cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL BISNIS STRATEGI
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : 14101246     EISSN : 25801171     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Bisnis Strategi ( P-ISSN : 1410-1246, E-ISSN : 2580-1171 ) is an open access and peer-reviewed published by Department of Magister Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Diponegoro, Indonesia. This journal published twice a year (juli and desember). The scope of journal is Business Strategy, Strategic Management, Financial Management, Organization, Human Resource Management, Organizational Behavior, Marketing, Marketing Strategy.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 7 (2002): Juli" : 7 Documents clear
Pengaruh Religiositas Terhadap Komitmen Organisasi, Keterlibatan Kerja, Kepuasan dan Produktivitas Ghozali, Imam
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 9, No 7 (2002): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1005.759 KB) | DOI: 10.14710/jbs.9.7.1-13

Abstract

-
ANALISIS TINGKAT KEBERHASILAN MANAJEMEN PEMERINTAHAN DESA DiLIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER (Studi Kasus di Kabupaten Kendal dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah) Susilowati, Indah
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 9, No 7 (2002): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (975.081 KB) | DOI: 10.14710/jbs.9.7.61-75

Abstract

Tingkat keberhasilan kepala desa dilihat dari perspektlf gender (perempuan dan laki-laki) akan dianalisis pada penelitian ini. Daerah penelitian yang dipilih adalah  Kabupaten Kendal (mewakili daerah pesisir) dan Kabupaten Klaten (mewakili daerah pedalaman). Metode sampling purposif telah dipakai untuk memilih 8 sampel kepala desa/ kelurahan dan  173 sampel dari masyarakat (wakil rakyat).Statistik deskriptif dan uji beda rata dipakai sebagai alat analisis pada penelitian ini. Gaya keµemimpinan kepala desa/ kelurahan yang dipersepsikan oleh masing-masing  responden menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat berpendapat  bahwa kepala desa/kelurahan mereka cenderung bertindak demokratis dalam gaya kepemimpinannya (rating I). Sedangkan untuk rating II adalah dipersepsikan bahwa  banyak para pemimpin pemerintahan desa mereka bergaya kepemimpinan campuran antara demokratis dan otoriter. Secara umum dapat dikatakan bahwa tipe hubungan dari tangga kepemimpinan yang terbanyak adalah pada tangga kepemfmpinan yang ke-7: memberikan empati (42,0 persen) diikuti dengan tangga ke-6: suka melibatkan diri (32,4 persen) dan tangga ke-8: dapat menggerakkan masa  (12,5 persen).     Berdasarkan uji perbedaan rata-rata yang telah dilakukan terhadap efektivitas keberhasilan kepemimpinan dari kepala desa/ lurah dilihat dari perspektif gender nampak bahwa ternyata secara statistik tidak memberikan perbedaan yang signifikan (berarti)  dari kesemua komponen (ada lima faktor) yang diuji. Dari hasil temuan tersebut dapat diinterpretasikan bahwa sebenarnya kompetensi manajerial dari kepala desa atau kepala kelurahan laki-laki adalah tidak berbeda dengan kompetensi manajerial dari kepala desa atau kepala kelurahan perempuan. Sehingga sebaiknya peluang untuk menduduki jabatan sebagai pimpinan (baik politis maupun tidak politis) sudah selayaknya untuk diberikan kepada pihak yang mempunyai kompetensi manajerial dan strategi dengan tidak bias jepada masalah gendernya.
PENGARUH INFORMASI PRODUK, KESAN DAN ATURAN SOSIAL SERTA KESENANGAN TERHADAP OPTIMASI STRATEGI PERIKLANAN MELALUI APRESIASI IKLAN PADA PRODUK SABUN MANDI LUX DAN LIFEBUOY (STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA DI KOTA SEMARANG) Utaminingsih, Adiyati; Rahardjo, Daryono; Sulistyorini, Utami Tri
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 9, No 7 (2002): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1394.959 KB) | DOI: 10.14710/jbs.9.7.14-32

Abstract

Advertising is an important social phenomenon. It stimulates consump­ tion, economic activity, models life styles, and a certain value orientation. Consumers are confronted with subtantial daily doses of advertising in multiple media. Everyone seems to  hold an opinion about various aspects of advertising ranging from amusement and admiration to cynicism and condemnation.Most advertisers agree that optimal advertising strategy should consider qualitative factors, such as  audience involvement.  This paper examines the research on qualitiative factors and how to incorporate them into the optimization process. It is believed that such research is impor­ tant because better knowledge about qualitative viewing factors will improve the planning and optimization process.
PENGARUH KUALITAS MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA INDUSTRI MANUFAKTUR DI JAWA TENGAH Cahyono, Budhi; Sulistyo, Heru
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 9, No 7 (2002): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1296.36 KB) | DOI: 10.14710/jbs.9.7.76-91

