Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November).
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal publikasi dibidang penelitian, khususnya pada penelitian anak-anak berkebutuhan khusus. Fokus pada jurnal ini diantaranya yaitu: identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus, intervensi dini bagi anak berkebutuhan khusus, pengembangan teknologi pembelajran bagi anak berkebutuhan khusus, strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus, program pembelajaran serta layanan bagi anak berkebutuhan khusus.
Articles
13 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 1 (2018): April 2018"
:
13 Documents
clear
Keterampilan Membuat Kotak Tisu Melalui Pendekatan Pakem Bagi Anak Tunarungu
Dede Satria Satria;
Amsyaruddin Amsyaruddin;
Marlina Marlina
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 2 No. 1 (2018): April 2018
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jpkk/vol2-iss1/27
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, adanya guru kelas yang kurang memiliki keterampilan dan ilmu pengetahuan tentang membuat kotak tisu dari koran bekas, sehingga mengakibatkan anak tunarungu juga mengalami masalah dalam membuat kotak tisu dari koran bekas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Proses pembelajaran membuat kotak tisu pada anak tunarungu kelas VIII dilakukan dengan pendekatan PAKEM. 2). Hasil keterampilan membuat kotak tisu dari koran bekas meningkat melalui pendekatan PAKEM. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan melalui pendekatan PAKEM dapat meningkatkan keterampilan membuat kotak tisu dari koran bekas.
ENGLISH VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMASANG KAMPAS REM BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN: Abstract
Rabah Humam Ghazi;
Amsyaruddin Amsyaruddin;
Irdamurni Irdamurni
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 2 No. 1 (2018): April 2018
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jpkk.v2i1.29
The research was distributed by problems are five children of mild mental retardation class VII that have not been able to read the beginning with good and right so as to influence the outcome of learning they get. This research used an Agency Said method to form pre-experimental or quasy experiment with a kind of one group pretest-postest design. The research results show, a generation of kids able mental retardation in reading the beginning when analyzed by saw the value the average , when pre-test the child with mental retardation only 44 %. Next on posttest a generation of kids able mental retardation up by 78 % . Then the data processed that more scientific using the Mann Whitney test, obtained Uhit = 2.5 and Utab = 2 to the n = 5 the first significant 95 % and α = 0.05 .
Model Pembelajaran Berbasis Game Flash Tau Jo Huruf bagi Anak Down Syndrome
Ridwan bin Safrial;
Marlina Marlina;
Irdamurni Irdamurni
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 2 No. 1 (2018): April 2018
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jpkk.v2i1.53
Anak down syndrome masih bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam mengenal huruf walau dibayangi keterbatasan intelegensi, maka diciptkanlah sebuah model pembelajaran mengenal huruf berbsasis game flash game ini diberi nama Tau Jo Huruf, Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan ( R & D ), yang mengacu pada teori Borg and Gall (1983). Subjek penelitian adalah siswa downsyndrome SMPLB dan SMALB di YPPLB Padang. Penelitian menghasilkan suatu model pembelajaran mengenal huruf berbasis game yang dijalankan pada perangkat komputer untuk mengenalkan pada anak downsyndrome.
Peningkatan Ketahanan Duduk dan Pengurangan Perilaku Meninggalkan Tempat Duduk Melalui Teknik Time Out pada Anak Attention Deficit Hyperaktivity Disorder
Husni Watul Hasanah;
Fatmawati Fatmawati;
Marlina Marlina
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 2 No. 1 (2018): April 2018
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jpkk/vol2-iss1/61
Penelitian ini dilatar belakangi peneliti mendapati seorang anak ADHD yang mengalami kesulitan konsentrasi belajar dalam ketahanan duduk dan perilaku meninggalkan tempat duduk. Penelitian ini bertujuan untuk meningakatkan konsentrasi belajar dalam ketahanan duduk dan mengurangi perilaku meninggalkan tempat duduk bagi anak ADHD kelas I di SLB Muftia Rahma. Jenis penelitian ini eksperimen dalam bentuk subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain penelitian A-B-A, subjek penelitian seorang anak ADHD dengan gejala hiperaktivitas, data diukur mengunakan durasi untuk melihat berapa lama anak mampu untuk bertahan duduk dalam 30 menit proses pembelajaran berlangsung dengan stopwatch dan mengunakan frekuensi untuk melihat berapa kali anak meninggalkan tempat duduk selama 30 menit proses pembelajan berlangsung dengan tally. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa, teknik time out dapat meningkatkan konsentrasi belajar dalam ketahanan duduk dan mengurangi perilaku meninggalkan tempat duduk bagi anak ADHD kelas I di SLB Muftia Rahma sesuai dengan hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi.
