cover
Contact Name
Hetilaniar
Contact Email
parataksis@univpgri-palembang.ac.id
Phone
+6285357450557
Journal Mail Official
heti_ardesya@yahoo.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang Jl. Jendral A. Yani Lorong Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. 0711-513701, Fax. 0711-513701
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26222221     DOI : https://dx.doi.org/10.31851/parataksis
Parataksis adalah jurnal program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang. Jurnal ini berisi tentang penelitian dan kajian pustaka dosen, mahasiswa, guru, dan umum mengenai Bahasa dan Sastra Indonesia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2019): PARATAKSIS: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia" : 5 Documents clear
TINDAK TUTUR EKSPRESIF DAN DIREKTIF DALAM ACARA INI TALKSHOW PADA STASIUN TELEVISI NET TV Witia, Elni
Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2019): PARATAKSIS: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/parataksis.v2i2.4013

Abstract

Tindak tutur ekspresif dan direktif merupakan unsur pragmatik yang melibatkan pembicara-pendengan atau penulis-pembaca serta yang di bicarakan. Tindak tutur dalam acara Ini Talkshow di lihat dari percakapan atau dialog antar tokohnya. Masalah dalam penelitian ini “Bagaimanakah Tindak Tutur Direktif Dalam Acara Ini Talkshow pada Stasiun Televisi Net TV?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripkan tindak tutur ekspresif dan direktif dalam acara “Ini Talkshow” pada stasiun televisi Net TV bulan Mei 2017. Metode penelitian digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik rekam dan catat. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik padan intralingual. Hasil penelitian ini adalah tindak tutur ekspresif dan direktif dalam acara Ini Talkshow Pada Stasiun Televisi NET TV terdiri atas tindak tutur ekspresif: mengucapkan selamat, memuji, mengkritik dan mengucapkan terima kasih. Selain itu terdapat tindak tutur direktif: menyuruh, melarang, memohon, menasehati, mengajak, meminta dan menantang.Kata Kunci: Tindak tutur ekspresif, direktif dan Acara Ini Talkshow
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN ALUR CERITA, PELAKU, DAN LATAR CERPEN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 PALEMBANG Yunita, Leli
Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2019): PARATAKSIS: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/parataksis.v2i2.4015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay terhadap kemampuan menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen model Posttest-Only Control Design dengan membagi sampel ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas VIII.3 berjumlah 33 orang dan kelompok kontrol yaitu siswa kelas VIII.4 berjumlah 33 orang. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes akhir berbentuk esai berjumlah 5 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus statistik uji-t. Berdasarkan tabel distribusi-t dengan dk = n1 + n2 – 2 = 33 + 33 – 2 = 64 dan maka diperoleh thitung = 3,39 dan ttabel = 1,66901. Hal ini menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel atau 3,39 ≥ 1,66901. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay terhadap kemampuan menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Palembang. Hal ini berarti hipotesis penelitian ini terbukti kebenarannya.Kata Kunci: Course Review Horay, Cerpen, Alur Cerita, Pelaku, dan Latar
PENGARUH MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN NARASI DENGAN MEMPERHATIKAN CARA PENULISAN KALIMAT LANGSUNG DAN TAK LANGSUNG SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MAKARTI JAYA Andriyani, Pita
Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2019): PARATAKSIS: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/parataksis.v2i2.4017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model Student Team Achivement Devicion terhadap kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung siswa kelas VII SMP Negeri 1 Makarti Jaya. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri1 Makarti Jaya, yaitu kelas eksperimen sebanyak 31 siswa dan kelas kontrol sebanyak 34 siswa. Data penelitian diperoleh melalui teknik tes menulis. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh dari model Student Team Achivement Divicion terhadap kemampuan mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung siswa kelas VII SMP Negeri 1 Makarti Jaya. Pengujian hipotesis menggunakan statistik parametris Uji-t dengan kriteria pengujian hipotesis Ha jika thitung > ttabel dan tolak Ho jika thitung < ttabel berdasarkan analisis hasil belajar siswa melalui Uji-t diperoleh nilai thitung = 4,35 sedangkan harga ttabel didapat dari hasil interpolasi adalah sebesar 1,66. Jadi 4,35 > 1,66 dari hasil perhitungan didapat  thitung > ttabel maka diterima Ha.Kata Kunci : Model Student Team Achievement Devision (STAD), Teks Wawancara, Karangan Narasi
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN PADA SISWA KELAS VIII.5 SMP NEGERI 30 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Nasriah, Nurmali
Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2019): PARATAKSIS: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/parataksis.v2i2.4008

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 30 Palembang tahun pelajaran 2014/2015 dalam mengidentifikasi unsur-unsur puisi. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran bertukar pasangan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 30 Palembang tahun pelajaran 2014/2015 dalam mengidentifikasi unsur-unsur puisi. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus, subjek penelitian satu siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 30 Palembang. Data dianalisis, kemudian ditindaklanjuti. Hasil penelitian tindakan kelas siklus I, hasilnya masih belum memuaskan, nilai rata-rata kelas mencapai 67,0, ketuntasan belajar baru mencapai 48,6%, nilai rata-rata kelas mencapai 79,0 dengan ketuntasan belajar 77,1%. Pada tindakan siklus III, hasil yang diperoleh sangat baik, terbukti dari nilai rata-rata kelas mencapai 87, ketuntasan belajar mencapai 97%. Hipotesis yang dikemukakan “Jika strategi pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur puisi dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan, kemampuan siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 30 Palembang tahun pelajaran 2014/2015 mengidentifikasi unsur-unsur puisi akan meningkat”dan dapat diterima kebenarannya.Kata Kunci: unsur-unsur puisi, model pembelajaran bertukar pasangan.
PROSES MORFOFONEMIK SAPAAN DALAM BAHASA MELAYUDIALEK BELIDE DESA JAMBU KECAMATAN GELUMBANG Pajar Lisa, Bella Indah; Houtman, Houtman; Abidin, Zainal
Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2019): PARATAKSIS: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/parataksis.v2i2.4011

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses morfofonemiksapaandalambahasa Melayu dialek Belide di Desa Jambu Kecamatan Gelumbang. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sapaan dalam bahasa Melayu dialek Belide di Desa Jambu Kecamatan Gelumbang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses morfofonemik sapaan dalam bahasa Melayu dialek Belide di Desa Jambu Kecamatan Gelumbang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari sembilan orang informan.Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, rekam, dandokumentasi.Adapunobjek yang digunakan adalah masyarakat yang benar-benar mengetahui sapaan dalam bahasa Melayu dialek Belide di Desa Jambu Kecamatan Gelumbang. Hasil penelitian yang dilakukan di Desa Jambu Kecamatan Gelumbang terdapat 20 sapaan. Dari 20 sapaan yang ada di Desa Jambu Kecamatan Gelumbang terdapat proses morfofonemik sapaan dalam bahasa Melayu dialek Belide di Desa Jambu Kecamatan gelumbang seperti terjadinya proses perubahan fonem, proses penambahanfonem, dan proses penghilanganfonem. Kata Kunci:Morfofonemik, sapaan, Bahasa Melayu.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5