cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2013): Mei" : 6 Documents clear
ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN INTI DAN KUALITAS LAYANAN PERIPHERAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UNTUK MENCIPTAKAN MINAT WORDS OF MOUTH YANG POSITIF PADA COMMERCIAL BANKING CENTER JAWA TENGAH PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK Jelita, Ronarata Novarina
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 12, No 1 (2013): Mei
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (898.364 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v12i1.107 - 120

Abstract

This research is done based on phenomena that occured because of research result differences (research gap) about customer satisfaction and positive words of mouth in marketing. Besides, there are also research problem about customer satisfaction that decrease in banking industy, impacting number of customers decrease too, so that company in banking industry must improving their service quality to increase customers satisfaction. The impact from good customers satisfaction will give a positive effects in a way to increase positive words of mouth recording with the aim to increase number of customers.Some condition and factor above were importance to be checked empirically and analyzed. Therefore the practitioner/managerial in banking industry can obtain facts to support them in making decision and good strategy for their company. This research is done by taking research object at one of business unit in PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, Commercial Banking Center Jawa Tengah, amounting to 164 customers within. With the number of 164 customers, very possibles to do a sensus to all of the customers, so that all of the customers become a respondense. Analysis technique that used to interpret and analyze data in this research is technique of Structural Equation Model (SEM) of software package AMOS.Result examination proven hypothesis that factors core service quality and peripheral service quality become positive effect of customers satisfaction, and futhermore customers satisfaction become positive effect of positive words of mouth. It is mean high significance of each other variables. As for model which is raised in this research can be accepted posed at by index according of TLI 0,983 and value of CFI 0,986, all have up to standard, although of AGFI 0,897 accepted by marginal.
ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS PERUSAHAAN, CITRA ENDORSER DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP MINAT BELI KARTU AS (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran) Haryono, Andi Tri
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 12, No 1 (2013): Mei
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1397.568 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v12i1.69 - 88

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model teoritis mengenai kesenjangan riset pada pengaruh citra endorser, dengan menambahkan variabel intevening top of mind, terhadap minat beli konsumen. Adapun objek penelitian yang dipilih dalam studi ini adalah produ kartu seluler "Kartu As". Sedangkan studi objek penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran, Semarang.Variabel-variabel yang diteliti dalam penelitian ini antar lain: variabel yang pertama adalah Kredibilitas Perusahaan, dengan indicator kejujuran perusahaan dalam memberikan informasi layanan atau produk, citra perusahaan, reputasi perusahaan. Kemudian variabel yang kedua adalah Citra Endorser, dengan indicator citra modern, citra humoris, citra komunikatif, dan citra karismatik. Kemudian variabel ke tiga adalah Daya Tarik Iklan, dengan indicator daya tarik story, daya tarik visualisasi, dan daya tarik kata dalam iklan. Sedangkan variabel intervening dalam penelitian ini adalah variabel Top of Mind dengan indicator: merek lebih diingat, merek lebih cepat diucapkan, merek sering diperbincangkan, dan merek akan dipertimbangkan. Sedangkan variabel dependent dalam penelitian ini adalah Minat Beli dengan indicator mencari informasi produk, mendatangi konter atau outlet, dan bertanya kepada penjual. Penelitian ini menggunakan Structrual Equation Modeling (SEM) yang dijalankan melalui program AMOS versi 18 sebagai alat analisis untui 231 responden. Model penelitian yang diajukan dapat diterima dengan asumsi nilai dari Standardized Residual Covariance tidak ada yang  melebihi kurang lebih 2,58 dan nilai determinant of sample covariance matrix = 1,124.Pengukuran terhadap konstruk eksogen dan endogen diuji menggunakan analisis faktor konfirmatori, kemudian uji kelayakan full model dianalisis menggunakan SEM, yang menghasilkan nilai Chi-square=131,366; probability=0,114; GFI=0,974; Cmin/DF=1,059; TLI=0.998; CFI=0.999; and RMSEA=0.027. Seluruh indeks kelayakan tersebut berada dalam rentang nilai yang diharapkan. Hasil dari temuan penelitian ini membuktikan dan memberi kesimpulan bahwa kredibiltas perusahaan citra endorser, dan daya tarik iklan yang semakin baik mampu meningkatkan top of mind kemudian akan mempengaruhi minat beli konsumen.
STUDI TENTANG PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN BATIK SKALA KECIL DAN MENENGAH DI PEKALONGAN Imawati, Ditha
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 12, No 1 (2013): Mei
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (941.226 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v12i1.1 - 14