Meningkatkan Tata Cara Berwudhu Melalui Model Pengajaran Langsung pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas D.IV
Hero Prayoga;
Elsa Efrina;
Jon Efendi
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 2 No. 1 (2018): April 2018
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jpkk/vol2-iss1/89
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukan anak tunagrahita ringan di kelas D.IV yang belum mampu berwudhu. Hal ini disebabkan karena minim durasi pada mata pelajaran agama Islam dan kurang latihan dalam tata cara berwudhu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tata cara berwudhu pada anak tunagrahita ringan di kelas D.IV (DN dan FJ) melalui model pengajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi. Kegiatan penelitian dilakukan dua siklus dengan dua belas kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam berwudhu. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pengajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan tata cara berwudhu bagi anak tunagrahita ringan kelas D.IV di SLB YPAC Sumbar Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukan anak tunagrahita ringan di kelas D.IV yang belum mampu berwudhu. Hal ini disebabkan karena minim durasi pada mata pelajaran agama Islam dan kurang latihan dalam tata cara berwudhu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tata cara berwudhu pada anak tunagrahita ringan di kelas D.IV (DN dan FJ) melalui model pengajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi. Kegiatan penelitian dilakukan dua siklus dengan dua belas kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam berwudhu. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pengajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan tata cara berwudhu bagi anak tunagrahita ringan kelas D.IV di SLB YPAC Sumbar Padang.
Peningkatan Kemampuan Membedakan Sampah Melalui Media Sampah Berbicara pada Penyandang Tunanetra
Irfan Putra;
Ardisal Ardisal;
Marlina Marlina
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 2 No. 1 (2018): April 2018
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jpkk/vol2-iss1/90
This research was motived by problems that found in the field, there were blind people who have problems in differentiating organic and anorganic waste. Based on the previous explanation, this objective of this research was to find out the effectivity of talking tool waste to improve the ability to distinguish organic and anorganic for blind people at the PSBN Tuah Sakato Padang. This type of this research by using quasi experiment with one group pretest-posttest design, the analyzed of the data using by Mann Whitney test. The sample consist of 5 blind people in the preparation class at PSBN Tuah Sakato Padang. The hypothesis of this research using t test, with significant level 5% (0,05).
Media Puzzel Kartu Angka Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan bagi Anak Diskalkulia
Sevira Liza Reafani;
Fatmawati Fatmawati;
Irdamurni Irdamurni
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 2 No. 1 (2018): April 2018
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jpkk.v2i1.93
Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kelas IV di SD N 01 Limau Manis Padang beberapa anak memiliki nilai rendah dalam kemampuan operasi pengurangan. Saat mengerjakan soal pengurangan, anak masih salah dalam mengurangi kecil ke besar. Ketika mengurangi dari kecil ke besar dibalik menjadi besar ke kecil tanpa meminjam.Anak diskalkulia memiliki kelemahan dalam belajar matematika. Kesulitan yang dimiliki anak tentang pengurangan adalah konsep dasar matematika. Penting bagi anak untuk memahami konsep pengurangan. Salah satu komponen penting dalam pembelajaran yaitu media pembelajaran. Saat pembelajaran, guru dapat menggunakan media dalam memberikan materi termasuk belajar matematika. Alternatif yang harus dilakukan untuk membantu meningkatkan kemampuan pengurangan anak diskalkulia, salah satunyamedia puzzle kartu angka. Media puzzle kartu angka adalah permainan bongkar padang diadaptasi dari materi pengurangan puluhan dengan teknik meminjam. Hasil penelitian ini menunjukkan media puzzle kartu angka efektif untuk meningkatkan kemampuan pengurangan bagi anak diskalkulia kelas IV SD N 01 Limau Manis Padang.
