cover
Contact Name
Andes Fuady
Contact Email
andes@um-tapsel.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
ISSN : 25413775     EISSN : 25489402     DOI : -
Core Subject : Education,
LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, linguistik, dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Artikel yang dimuat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan kepustakaan.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Lingustik Vol.1 N0.1 Juli-Desember 2016" : 11 Documents clear
THE USE OF CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)METHOD TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING MASTERY AT THE GRADE XI SMK NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN Happy Sri Rezeki Purba
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Lingustik Vol.1 N0.1 Juli-Desember 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.703 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v1i1.%p

Abstract

The researcher interviewed teacher of English about speaking mastery of students at the grade XI administration and teacher of English divide to into three category low quality were S and N, middle quality were DP and R and high quality were NN and NHL.After that the researcher observation six students to know their speaking mastery, the researcher gave some questions in English but students with low ability could not answered and just smile, then, students with middle ability could responded however combine English and Indonesian language and the last students with high ability could responded with English language.The researcher helped students to improve their speaking mastery using Contextual Teaching Learning (CTL) Method and used Cinderella text to know the result of this method especially about their pronunciation, grammar, intonation and vocabulary.
PENGARUH PENGUASAAN DIKSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS GAYA BAHASA METAFORA DALAM WACANA SISWA KELAS XI SMA NEGERI I ANGKOLA BARAT Nur Afifah
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Lingustik Vol.1 N0.1 Juli-Desember 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.278 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v1i1.%p

Abstract

Pengaruh Psenguasaan Diksi terhadap Kemampuan Menganalisis Penggunaan  Gaya Bahasa dalam Wacana Narasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat. Masih banyak  siswa yang cenderung belum mampu menguasai diksi dengan tepat dan kurang  mampu menemukan gaya bahasa metafora yang terdapat dalam wacana narasi tersebut.                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana  pengaruh penguasaan diksi terhadap kemampuan menganalisis penggunaan gaya bahasa metafora dalam wacana siswa kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat  yang berjumlah 160 siswa . Dari populasi ini diambil sampel secara acak/random sebesar 25% yaitu sebanyak 40 siswa.Untuk menjaring kedua data digunakan instrument tes penguasaan diksi dan kemampuan menganalisis penggunaan gaya metafora dalam wacana narasi. Kedua tes objektif berbentuk pilihan berganda masing-masing sebanyak 25 soal. Untuk mengetahui hubungan kedua variabel Y digunakan rumus koefisien determinasi r2..                Simpulan dari hasil penelitian mennyatakan bahwa nilai rata-rata penguasaan diksi adalah 72 kriteria Baik (tuntas), kemampuan menganalisis penggunaan bahasa metafora dalam wacana narasi adalah 70,25, sisanya ,2% pengaruh dari faktor lain. Rendahnya kemampuan siswa ini boleh jadi disebabkan oleh penggunaan instrument tes yang tidak maksimal dan tidak terpantaunya keseriusan siswa menjawab tes sehingga boleh jadi siswa hanya menduga-duga jawabannya. atau mungkin ada kondisi lain siswa jarang berlatih tentang diksi dan gaya bahasa metafora atau memang tidak ada diajarkan oleh guru.
Descriptive Study on Students' Grammar Ability in Writing Recount Text Ayu Amelia Lihawa; Sri Widyarti Ali; Fahira Malabar
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Lingustik Vol.1 N0.1 Juli-Desember 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.073 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v1i1.%p

Abstract

The objective of this research is to identify the students’ grammar ability in writing recount text. The grammar is limited on the use of past tense, especially in using past verb. The Subjects of this research are the students in class X IPA 3 of SMA NEGERI 1 GORONTALO that consist of 20 students. The method of this research is qualitative method. The result of this research presents the students' correct verb in using past verb in recount text. As the result, the total of students’ correct verbs is 157 with percentage 61% and the total of students incorrect verbs are 101 with percentage 39%. Therefore, the percentage of students’ ability is 61% and can be classified into high level in intensity 61% - 80%. Hence, it is suggested that the school and teachers should provide the appropriate method or strategy which can support the learning process to improve students' motivation and interest in writing recount text.
Error Analysis in using Personal Pronoun Mastery At the first semester of English Department Syamsiah Depalina Siregar
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Lingustik Vol.1 N0.1 Juli-Desember 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.36 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v1i1.%p

