecerdasan emosional, dan komitmen organisasi. Kata kunci: Motivasi Berafiliasi, Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai

Page 1 of 1 | Total Record : 6