cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
ISSN : 26213087     EISSN : 26215721     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang mencakup penelitian eksperimen, penelitian tindakan, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan (model, media, dan evaluasi pembelajaran) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta membangun inovasi bidang pendidikan. Secara umum, artikel yang dipublikasi oleh Ciencias Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan adalah karya tulis ilmiah yang memberi kontribusi bagi pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2019)" : 4 Documents clear
Pengaruh Persepsi, Sikap, dan Perilaku Terhadap Soft Skill Peserta Didik SMA Kristen 2 Kupang Ndun, Anggalia Vina Evathia; Arjana, I Gusti Bagus; Se, Robertus
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.70942/ciencias.v2i1.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi terhadap soft skills peserta didik. (2) pengaruh sikap terhadap soft skills peserta didik. (3) pengaruh perilaku terhadap soft skills peserta didik. (4) pengaruh antara persepsi, sikap dan perilaku secara bersama-sama terhadap soft skills peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Proportionate Stratified Random Sampling karena terdapat level kelas yang berbeda (kelas 10, 11 dan 12) peserta didik di SMA Kristen 2 Kupang. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui ketiga variabel bebas yaitu persepsi, sikap dan perilaku secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat soft skills. Secara terpisah (parsial) semua variabel bebas yang terdiri dari persepsi, sikap dan perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat soft skills peserta didik SMA Kristen 2 Kupang. Sumbangan dari ketiga variabel bebas yaitu persepsi, sikap dan perilaku terhadap variabel terikat yaitu soft skills adalah sebesar 50,4% sedangkan sisanya sebesar 49,6% adalah kontribusi dari variabel-variabel lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini. Dimana variabel persepsi berkontribusi sebesar 6,8%, variabel perilaku berkontribusi sebesar 5,4%, dan variabel sikap menyumbang kontribusi paling besar 38,2%.
Pengaruh Pola Asuh Demokrasi dan Kecerdasan Emosi Terhadap Pertimbangan Moral Siswa Jontrianto, Jontrianto; Menanti, Asih; Lubis, M Rajab
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.70942/ciencias.v2i1.29

Abstract

This study aims to (1) determine the effect of democracy parenting style and emotional intelligence with moral judgment (2) to determine the effect of democracy parenting style with moral judgment (3) to determine the effect of emotional intelligence with moral judgment. The population of this study are students of class XI SMAN 12 Medan amounted to 344 students. The study sample consisted of 105 students who were selected using the proportionate stratified random sampling technique. Collected using the moral judgment scale used are defining issues test (DIT), a scale of democracy parenting style, and emotional intelligence scale. Data were analyzed using regression analysis techniques. The results show (1) there is no effect of democracy parenting style on students' moral judgment, which is indicated by the coefficients rx1y = 0.448 and p > 0.05 ; (2) there is no effect of emotional intelligence on students' moral judgment, which is indicated by the coefficients rx1y = 0.161 and p > 0.05 ; (3) there is no effect of democracy parenting style and emotional intelligence with students' moral judgment, which is indicated by the coefficients F = 1.243 and R = 0.154 while R² = 0.024 with p > 0.05. The percentage of contributions given by democracy parenting style and emotional intelligence towards moral judgment is 24 %. The remaining 76 % is influenced by other variables not examined in this study.
Penggunaan Metode Demonstrasi Berbantuan Mega OTT Pemerintah Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Beajar Setyawati, Dwi
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.70942/ciencias.v2i1.30

Abstract

This research aims to improve the activities and achievements of the study material autonomous region through the use of methods of assisted demonstration Mega OTT Government. Research subject learners class 9B SMP Negeri 4 Salatiga Years Lessons 2017/2018. The research is the research of class action is carried out in 2 cycles. Data collection with the non-engineering tests and tests. An examination of the validity of the data by triangulation, checking with colleagues, friends and the use of an accurate reference. Data analysis with descriptive statistical analysis. Observation results against learning activities on cycle I achieve score 3.7 percentage of 73.6% and activity cycle II score 4.1 percentage 80% activity. The average value of the learning achievements of pre-cycle 66.7 number of learners who complete the KKM 30% from 30 children. The average results of achievement learning cycle I 80.0 and comprehensively reach 66.7%, KKM cycle II averaging 83.7 83.3% and finished the KKM. Thus declared the application of the method of demonstration Mega-assisted the Government can increase the activity of OTT and the learning achievements of students.
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Lokot, Lokot
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.70942/ciencias.v2i1.32

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIIIb SMPN 1 Kunto Darussalam tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 7 September sampai dengan 29 September 2015.Sabjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIb SMPN 1 Kunto Darussalam dengan jumlah siswa 20 yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data diambil dari hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar yang diperoleh dari nilai PPK dan KI. Daya serap hasil belajar siswa sebelum PTK 69,25 meningkat sebesar 13,24% pada siklus 1 menjadi 82,49 dan pada siklus II meningkat 5,21 % menjadi 87,70.Ketuntasan Klasikal siswa sebelum PTK 55 pada siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 45% menjadi 100, pada siklus II tuntas 100% .Ketuntasan nilai KI sebelum PTK 65% dan meningkat 25% menjadi 90% dan pada siklus II meningkat 10 % menjadi 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tipe think pair share dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIb SMPN 1 Kunto Darussalam Tahun Ajaran 2015/2016.

Page 1 of 1 | Total Record : 4