Abstract

Quality revolution programs have position quality as main object. Corporates focus on continuous improvement and how to create cus­ tomer satisfaction continually. The other side, Berry and Rondinelli (1998) say that in the twenty first century indicated as a new revolution industry, especially in environmental management. This fact have make corporates must redefinition to their object, they not only exploiting human resources and natural resources, but also how they must responsibility to environ­ mental.This research is design to know the impact of Quality environmental management (OEM) practices to competitive advantage. The first hypoth­ esis focus the impact OEM on competitive advantage and the second hypothesis emphazises the impact of interaction OEM with corporate performance as moderating variable on competitive advantage. Data was collected by mail survey with object corporates that resistance on envi­ ronmental problem. Population are all corporate that resistance to envi­ ronmental problem and the research variabel are : quality environmental management, corporate performance and competitive advantage. Respond rate from quesionare that mailed reach 28% from total popula­ tion 150 corporates. All item in three variabel were measured by 5 point Ukert­scale (strongly disagre to strongly agree) and all items were valid. By alpha cronbach, all variables indicate reliable (OEM ­ 0, 7789, GP = 0, 8433, CA  = 0, 7827). This resuit indicate that quality environmental management has positive impact on competitive advantage. The other result indicate that interaction quality environment management and corporate performance (as moderating variable) has positive impact on competitive advantage
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK PERSEPSI KUALITAS LAYANAN UNTUK MENCIPTAKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH (STUDI EMPIRIS PADA KANTOR CABANG BRI SEMARANG-PATTIMURA) Suryanto, L; Sugiyanto, FX; Sugiarti, Sugiarti
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 9, No 7 (2002): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (987.246 KB) | DOI: 10.14710/jbs.9.7.33-46

Abstract

Semakin kompleks dan ketatnya persaingan dalam industri jasa perbankan telah memaksa para bankir untuk mencari strategi yang paling tepat guna memenangkan persaingan. Salah satu strategi untuk meraih kesukses:in dalam industri jasa perbankan  yaitu dengan cara menciptakan kepuasan nasabah. Karena dengan kepuasan yang semakin tinggi diharapkan nasabah akan menjadi semakin loyal, yaitu dengan terus mengunakan jasa perbankan pada ban.k yang bersangkutan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah adalah persepsi kualitas layanan, persepsi kualitas layanan itu sendiri dapat dibentuk melalui beberapa dimensi, antara lain citra atau reputasi, sarana pendukung fisik sistem operas!nya, kualitas jasa, serta interaksi karyawan dengan pelanggan. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structurai Equation Model (SEM), untuk menguji 5 (lima) hipotesis yang telah dikembangkan. Dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan hubungan yang positif antara persepsi kualitas layanan dengan kepuasan nasabah, persepsi kauliats layanan dengan reputasi, reputasi dengan kepuasan nasabah, reputasi dengan loyalitas nasabah, serta kepuasan nasabah dengan loyalitas nasabah. Hasil perhitungan untuk pengujian model menunjukkan hasil yang dapat diterima dengan menggunakan goodness of fit, yaitu GFI (Goodness of Fit Index),  AGFI (Adjusted Goodness of Fit Index), CFI (Comparative Fit Index), RMSEA (Root Mean Square Error of Approximation), TU (Tucker Lewis Index), dan CR (Critical Ratio).
DAYA SAING PEREKONOMIAN INDONESIA : PENGUKURAN DAN STRATEGI Sugiyanto, FX
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 9, No 7 (2002): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (751.896 KB) | DOI: 10.14710/jbs.9.7.92-101

Abstract

In a global wortd, nations compete ta sustain and increase their standard of living. For this reason, competitiveness is key factor of nation  to compete among them. There are many factors to measure nation com­ petWveness: economic performance, government efficiency, business efficiency and infrastructure. Each factor can breakdowfl to many criteria. Another factor of level of country's competitiveness determinant is  value system .  As a Max Weber's study, economic development of nations were correlated with culture of their people. Consequently, nations do not compete with products and service alone, but also with education and value systems. In  Indonesian case, there are many problems with economic competitive­ ness.. Lack of macroeconomic policies, beareucratric regidity, bad governance management and bad corporate  governance management are the major problems to improve economic competitiveness. Democratisation process will be a bridge to achieve high nation competitiveness. Maybe.
AKUNTABILITAS PUBLIK DALAM BINGKAI DEMOKRATISASI EKONOMI-POLITIK INOONESIA Triyuwono, Iwan
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 9, No 7 (2002): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1206.988 KB) | DOI: 10.14710/jbs.9.7.47-60