Abstract

English Department students need to be aware not only of their present and of future, but also the difficulties and problems they possess concerning the knowledge of general English. Especially in using the one of part of speech, it is the foundation in mastering English. It called with pronoun. The aim of the study was to collect and analyze students’ errors as markers that would point to the areas of pronoun where additional teaching and instruction is needed in order to be able to participate in the course of grammar itself. The study was carried out in 2015 at the Faculty of teacher and training, English Department in UMTS included 38 first-year students. It relies on data obtained from grammar-based placement test and from conversations with the students. Although an intermediate level of general English is necessary for participating in the course of grammar, the results show that there are areas of language that present problems to the students and need to be particularly emphasized and practiced. Students’ errors and comments on their problems may serve as useful diagnostic markers. Using these data, along with information obtained in direct communication with the students, the lecturer may develop a plan, which would help broaden the knowledge and enable the students to become more confident in professional communication in English. It is very important and useful to take advantage of the agriculture context because it presents a source of great motivation for the students.
Models of English Songs Textbook in Primary and Junior High School Students Rahman, Abdul
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Lingustik Vol.1 N0.1 Juli-Desember 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.141 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v1i1.%p

Abstract

 Language as system of meaning is unique based on text and context, especially children’s song. Children’s song must be created funny by simple structure and simple language development. In fact, in children’s song textbook in English is found inappropriate development of ideas. However, the text such children’s song is affected by social context to create and to comprehend the message.The objective of this study is to identify how are the development of ideas structures of the songs, to describe what type of development of idea is dominantly used in children’s song textbook both primary and junior high school English textbook. This study is based on descriptive and qualitative designs which focus on the naturalistic of the data. The analysis is conducted by describing the data. There are 4 (four) songs for each school textbook as the data source.The data analysis reveals that development of ideas such the uses of simple sentences, words, clauses and phrases are dominantly used. They imply that children’s songs convey the most interesting information to attract the listeners in written by simple structure, the choice of the pattern is influenced by the development of the ideas and the information is simple and easier to get the message.
VERBA LOKATIF DALAM KALIMAT TUNGGAL BAHASA JAWA (Kajian Struktur Sintaksis) Bayu Indrayanto
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Lingustik Vol.1 N0.1 Juli-Desember 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.632 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v1i1.%p

