cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Attazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020)" : 12 Documents clear
STUDI LITERATUR MANAJEMEN RISIKO HUKUM Yanuardin Yanuardin
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.268 KB)

Abstract

Abstract: The bank as a financial institution that serves as a intermediary in its operational activitiesis not separated from the risks faced, the higher the risk, the more possible the profitability of abank. Sharia banks must have a range of preparation and strategy in risk management, starting fromthe goal setting phase and risk management strategy, identification, measurement and mitigationrisks, supervision, and the implementation of the risk management. According to PBI regulation No.13/25/PBI/2011 On the implementation of risk management for sharia banks and sharia businessunits, the risk is as potential as potential loss due to a particular perinstiwa. Legal risk is a risk arisingfrom lawsuits and the weakness of the juridical aspect is caused by the weakness of the Bank’salliance and the absence or change of regulation of banking invitation legislation. The Bank mustidentify and control the legal risks found in each of its functional activities.Keywords: Risk Management, Literature Study
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID ANAK USIA DINI SELAMA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASES 2019 (Studi Kasus di Raudatul Atfal Al Musabbihin Komplek Tasbi Medan) Saftian Cahyadi Hsb, Maimunah Wirdani, Andriani Br Lubis, Dasriannur
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkata hasil belajar pada saat pandemi covid 19 yang dilakukan lembaga pendidikan Raudatul Atfal Al Musabbihin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini adanya peningkatan hasil belajar pada masa covid 19.Keyword: Proses, Belajar dan Daring.
UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK USIA DINI SELAMA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 19 (Studi Kasus di Raudatul Atfal Tarbiyah Islamiyah Medan Maimun) Amar Tarmizi, Sapratul Laila, Tri Nurmala Sari, Leila Indiani Harahap
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memontret informasi terkait dengan proses pembelajaran jarak jauh (daring) pada saat pandemi covid 19 yang dilakukan lembaga pendidikan Raudatul Atfal Tarbiyah Islamiyah Medan Maimun,  dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Hasil dari penelitian ini adalah masih adanya kendala di lapangan dalam proses pembelajaran jarak jauh, karena banyaknya guru atau orang tua siswa kurang memahami alat-alat pembelajaran edukasi Informasi dan Teknologi.Keyword: Daring, Proses Pembelajaran dan Pandemi
POLA PEMBELAJARAN DI RAUDHATUL ATFAL FAJAR SHIDDIQ MEDAN (Studi Kasus Selama Masa Pandemi Corona Virus Diseases 2019) Asmidar Parapat, Okta Vauzia, Emelia Susanti, Samsidar
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui pola pembelajaran masa normal dan pandemi covid 19, dan teori pembelajaran seperti apa yang dilaksanakan oleh Raudatul Atfal Fajar Shiddiq Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini Raudhatul Atfal Fajar Shiddiq melaksanakan pola pembelajaran guru dan media sebagaimana yag di ambil dari teorinya Moris, dan selanjutnya teori pembelajaran humanistik dan kontruktivisme.Keyword: Daring, Model Pembelajaran dan Pandemi
INVESTIGATING THE DESCRIPTIVE WRITING MASTERY USING PASSIVE SENTENCES (A Case Study At Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi In English Department) Miftahul Khairani, Fridiyanto
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: the issue of English teaching is always an important one and it will continue to be one of the dominant points in education problems. Through qualitative method, this study aimed to explore the investigating about students’ mastery in descriptive writing specifically in using passive sentences. The data were collected by test, observation, and in-dept interview with English lecturer and English program in Islamic state university Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. The results of the data analysis revealed that many students are not mastery in descriptive writing in using passive sentences. The findings show that passive sentences are not discussed specifically in the classrooms. Recommendation for English subject to make a lesson plan about passive sentences and practice them in a scientific writing.Keywords: Passive sentences, Descriptive writing, English teaching
KODIFIKASI AL-QUR’AN (Gagasan dan Tantangan Dasar-dasar Teori Pendidikan dan Hukum Islam) Arminsyah Arminsyah
