cover
Contact Name
Miftahul Fikri
Contact Email
miftahulfikrisiwa@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
ISSN : 25035282     EISSN : 25030971     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal merupakan Jurnal Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang bertujuan untuk mewadahi para dosen, para peneliti dan pendidik Agama Islam di sekolah/madrasah dalam mempublikasikan hasil penelitian mereka di bidang pembelajaran PAI.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2016): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal" : 8 Documents clear
Efektivitas Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kania Dana Utami
Jurnal al-Thullab Vol 1, No 2 (2016): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v1i2.2523

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model Learning Cycle 5Edalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Nonquivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes.  Adapun instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar berupa pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis mengunakan analisis stastistik dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persentase ketuntasan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas eksperimen dan kelas kontrol  sebesar 3,33% dan  96,67% dinyatakan tidak tuntas. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model learning cycle 5E di kelas eksperimen dapat dilihat dari hasil pesrsentase observasi yang dilakukan bahwa rata-rata ketercapaian kegiatan tahapan proses pembelajaran yang dilakukan guru sebesar 76,86%, dan peserta didik 75,31%. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan berhasil dengan baik. Perolehan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 88,3 dan kelas control 76,67. Analisis data dari kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh t-hitung 4,73 dan t table pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,02 maka t hitung > t table. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model learning cycle 5E efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
HUBUNGAN SIKAP SISWA TERHADAP PERHATIAN ORANG TUA KARIR DENGAN PRESTASI KOGNITIF MEREKA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SEKOLAH (Penelitian terhadap Siswa Kelas VII di SMP Karya Budi Bandung) Laela Nurjalilah
Jurnal al-Thullab Vol 1, No 2 (2016): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v1i2.2539

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMP Karya Budi Bandung yang kedua orang tuanya karir. Disatu sisi, orang tua mereka sudah cukup memberi perhatian kepada anak-anaknya, untuk semangat belajar hingga berprestasi. Mestinya, anak-anak mereka merespon positif dengan menunjukan semangat belajar untuk mencapai prestasi yang baik. Namun pada kenyataanya dilain sisi menunjukan hal yang belum menggembirakan, belajar mereka belum optimal. Timbul persoalan: mengapa hal itu terjadi?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) realitas sikap siswa terhadap perhatian orang tua karir yang diberikan kepada anak-anaknya, (2) realitas prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI, dan (3) realitas hubungan sikap siswa terhadap perhatian orang tua karir yang diberikan kepada anak-anaknya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI.Penelitian ini  bertolak dari hipotesis yang menyatakan bahwa semakin positif sikap siswa terhadap perhatian orang tua karir, semakin baik pula prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian kuantitatif, metodenya deskriptif, yang digunakan untuk menganalisis fenomena empirik yang terjadi pada masa sekarang dengan cara melukiskan hasil penelitian apa adanya. Sampelnya 32 orang siswa SMP Karya Budi Bandung. Teknik pengumpulan datanya dengan Observasi wawancara, angket, tes. Proses analisisnya dilakukan secara parsial dan korelasional.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa terhadap perhatian orang tua karir diberikan kepada anak tidak berkorelasi dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dengan derajat pengaruh  variabel X terhadap variabel Y sebesar 5% sedangkan 95% lagi dipengaruhi oleh faktor lain , selain faktor sikap siswa terhadap perhatian orang tua karir. 
Nilai-Nilai Pendidikan dalam Kisah Nabi Ayub As. (Tafsir Q.S. Shad Ayat 41-44) Ruslandi Ruslandi
Jurnal al-Thullab Vol 1, No 2 (2016): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v1i2.3244