Abstract

Verba lokatif dalam kalimat tunggal bahasa Jawa (kajian struktur sintaksis) dianalisis dari sisi bentuk, fungsi, dan peran.Bentuk verba lokatif dalam kalimat tunggal bahasa Jawa dapat berupa monomorfemis dan polymorfemis.Verba lokatif bahwa sifat nomina lokatif yang mengikuti verba lokatif inheren, bersifat intrinsik; nomina lokatif yang mengikuti verba lokatif takinheren, bersifat takintrinsik.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R ( SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW ) TERHADAP KEMAMPUAN KEMAMPUAN MERESENSI CERPEN “REMBULAN DI MATA IBU” KARYA ASMA NADIA OLEH MAHASISWA SEMESTER III UMTS PADANGSIDIMPUAN eli marlina; khatib Lubis
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Lingustik Vol.1 N0.1 Juli-Desember 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.182 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v1i1.%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model pembelajaran SQ3R  (survey, question, read, recite, review)Terhadap Kemampuan Kemampuan meresensi cerpen “Rembulan di Mata Ibu” karya Asma Nadia Oleh Mahasiswa semester III UMTS Padangsidimpuan Tahun Akademik 2015-2016. Penelitian ini di laksanakan di UMTS Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini, penenliti menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskripsi. Dengan jumlah populasi sebanyak 45 mahasiswa yang terdiri dari Satu kelas. Sampel yang ambil dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 3 yang berjumlah 45 mahasiswa. Alat pengumpulan data digunakan angket dan tes essay. Teknik analisis data  menggunakan rumus product momend oleh Person. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan model pembelajaran SQ3R di semester III UMTS padangsidimpuan dapat dikategorikan “Baik”, sesuai dengan nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa yaitu, 79,89. Kemampuan kemampuan meresensi cerpen “Rembulan di Mata Ibu” karya Asma Nadia mahasiswa semester III UMTS Padangsidimpua dikategorikan “Amat Baik”. Hal ini dapat dilihat dengan skor rata-rata yang diperoleh mahasiswa, yaitu 89. Pengaruh Model pembelajaran SQ3R  (survey, question, read, recite, review) Terhadap Kemampuan Kemampuan meresensi cerpen “Rembulan di Mata Ibu” karya Asma Nadia Oleh Mahasiswa semester III memiliki korelasi lemah atau rendah, dapat dilihat dari hasilnya sebesar 0.289. Dengan demikian dalam penelitian ini berada ditingkat korelasi lemah atau rendah.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK – PAIR – SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK CERPEN PADA SISWAKELAS X SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN Ahmad Yamin Hasibuan
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Lingustik Vol.1 N0.1 Juli-Desember 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.662 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v1i1.%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana gambaran model pembelajaran think–pair–share (TPS) siswa kelas X SMA N 8 Padangsidimpuan, melihat sejauh mana gambaran kemampuan memahami unsur intrinsik cerpensiswa kelas X SMA N 8 Padangsidimpuan, dan melihat apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran think-pair-share (TPS) terhadap kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen siswa kelas X SMAN 8 Padangsidimpuan.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakanmetode deskriptif. Sumber data berasal dari responden atau sampel penelitian yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik angket ( kuesioner) dan tes. Teknik angket (kuesioner)untuk mengumpulkan data model pembelajaran think–pair–share (TPS) dan tes untuk mengumpulkan data kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen. Hasil penelitian ini adalah melalui perhitungan diperoleh rhitung =  0,823, jika angka indeks korelasi tersebut dibandingkan dengan rtabel Product pada taraf kepercayaan 95% atau dengan tingkat kesalahan 5% derajat kebebasan df = N – nr = 150 – 2 = 148 (Konsultasi Tabel Nilai “r” Product Moment). Ternyata dalam tabel tidak dijumpai df sebesar 148, karena itu dipergunakan df yang terdekat, yaitu 150. Dengan df sebesar 150, diperoleh rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,159. Jika dibandingkan nilai rhitung dengan rtabel maka dapat disimpulkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,823 > 0,159. Hal ini berarti hipotesis diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran think-sair-share(TPS)dengan kemampuan memahami unsur intrinsik cerpenpada siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan.
Fenomena Kalimat Transformasi Tunggal Bahasa Angkola (Kajian Teori Pendeskripsian Sintaksis) Husniah Ramadhani Pulungan; Sumarlam Sumarlam
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Lingustik Vol.1 N0.1 Juli-Desember 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.758 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v1i1.%p

Abstract

Bahasa Angkola merupakan salah satu sub suku Batak yang memiliki pola inversi dalam pembentukan kalimat. Hal ini terjadi karena deep structure speech communitynya sangat bergantung pada predikat. Mayoritas masyarakat Angkola menggunakan verba atau frasa verba di awal kalimat dalam berkomunikasi sehari-hari. Namun ada juga yang tidak seperti demikian walau jumlahnya terbatas. Kali ini data yang akan dianalisis adalah kalimat tunggal transformasi bahasa Angkola (yang frasa verbanya bermorfem terikat {mar-} ‘ber-’) dengan tujuh jenis kalimat tunggal transformasi bahasa Indonesia. Dengan demikian akan terlihat perbedaan rumusan kaidah berdasarkan fenomena yang telah ditemukan, seperti tidak terdapat pemasifan dan perintah dari transformasi kalimat tunggal tersebut. Karena itu bahasa Angkola dapat dipahami sebagai bahasa yang deep structurenya straight to the point dan memiliki ideosinkretis tersendiri.
THE USE OF THINK PAIR SHARE METHOD IN TEACHING ENGLISH TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING MASTERY AT THE GRADE XI OF SMK NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN Apriyanti Hasibuan
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Lingustik Vol.1 N0.1 Juli-Desember 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.962 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v1i1.%p

Abstract

This research deals with analysis the use of think pair share method could be improved students’ mastery in speaking English. The sources of data was the grade XI TKJ-1 SMK Negeri 1 Padangsidimpuan, which consisted of six students as the participants.The participants were divided into three groups; the first group (2 student) was the high ability. The second group (2 students) was the middle ability. The third group (2 students) was low ability. This research used qualitative method with descriptive analysis technique. The purpose of this research to know the using of think pair share method to improve students’ speaking mastery at the grade XI of SMK Negeri 1Padangsidimpuan which usefull to make students comfort to express their ideas and enjoy to communicate in English.

Page 1 of 2 | Total Record : 11