Abstract

Dalam konteks reformasi ekonomi (dan politik), diperlukan instrumen­instrumen yang cukup memadai untuk menciptakan demokrasi ekonomi yang benar­benar dapat dipertanggung­jawabkan.  Maka/ah ini mencoba untul< meridiskusikan sa!ah sritu instrumen yang disebutkan di atas, yaitu akuntanbilitas publik.  Analisis yang dilakukan di seputar pengertian akuntabilitas publik itu sendiri, jenis intormasi yang perlu diungkapkan (disclosed), process audit, lembaga audit, dan sasaran akuntabilitas. Analisis yang digunakan dalam makalah ini menggunakan pendekatan normatif­teoritis.  Dari hasil analisis dapat dirumuskan bahwa akuntabilitas publik meliputi: akuntabilitas etika (ethics accountability), akuntabilitas kebijakcn (policy accountcability), dan akuntabilitas kinerja (performance accountability).  lnformasi yang disajikan tidak terbatas pada informasi kuantitatif (moneter dan non­moneter), tetapi juga informasi kualitatif. lnformasi tersebut juga meliputi aspek ekonomi, sosial, budaya, dan politik sesuai dengan jenis akuntabilitas yang harus dipertanggung­ jawabkan oleh pemerintah.  Pada aspek auditing, yang ditekankan adalah pada aspek "proses, " bukan pada "hasil."  0leh karena itu, lembaga audit dalam melakukan tungsi ini adalah lembaga yang berkarakter independen dan professional dengan obyek yang diaudit - dalam pengertian proses ­ tidak terbatas pada aspek keuangan, tetapi ditekankan pada aspek etika dalam dimensi ekonomi, sosial, budaya, dan politik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2002 2002


Filter By Issues
All Issue Vol 34, No 1 (2025): July Vol 33, No 2 (2024): December Vol 33, No 1 (2024): July Vol 32, No 2 (2023): December Vol 32, No 1 (2023): July (Article in Press) Vol 32, No 1 (2023): July Vol 31, No 2 (2022): Desember Vol 31, No 1 (2022): Juli Vol 30, No 2 (2021): Desember Vol 30, No 1 (2021): Juli Vol 29, No 2 (2020): Desember Vol 29, No 1 (2020): Juli Vol 28, No 2 (2019): Desember Vol 28, No 1 (2019): Juli Vol 27, No 2 (2018): Desember Vol 27, No 1 (2018): Juli Vol 26, No 2 (2017): Desember Vol 26, No 1 (2017): Juli Vol 25, No 2 (2016): Desember Vol 25, No 1 (2016): Juli Vol 24, No 2 (2015): Desember Vol 24, No 1 (2015): Juli Vol 23, No 2 (2014): Desember Vol 23, No 1 (2014): Juli Vol 22, No 2 (2013): Desember Vol 22, No 1 (2013): Juli Vol 21, No 2 (2012): Desember Vol 21, No 1 (2012): Juli Vol 20, No 2 (2011): Desember Vol 20, No 1 (2011): Juli Vol 19, No 2 (2010): Desember Vol 19, No 1 (2010): Juli Vol 18, No 2 (2009): Desember Vol 18, No 1 (2009): Juli Vol 17, No 2 (2008): Desember Vol 17, No 1 (2008): Juli Vol 16, No 2 (2007): Desember Vol 16, No 1 (2007): Juli Vol 15, No 2 (2006): Desember Vol 15, No 1 (2006): Juli Vol 14, No 2 (2005): Desember Vol 14, No 1 (2005): Juli Vol 13, No 2 (2004): Desember Vol 13, No 1 (2004): Juli Vol 12, No 8 (2003): Desember Vol 11, No 8 (2003): Juli Vol 10, No 7 (2002): Desember Vol 9, No 7 (2002): Juli Vol 8, No 6 (2001): Desember Vol 7, No 5 (2001): Juli Vol 6, No 4 (2001): Juli Vol 5, No 3 (2000): Juli Vol 4, No 1 (1999): Juli Vol 3, No 2 (1999): Juli Vol 2, No 1 (1998): Juli Vol 1, No 1 (1997): Juli More Issue