Abstract

Ketabahan dan kesabaran Nabiyullah Ayub dalam menghadapi berbagai ujian Allah abadikan dalam Q.S. Shad ayat 41-44, yang bisa dijadikan sebagai suri tauladan bagi umat islam pada umumnya agar senantiasa memegang teguh dalam keimanannya kepada Allah Ta’ala. Meskipun seluruh kekayaan, harta benda, anak dan keturunannya Allah uji dengan begitu banayak tetapi Nabiyullah senantiasa berserah diri kepada Allah SWT., karena ia yakin bahwa segala apa yang ia miliki hanyalah titipan dari pada-Nya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Konsep nilai-nilai pendidikan secara umum 2) Pendapat para mufassir tentang Q.S. Shad ayat 41-44 3) Nilai-nilai pendidikan dalam kisah Nabi Ayub As. berdasarkan Q.S. Shad aat 41-44.Secara umum penelitian ini menggunakan metode penelitian dan teknik pengumpulan data Library Research serta metode deskriptif yakni dengan mengutif pendapat dari beberapa buku-buku tafsir yang kemudian dijelaskan dengan mengambil kesimpulan dari buku-buku tersebut. Serta teknik pengumpulan data dokumetasi, yaitu proses melihat kembali sumber-sumber data dari dokumen yang ada dan dapat digunakan untuk memperluas data-data yang telah ditemukan. Adapun sumber data dokumen yang dapat diperoleh dari lapangan berupa buku, arsip, majalah, serta dokumen-dokumen yang berhubungan dengan fokus penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) Nilai merupakan suatu konsep keyakinan seseorang terhadap sesuatu yang dipandang berharga olehnya yang mengarahkan kepada tingkah laku seseorang dalam kehidupannya sehari-hari sebagai makhluk hidup yang bermasyarakat, dan menjadikannya dasar keyakinan dalam bertindak untuk menentukan apakah tindakan itu benar atau salah. 2) Tafsiran Q.S. Shad ayat 41-44 merupakan suatu ikhtilaf para ulama tafsir yang memiliki perbedaan penafsiran terhadap Q.S. Shad ayat 41-44 yang menjabarkan tentang kisah Nabi Ayub As. 3) Nilai Pendidikan yang dapat diambil dari Q.S. Shad ayat 41-44 yakni: penghambaan diri  kepada Allah, sikap ketergantungan kepada Allah, Larangan mengingkari janji, serta kesabaran dalam menghadapi ujian. Kata Kunci:          Nilai, Pendidikan, Nabi Ayub As, Al-Qur’an
Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Diki Ibrahim
Jurnal al-Thullab Vol 1, No 2 (2016): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v1i2.2525

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang menunjukkan kurangnya rasa percaya diri siswa untuk dapat aktif, menjelaskan materi, dan menyimpulkan apa yang telah dipelajari. Kondisi pembelajaran yang tidak kondusif, menyebabkan kurangnya aktivitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran brain based learning, realitas aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional serta pengaruh model pembelajaran brain based learning terhadap aktivitas belajar siswa di kelas VIII SMPN 2 Cileunyi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian Quasi Experiment. Model pembelajaran Brain Based Learning merupakan model pembelajaran yang menyelaraskan pembelajaran sesuai dengan kinerja otak siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran brain based learning pada kelas eksperimen diinterpretasikan tinggi, hal tersebut didapatkan dari hasil aktivitas belajar siswa sebesar 3,70. Sementara itu hasil aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol diinterpretasikan sedang, hal tersebut didapatkan dari hasil aktivitas belajar siswa sebesar 2,92. Adapun pengaruh tersebut sesuai dengan hasil perhitungan N-gain yaitu sebesar 0,56, angka tersebut termasuk pada kategori sedang yang berarti pengaruh model pembelajaran brain based learning terhadap aktivitas belajar siswa memiliki pengaruh yang sedang.
IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN ASSURE MODEL PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN MATERI SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN UMAYYAH DAN ABBASIYAH Tessa Qoriah Rasidi
Jurnal al-Thullab Vol 1, No 2 (2016): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v1i2.2953

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran ASSURE dapat menjadi alternative desain pembelajaran khususnya di SMP Muhammadiyah 8 Arjasari, karena guru seacara utuh mempersiapkan pembelajan dengan analisis karakter siswa, menentukan tujuan dan kompetensi siswa, memilih teknologi, metode, materi, dan media, siswa memanfaatkan teknologi, guru dan siswa berpartisipasi dalam pembelajaran tersebut dan evaluasi untuk revisi untuk pembelajaran yang lebih baik.
PENGARUH PERILAKU TERPUJI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU SHOFIYATUL HUDA SUKARESMI Adi Rosadi
Jurnal al-Thullab Vol 1, No 2 (2016): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v1i2.2933