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Al-Qur’an adalah kitab petunjuk dan anugrah termulia untul kebaika alam semesta. Pada abad permulaan kebangkitan umat Islam, satu-satunya kekuatan yang dimiliki pemeluknya adalah Al-Qur’an dan Sunnah Nabi. Sehingga pada masa itu Islam menampakkan satu kekuatan lahir batin yang menggerakkan pemeluknya memiliki suatau kematangan intelektual dan tingkat penghayatan spiritual yang tinggi. Dan merupakan mukjizat Islam yang abadi dimana semakin maju ilmu dan pengetahuan, semakin tampak validitas kemukjizatannya. Al-Qur’an merupakan sumber yang otentik dan yang pertama dijadikan pedoman bagi pembentukan hukum syari’at Islam. Dan merupakan wahyu ilahi yang benar dan abadi yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Maka dengan keotentikan dan kedudukannya sebagai sumber utama hukum Islam menutut kita umat Islam untuk mengkaji dan mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Al-Qur’an. Dalam pembahasan makalah ini akan memaparkan dan menguraikan mengenai : Definisi kunci- kunci istilah Qur’an, Asal usul pengkajian Qur’an dalam komunitas muslim awal, pendekatan-pendekatan utama dalam studi Qur’an, Metodologi tafsir Qur’an dan tokoh-tokoh yang berpengaruh dan karya-karya dalam studi Qur’an, Perkembangan modern dan karya-karya referensi dalam studi Qur’an, Studi Qur’an dikalangan Orientalis, serta kritik analisis terhadap kajian orientalis.Kata Kunci: Kodifikasi, Pendidikan dan Hukum Islam
PENAFSIRAN HUKUM DALAM PROSES PERUBAHAN SOSIAL (Sebuah Kajian Perspektif Metodologi Hukum Islam) Sulhi Muhmad Daud
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Hukum Islam di samping memiliki fungsi sebagai kontrol sosial juga memiliki fungsi sebagai alat perubahan sosial. Untuk itu, hukum Islam harus memiliki sifat yang elastis dalam menghadapi perubahan-perubahan sosial yang membutuhkan kepastian hukum. Dalam menghadapi atau menjawab dan mengantisipasi problem-problem sosial secara kontekstual, hukum Islam menawarkan konsep metodologi penalaran hukum Islam dengan menggunakan tiga pola yaitu pola bayânî, pola ta’lîlî, dan pola istishlâhî. Pola ta’lîlî (penentuan illat atau faktor hukum) akan digunakan apabila pola bayânî (kajian semantik) dirasa kurang menjangkau tujuan hukum. Demikian pula pola istishlâhî (pertimbangan kemaslahatan atau kepentingan umum) baru digunakan apabila pola bayânî dan pola ta’lîlî dirasa kurang menjakau tujuan hukum. Ketiga pola inilah yang mendasari kajian hermeneutika dalam hukum Islam sebagaimana akan dibahas dalam ulasan tulisan ini. Kata Kunci:  Perubahan Sosial, Metodologi Hukum Islam. Abstract: Islamic law in addition to having a function as social control also has a function as a tool of social change. For this reason, Islamic law must have an elastic nature in the face of social changes that require legal certainty. In confronting or answering and anticipating social problems contextually, Islamic law offers the concept of islamic legal reasoning methodology using three patterns: the bayânî pattern, ta'lîlî pattern, and istishlâhî pattern. The pattern ta'lîlî (determination of illat or legal factors) will be used when the bayânî pattern (semantic study) is considered to lack the purpose of the law. Similarly, the istishlâhî pattern (consideration of welfare or public interest) is only used when the bayânî pattern and ta'lîlî pattern are perceived to lack the purpose of the law. These three patterns are the basis of the study of hermeneutics in Islamic law as discussed in this review of the paper.Keywords: Social Change, Methodology of Islamic Law.
IMPLEMENTATION OF CRITICAL INCIDENT TYPE ACTIVE LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION SUBJECTS IN PRIVATE VOCATIONAL HIGH SCHOOLS BUILT BINA TARUNAN MEDAN MARELAN Muhammad Ali Hanafiah, Leni Masnidar Nasution, Khairuddin YM, Darwis Margolang
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to improve students' learning outcomes in Islamic religious education subjects through the application of the Critical Incidenttype Active Learningmodel. This type of research is qualitative research with a case study approach at SMK Bina Taruna Medan Marelan. The data collection method in this data collection uses observation, interview, and documentation techniques.  The results showed that learning improved significantly. Thus it can be concluded that the application of critical incident type active learning model can improve student learning outcomes in Islamic subjects smk Bina Taruna Medan Marelan.
PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER : MENGGAGAS PENDIDIKAN UNTUK PROYEK KE MANUSIAAN Wal Adi Yati, Muhammad Rizky Ramadhan
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/attazakki.v4i1.13543