Program RBM bagi Penyandang Disabilitas Puskesmas Batipuh II
Rapla Diarola Aparta;
Elsa Efrina;
Mega Iswari
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 2 No. 1 (2018): April 2018
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jpkk/vol2-iss1/95
Kemampuan untuk hidup mandiri sangat penting bagi penyandang disabilitas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemandirian panyandang disabilitas adalah melalui program RBM yang telah berjalan selama lima tahun di Puskesmas Batipuh II. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan gambaran tentang cara melaksanakan program RBM. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualititaif yang menunjukkan deskripsi dari pelaksanaan program RBM di Puskesmas Batipuh II. Program ini memberikan layanan rehabilitasi terhadap penyandang disabilitas. Pemberian layanan dilakukan dengan memberikan latihan bina diri dan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Paket latihan yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan penyandang disabilitas berdasarkan 23 kriteria kemandirian. Kendala yang dialami dalam melaksanakan program ini adalah keterbatasan dana dan waktu. Adapun usaha untuk mengatasi kendala tersebut dengan cara mejadikan program RBM sebagai program wajib Puskesmas. Program ini melibatkan berbagai pihak untuk memberi dorongan kepada penyandang disabilitas agar dapat hidup mandiri.
Meningkatkan Pembendaharaan Kata Melalui Media Kata Bergambar bagi Anak Tunarungu
Riski Alfitri;
Mega Iswari;
Kasiyati Kasiyati
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 2 No. 1 (2018): April 2018
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jpkk/vol2-iss1/96
Penulisan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang penulis temukan di SLB restu Ibu Bukittinggi, seorang siswa tunarungu yang memiliki keterbatasan dalam perbendaharaan kata. Hal ini dibuktikan dengan sedikit dan minimnya perbendaharaan kata anak tunarungu dalam mengucapkan kata benda yang ada dikelas. Penulisan ini bertujuan untuk menyatakan bahwa, dengan menggunakan media kata bergambar,dapat meningkatkan perbendaharaan kata anak tunarungu dalam mengucapkan kata benda yang ada dikelas. Hasil analisis perbendaharaan kata dalam mengucapkan kata benda yang ada di kelas menggunakan media kata bergambar pada anak tunarungu yakni kondisi baseline (A1) kemampuan yang dicapai anak 20%. Kondisi intervensi (B) kemampuan yang dicapai anak 70% dan kondisi baseline (A2) mencapai 80%. Artinya terdapat perubahan tingkat perbendaharaan kata dalam mengucapkan kata benda yang ada di kelas pada anak tunarungu. Dapat disimpulkan bahwa media kata bergambar ini efektif digunakan untuk meningkatkan perbendaharaan kata dalam mengucapkan kata benda yang ada dikelas pada anak tunarungu.
Kemampuan Menulis pada Anak Berkesulitan Belajar Melalui Media Grafis
Serliya Putri;
Asep Ahmad Sopandi;
Armaini Armaini
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 2 No. 1 (2018): April 2018
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jpkk/vol2-iss1/134
Penelitian ini dilatarbelakangi dari anak berkesulitan belajar kelas III yang memiliki permasalahan pada keterampilan menulis dalam aspek keterbacaan huruf dengan kriteria huruf yang ditulis tidak sesuai dengan lambang dan huruf pada tulisan sulit untuk dibaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan media grafis efektif dalam membantu meningkatkan kemampuan menulis pada anak berkesulitan belajar di SDN 05 Kapalo Koto Padang. Jenis penelitian ini merupakan Single Subject Research menggunakan disain Multiple Baseline Cross Subjects. Data dianalisis dengan analisis visual grafik. Subyek penelitian ini 2 orang anak berkesulitan belajar kelas III di SDN 05 Kapalo Koto. Hasil analisis visual grafiknya menunjukkan kesulitan menulis pada anak berkesulitan belajar dapat dibantu menggunakan media grafis. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru untuk menemukan media lain yang dapat membantu kesulitan peserta didiknya dan dapat menjadi acuan bagi peneliti selanjutnya.