Abstract

The level of batik sales is recognized by a number entrepreneurs of batik in Pekalongan increased in 2010 after a recognized batik as an Indonesian cultural heritage by UNESCO in late 2009. After that, batik sales decreased due to a lot of batik industries that have sprung up in other cities in Indonesia. This conditions makes each batik SMEs must be able to survive and develop their business.This study tried to analyze the effect of market orientation on capacity to innovate and new product performance and also the influence of both variables to improve the business performance. The sampling technique used in this study is the purposive sampling method. Respondents who used as many as 139 respondents are owners, managers, and owners as well as managers of small and medium-scale indrusties batik ini Pekalongan with a minimum age of 20 years.The test results of the five hypotheses prove there is a hypothesis that is rejected. Based on this research can be concluded that market orientation can enhance capacity to innovate and both of variables can improve the new product performance so as to achieve the business performance. While the capacity to innovate is not shown to affect the improvement of business performance. This study provides some limitations of the study and future research agenda that can be done on advanced research.
ANALISIS PENGARUH PROMOSI, EFEK KOMUNITAS, REPUTASI PERUSAHAAN, HARGA, DAN KOMPETENSI TENAGA MARKETING TERHADAP MINAT KONSUMEN MENGAMBIL KREDIT DI PT BPR WELERI MAKMUR SEMARANG Ramadhani, Aditia Fakhri
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 12, No 1 (2013): Mei
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1914.319 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v12i1.39 - 68

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh promosi, efek komunitas, reputasi perusahaan, harga, dan kompetensi tenaga marketing terhadap minat beli sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan. Permasalahan penelitian ini adalah mulai terjadinya penurunan jumlah nasabah kredit di PT BPR Weleri Makmur Semarang.Sampel dalam penelitian ini adalah para calon nasabah yang sedang mengajukan permohonan kredit di PT BPR Weleri Makmur Semarang, sejumlah 125 orang. Alat analisa data yang digunakan adalah regresi sederhana dengan menggunakan program SPSS.Hasil analisa data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian yang baik dan semua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah faktor promosi, efek komunitas, reputasi perusahaan, harga, dan kompetensi tenaga marketing secara signifikan berpengaruh terhadap minat beli dalam hal ini adalah minat mengambil kredit di PT BPR Weleri Makmur Semarang.
STUDI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BRAND IMAGE KOTA SEMARANG Hapsoro, Bayu Bagas
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 12, No 1 (2013): Mei
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.664 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v12i1.89 - 106

Abstract

Kota kini juga sudah dianggap sebagai produk, yang dapat diberi merek melalui pencitraan kota (City Branding). Hal ini semakin disadari, melihat perkembangan suatu kota, kini tidak hanya dilihat dari sisi fisik (tangible), namun juga telah berkembang ke sisi non fisik (intangible). Selain itu, dalam era otonomi daerah, Pemerintah Kota dituntut untuk mampu memenuhi sendiri APBD Kota, sehingga persaingan antar Pemerintah Kota,semakin tak terelakkan.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat atas daya tarik wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner terhadap Brand Image Kota Semarang. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan tiga buah hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan metode regresi dengan bantuan software SPSS 16. Responden yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari warga Kota Semarang yang berjumlah 109 responden.Model yang diajukan dapat diterima setelah asumsi-asumsi telah terpenuhi yaitu diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,661 yang berarti 66,1% perubahan variabel brand image Kota Semarang dijelaskan oleh perubahan variabel daya tarik wisata alam, daya tarik wisata dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
STUDI TENTANG POSITIVE WORD OF MOUTH PADA PERUSAHAAN JASA TRAINING PROVIDER (Studi Pada School of Life Palembang) Anugraheni, Dyah Titisari
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 12, No 1 (2013): Mei
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1498.899 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v12i1.15 - 38