Abstract

Abstrak: Penelitian ini akan memaparkan “Pendidikan Islam Kontemporer: Menggagas Pendidikan Untuk Proyek Kemanusiaan” yang diawali permasalahan fital mengapa pendidikan Islam Kontemporer menjadi proyek untuk kemanusiaan?  dengan tujuan penelitian mengekspolasi keniscayaan pendidikan Islam Kontemporer dikaji secara Konsepsi dan Aplikasi. Sedangkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi teoritis dan kontribusi praktis. Dimana kontribusi teoritis dapat dijadikan paradigma baru bagi peneliti berikutnya untuk melakukan studi tentang pendidikan Islam Kontemporer: Antara Konsepsi dan Aplikasi. Sementara kontribusi praktis, bahwa pendidikan Islam  sangat relevan dan representatif untuk direalisasikan secara konsepsi dan aplikasi Kontemporer saat ini, dimana disiplin ilmu ini selalu muttakhir, aktual, berkembang serta update pada setiap era dan generasi. Selanjutnya, penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) dengan cara menela’ah berbagai literatur terkait dengan “Pendidikan Islam Kontemporer: Menggagas Pendidikan Untuk Proyek Kemanusiaan”. Sedangkan metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Metode deskripsif dipakai, karena dalam paparannya akan memberikan ilustrasi umum tentang permasalahan yang akan tela’ah, Mencermati paparan di atas, maka temuan penelitian yang diharapkan adalah “Gagasan Pendidikan Islam Kontemporer”, dimulai dari desain tujuan, desain materi, desain pendekatan pembelajaran, desain strategi pembelajaran, desain media pembelajaran serta desain evaluasi proses dan evaluasi hasil.   Kata kunci: konsepsi islam manusia, konstruksi pendidikan  ideal kontemporer, 
PENERAPAN METODE MONTESSORI DALAM PENGENALAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA ZOOM DAN MEDIA SOSIAL DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA ANAK USIA DINI DI TK Al-MUKMIN BALIKPAPAN Rita Sri Ayu
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/attazakki.v4i1.13540

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menguraikan tentang penerapan metode montessori melalui media zoom dan media sosial dalam proses pembelajaran. Penelitian dalam prosesnya menggunakan penelitian tindakan dengan memperhatikan pada pemahaman dan keterampilan peserta didik di TK Al-Mukmin Balikpapan. penggalian data dengan observasi dan wawancara melalui media sosial. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta didik pada siklus I sebesar 72,5% dengan kategori baik dan pada siklus II sebesar 92,5% dengankategori sangat baik. Dari data ini penerapan metode montessori dalam pembelajaran di TK Al-Mukmin Balikpapan mengalami peningkatan sebesar 20%. Dengan demikian penerapan metode montessori dalam pembelajaran pengenalan matematika pada anak usia dini di TK Al-Mukmin dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik. Kata Kunci: Implementasi, Strategi dan Pandemi 

Page 1 of 2 | Total Record : 12