Abstract

ABSTRACTTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) realitas perilaku terpuji siswa, realitas prestasi belaajar siswa, pengaruh perilaku terpuji siswa terhadap prestasi belajar. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 61 dan merupakan sampel seutuhnya dari populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angkat dan tes. Instrumen dikembangkan oleh peneliti sendiri dari konstruksi teori dengan variabel perilaku terpuji siswa terdiri dari 15 pernyataan dan data prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdiri dari 15 tes pertanyaan.  Hasil penelitian yaitu realitas perlaku terpuji siswa positif, hal ini didaapatkan nilai perhitungan rata-rata= 3, 94, angka ini termasuk kategori tinggi, karena berada pada rentang nilai 3,5 – 4,5. Sedangkan realitas prestasi belajar siswa adalah 84,02, hal ini menunjukkan bahwa kualifikasi baik sekali karena berada pada interval 80-100. Adapun untuk keterkaitan keduanya yakni pengaruh perilaku terpuji siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam  mempunyai kategori sedang dengan nilai 0,46 berada pada rentang  0,40-0,70. Adapun untuk nilai  thitung = 3,96 lebih besar dibandingkan  ttabel =1,67 menyatakan bahwa hipotesis nol yang menyatakan tidak ada pengaruh perilaku terpuji siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ditolak. Angka koefisien korelasi mempunyai kadar pengaruh 11%.
penerapan model pembelajaran tipe teams games tournament untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta PAI materi Ekonomi Islam N Nurhasanah
Jurnal al-Thullab Vol 1, No 2 (2016): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v1i2.2929

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karawang. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus penelitian. Setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, soal pre test dan post test . Hasil penelitian diperoleh analisis tingkat aktivitas belajar setelah penerapan metode TGT pada siklus I pertemuan pertama, presentase aktivitas belajar siswa sebesar 66%, termasuk kategori cukup. Pada siklus I pertemuan kedua aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 71%, termasuk kategori tinggi namun belum mencapai kriteria keberhasilan. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama, presentase keaktifan belajar siswa mencapai 72%, kategori tinggi. Dan pada siklus II pertemuan kedua, presentase aktivitas belajar siswa sebesar 85% termasuk kategori sangat tinggi dan telah mencapai kriteria keberhasilan. Peningkatan rata-rata nilai dari pra siklus ke siklus I yaitu dari 67,8 menjadi 75,9 sedangkan pada siklus II 78,4.  Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan inovatif diharapkan mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
METODE PENDIDIKAN YANG EFEKTIF BAGI ANAK DIDIK MENURUT AL QUR’AN: ANALISIS AYAT-AYAT AL QUR’AN Muhammad Rijaal Qurotul'uyun
Jurnal al-Thullab Vol 1, No 2 (2016): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v1i2.2847

Abstract

Tanggung jawab yang besar untuk mendidik seorang anak terdapat pada kewajiban seorang pendidik, baik tanggung jawab yang berhubugan dengan keimanan maupun akhlak, intelektual maupun fisik, mental maupun sosial. Betapa gembiranya para orang tua dan pendidik lainnya ketika mereka dapat memetik hasil yang baik di masa depan sebagai buah dari usaha mereka. Namun apakah cukup bagi pendidik untuk mengemban berbagai tanggung jawab tersebut dan melaksanakan semua kewajibannya? Setelah itu, ia menganggap dirinya telah lepas beban dalam melaksanakan tugasnya. Ataukah ia harus memperhatikan metode dalam mendidik dan terus mencari kesempurnaan dalam mendidik? Jawabannya sudah dapat dipastikan bahwa seorang pendidik yang baik akan selalu mencari metode dan sarana pendidikan yang sangat berpengaruh dalam pembentukan akidah dan akhlak anak didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8