cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
ISSN : 25992597     EISSN : 25992589     DOI : -
Core Subject : Health, Education,
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Penjaskesrek, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran Olahraga. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan Olahraga bagi masyarakat akademik. Jurnal ini terbit 3 kali setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 64 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2013): ARTICLE" : 64 Documents clear
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF (TAI) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GULING SENAM LANTAI Luh Mahayuni
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 1 No. 2 (2013): ARTICLE
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v1i2.393

Abstract

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF (TAI) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GULING SENAM LANTAI Luh Mahayuni PENJASKEREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja – Bali Tlp. (0362) 32559 e-mail: luhmahayuni@gmail.com   Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar guling (roll) senam lantai melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Tejakula tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Tejakula, berjumlah 26 orang dengan rincian 14 siswa putra dan 12 siswa putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar berguling senam lantai secara klasikal sebesar 7,74 (aktif), dan pada siklus II sebesar 9,03 (sangat aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,29. Sedangkan persentase hasil belajar guling senam lantai secara klasikal pada siklus I sebesar 73.07% (cukup baik), dan pada siklus II sebesar 88.46% (sangat baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 15.43%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar guling (roll) senam lantai meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Tejakula tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar guling senam lantai pada siswa. Abstract: This study aims to improve the activity and learning outcomes roll gymnastics floor through the application of the type of cooperative learning in class VIII B TAI SMP Negeri 1 Tejakula school year 2012/2013. This research is a classroom action research conducted in two cycles. Subjects were students of class VIIIB SMP Negeri 1 Tejakula, totaling 26 people with the details of 14 boys and 12 girls students. The data was analyzed using statistic descriptive method. The activity result using classical technique in the first cycles was oroll gymnastics floor at 7.74 (active), and on the second cycle of 9.03 (very active). From cycle I to cycle II has increased by 1.29. Meanwhile, the first cycles showed roll gymnastics floor in the first cycle of 73.07% (pretty good), and on the second cycle of 88.46% (excellent). From cycle I to cycle II an increase of 15:43%. Based on the data analysis and discussion, it is concluded that the activity and learning outcomes roll (roll) gymnastics floor increased through the implementation of cooperative learning model type TAI VIIIB grade students of SMP Negeri 1 Tejakula school year 2012/2013. Penjasorkes suggested to teachers to implement cooperative learning model TAI type because it can increase activity and learning outcomes in students rolled gymnastics floor.        
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH I Ketut Mangku Geotri
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 1 No. 2 (2013): ARTICLE
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v1i2.396

Abstract

I Ketut Mangku Geotri   PENJASKESREK FOK Universitas pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp.(0362)32559 e-mail: mangkugeotri@yahoo.com   Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh (gaya jongkok dan gaya menggantung) melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian menggunakan 2 siklus, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, refleksi dan rekomendasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X 2 SMA Negeri 1 Sawan,sejumlah 38 orang siswa yang terdiri dari 19 orang siswa putra dan 19 orang siswa putri. Analisis data menggunakan analisis Statistik Deskriptif. Hasil analisis data aktivitas belajar, ketuntasan aktivitas belajar  secara klasikal pada siklus I adalah 5,84 (cukup aktif). Pada siklus II sebesar 7,34 (aktif). Rata-rata  aktivitas belajar lompat jauh sebesar 6,59 (aktif). Sedangkan hasil analisis data hasil belajar lompat jauh secara klasikal pada siklus I sebesar 77,87% (baik). Pada siklus II sebesar 84,48% (baik). Rata-rata ketuntasan hasil belajar lompat jauh sebesar 84,20% (baik). Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jauh meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X 2 SMA Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2012/2013. Disarankan pada guru penjasorkes dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh. Abstract: This study aims to improve the activity and the learning outcomes of the long jump (squat style and hanging style) through the implementation of cooperative learning model STAD. This type of study is classified as action research. Implementation research using two cycles, consisting of planning, action, observation / evaluation, reflection and recommendations. The subjects of this study were students of class X 2 SMA Negeri 1 Sawan, a number of 38 students consisting of the 19 boys and 19 girls students. Data analysis using descriptive statistics analysis. The results of the data analysis activities of learning, mastery learning activities in the classical in the first cycle was 5.84 (moderately active). In the second cycle of 7.34 (active). Average long jump for learning activity 6.59 (active). While the results of data analysis of learning outcomes in the long jump in the classical cycle of 77.87% (excellent). In the second cycle of 84.48% (excellent). Average long jump mastery learning outcomes of 84.20% (excellent). It can be concluded that the activity and the long jump improved learning outcomes through the implementation of cooperative learning model type STAD in class X 2 SMA Negeri 1 Sawan Academic Year 2012/2013. Advised on penjasorkes teachers can use cooperative learning model type STAD as shown to enhance the activity and learning outcomes long jump.
IMPLEMENTASI KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI I Made Sudiarjana
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 1 No. 2 (2013): ARTICLE
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v1i2.470

