cover
Contact Name
Hetilaniar
Contact Email
parataksis@univpgri-palembang.ac.id
Phone
+6285357450557
Journal Mail Official
heti_ardesya@yahoo.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang Jl. Jendral A. Yani Lorong Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. 0711-513701, Fax. 0711-513701
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26222221     DOI : https://dx.doi.org/10.31851/parataksis
Parataksis adalah jurnal program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang. Jurnal ini berisi tentang penelitian dan kajian pustaka dosen, mahasiswa, guru, dan umum mengenai Bahasa dan Sastra Indonesia.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2019): PARATAKSIS: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia" : 3 Documents clear
ANALISIS JENIS-JENIS DAN FUNGSI PANTUN DALAM BUKU MANTRA SYAIR DAN PANTUN DI TENGAH KEHIDUPAN DUNIA MODERN KARYA KORRIE LAYUN RAMPAN Trisnawati Trisnawati
Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol. 2 No. 2 (2019): PARATAKSIS: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/parataksis.v2i2.4000

Abstract

Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian yaitu”Analisis Jenis-Jenis dan Fungsi Pantun dalam Buku Mantra Syair dan Pantun di Tengah Kehidupan Dunia Modern Karya Korrie Layun Rampan”pantun merupakan puisi Melayu lama asli Indonesia yang terdiri dari sampiran dan isi a-b-a-b. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang isi pantun dan mendeskripsikan, jenis-jenis dan fungsi pantun yang terdapat dalam buku Mantra Syair dan Pantun di Tengah Kehidupan Dunia Modern Karya Korrie Layun Rampan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik pustaka, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik  analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis pantun berdasarkan isinya dalam buku“ Mantra Syair dan Pantun di Tengah Kehidupan Dunia Modern Karya Korrie Layun Rampan tahun 2014” terdapat beberapa jenis pantun yaitu pantun muda-mudi, pantun orang tua, pantun teka teki, pantun rindu, pantun nasihat yang semuanya berjumlah 64 buah pantun. Pantun muda-mudi sebanyak 9 buah, pantun orang tua sebanyak 14 buah, pantun teka teki sebanyak 10 buah, pantun rindu sebanyak 15 buah, dan pantun nasihat sebanyak 16 buah.
PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL DALAM MATERI PEMBELAJARAN TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALEMBANG Yulisar Panuah
Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol. 2 No. 2 (2019): PARATAKSIS: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/parataksis.v2i2.4002

Abstract

Teknik pembelajaran cooperative learning tipe berkirim salam dan soal merupakan teknik pembelajaran di mana melibatkan siswa secara aktif dalam pelaksanaanya yang mana siswa dituntut untuk membuat kelompok belajar yang terdiri atas empat orang dan masing-masing kelompok diwajibkan untuk membuat pertanyaan kemudian kelompok lainnya harus menjawab pertanyaan yang dibuat kelompok lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh teknik pembelajaran cooperative learning tipe berkirim salam dan soal dalam materi pembeajaran teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang?. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik pembelajaran cooperative learning tipe berkirim salam dan soal dalam materi pembeajaran teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Palembang. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2  sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik data yang digunakan adalah tes. Dari hasil perhitungan statistik uji-t dua pihak, diperoleh = 12,93 dan = 2,000 berarti sehingga Ha dapat diterima Ho ditolak. Dengan demikian, Ha dapat diterima berarti ada pengaruh yang signifikan teknik pembelajaran Coopertive Learning tipe berkirim salam dan soal dalam materi pembelajaran teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS KREATIF PUISI BERKENAAN DENGAN PERISTIWA YANG DIALAMI SISWA KELAS VII MTS. PATRA MANDIRI PLAJU Tuti Sri Wahyuni
Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol. 2 No. 2 (2019): PARATAKSIS: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/parataksis.v2i2.4019

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan siswa menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang dialami siswa kelas VII MTs. Patra Mandiri Plaju. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan siswa menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang dialami siswa kelas VII MTs. Patra Mandiri Plaju. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  yaitu metode eksperimen dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu menulis puisi berdasarkan peristiwa yang pernah dialami/pengalaman pribadi siswa, teknik wawancara dan teknik dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang dialami pada siswa kelas VII MTs.Patra Mandiri Plaju. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pre-test  sebesar 73,38 sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 83.16 tergolong sangat baik, sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 64,97 dan nilai post-test kelas kontrol sebesar 71,94 tergolong kurang baik. Hal ini juga dapat dibuktikan bahwa hasil uji hipotesis thitung  = 6,6 > ttabel = 1,667 maka Ho ditolak dan Ha diterima.Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, menulis kreatif, puisi

Page 1 of 1 | Total Record : 3