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi terciptanya positive word of mouth melalui kualitas layanan, kepuasan pelanggan, corporate reputation, dan corporate trustworthiness. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode purposive sampling. Responden yang digunakan sebanyak 108 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dari paket software AMOS16.0. Hasil dan implikasi teoritis menunjukkan bahwa penelitian ini mendukung penelitian terdahulu mengenai hubungan antara variabel-variabel kualitas layanan, kepuasan pelanggan, corporate reputation, corporate trustworthiness dan positive word of mouth. Dengan demikian,  kualitas layanan baik melalui kepuasan pelanggan maupun corporate reputation dan corporate trustworthiness, secara tidak langsung berpengaruh secara signifikan terhadap positive word of mouth.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 24, No 2 (2025): September Vol 24, No 1 (2025): Mei Vol 23, No 3 (2024): Desember Vol 23, No 2 (2024): September Vol 23, No 1 (2024): Mei Vol 22, No 3 (2023): Desember Vol 22, No 2 (2023): September Vol 22, No 1 (2023): Mei Vol 21, No 3 (2022): Desember Vol 21, No 2 (2022): September Vol 21, No 1 (2022): Mei Vol 20, No 3 (2021): Desember Vol 20, No 2 (2021): September Vol 20, No 1 (2021): Mei Vol 19, No 3 (2020): Desember Vol 19, No 2 (2020): September Vol 19, No 1 (2020): Mei Vol 18, No 3 (2019): Desember Vol 18, No 2 (2019): September Vol 18, No 1 (2019): Mei Vol 17, No 3 (2018): Desember Vol 17, No 2 (2018): September Vol 17, No 1 (2018): Mei Vol 16, No 3 (2017): Desember Vol 16, No 2 (2017): September Vol 16, No 1 (2017): Mei Vol 15, No 02 (2016): September Vol 15, No 01 (2016): Mei Vol 15, No 3 (2016): Desember Vol 14, No 3 (2015): Desember Vol 14, No 2 (2015): September Vol 14, No 1 (2015): Mei Vol 13, No 3 (2014): Desember Vol 13, No 2 (2014): September Vol 13, No 1 (2014): Mei Vol 12, No 3 (2013): Desember Vol 12, No 2 (2013): September Vol 12, No 1 (2013): Mei Vol 11, No 3 (2012): Desember Vol 11, No 2 (2012): September Vol 11, No 1 (2012): Mei Vol 10, No 3 (2011): Desember Vol 10, No 2 (2011): September Vol 10, No 1 (2011): Mei Vol 9, No 3 (2010): Desember Vol 9, No 2 (2010): September Vol 9, No 1 (2010): Mei Vol 8, No 3 (2009): Desember Vol 8, No 2 (2009): September Vol 8, No 1 (2009): Mei Vol 7, No 3 (2008): Desember Vol 7, No 2 (2008): September Vol 7, No 1 (2008): Mei Vol 6, No 3 (2007): Desember Vol 6, No 2 (2007): September Vol 6, No 1 (2007): Mei Vol 5, No 3 (2006): Desember Vol 5, No 2 (2006): September Vol 5, No 1 (2006): Mei Vol 4, No 3 (2005): Desember Vol 4, No 2 (2005): September Vol 4, No 1 (2005): Mei Vol 3, No 3 (2004): Desember Vol 3, No 2 (2004): September Vol 3, No 1 (2004): Mei Vol 2, No 3 (2003): Desember Vol 2, No 2 (2003): September Vol 2, No 1 (2003): Mei Vol 1, No 3 (2002): Desember Vol 1, No 2 (2002): September Vol 1, No 1 (2002): Mei More Issue