Abstract

IMPLEMENTASI KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI Oleh I Made Sudiarjana PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja- Bali Tlp. (0362) 32559 e-mail: sudik46@gmail.com Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola voli, melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Kintamani.Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Kintamani tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 35 orang siswa, 19 putra dan 16 putri. Pengumpulan data aktivitas belajar, melalui lembar observasi aktivitas belajar, data hasil belajar, melalui tes hasil belajar passing bola voli. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa 5,63 kategori cukup aktif dan hasil belajar siswa, ketuntasan klasikal sebesar 45,71% katagori sangat kurang aktif. Pada siklus II, rata-rata aktivitas belajar siswa 8,10 kategori aktif dan hasil belajar siswa ketuntasan klasikal sebesar 100% katagori sangat aktif.Berdasarkan hasil dan pembahasan, disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Disarankan kepada guru penjasorkes, untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Kata-kata Kunci: Model pembelajaran STAD, aktivitas belajar, hasil belajar, passing bola voli.    1Abstract: This study aims to improve the activity and learning outcomes volleyball passing, through the implementation of cooperative learning model type STAD the C eighth grade students of SMP Negeri 1 Kintamani. The research is classified as action research, conducted in two cycles, each cycle 2 meetings. These subjects C eighth grade students of SMP Negeri 1 Kintamani school year 2012/2013 consisting of  35 students, 19 boys and 16 girls. Data collection of learning activities, learning through observation sheet activities, learning outcomes data, through achievement test passing volleyball. The collected data were analyzed using statistical analysis showed descriptive. Outcomes the first cycle an average of 5.63 categories of student learning activities are quite active and student learning outcomes, classical completeness of 45.71% the category is less active. In the second cycle, the average activity of 8.10 category of active student learning and student learning outcomes classical completeness by 100% category so active. The foundation results and discussion, it was concluded that the activity and the results of learning the basic techniques of volleyball passing up through the implementation of cooperative learning model type STAD. It is suggested that teachers penjasorkes, to implement STAD cooperative learning model type, because it can increase the activity and results of learning the basic techniques of passing volleyball.
IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BERGULING SENAM LANTAI I Gede Putra Aryawan
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 1 No. 2 (2013): ARTICLE
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v1i2.471

Abstract

IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BERGULING SENAM LANTAI I Gede Putra Aryawan PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja – Bali Tlp. (0362) 32559 e-mail: putra.aryawan.35@facebook.com   Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar berguling senam lantai melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Selat Karangasem tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Selat Karangasem, berjumlah 32 orang dengan rincian 14 orang putra dan 18 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar berguling senam lantai secara klasikal sebesar 7,39 (aktif), dan pada siklus II sebesar 7.90 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,51. Persentase hasil belajar berguling senam lantai secara klasikal pada siklus I sebesar 84,37% (baik), dan pada siklus II sebesar 93,75% (sangat baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,38%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar berguling senam lantai meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Selat Karangasem tahun pelajaran 2012/2013.   Abstract: This study aims to improve the activity and learning outcomes through the implementation of rolling gymnastics floor cooperative learning model NHT on eighth grade students of SMP Negeri 2 Channel B Karangasem school year 2012/2013. This research is a classroom action research was conducted in two cycles, consisting of an action plan, action, observation and reflection. Research subjects eighth grade students of SMP Negeri 2 Channel B Karangasem, totaling 32 people with the details of 14 sons and 18 daughters. Data were analyzed using descriptive statistics. Results of data analysis in the first cycle and learning activities in the classical rolling floor exercises at 7.39 (active), and the second cycle was 7.90 (active). From cycle I to cycle II was increased by 0.51. Percentage of learning outcomes in the classical rolling floor exercises in the first cycle of 84.37% (excellent), and the second cycle of 93.75% (excellent). From cycle I to cycle II, an increase of 9.38%. Based on the analysis of data and discussion is concluded that the activity and learning outcomes gymnastics floor rolled up through the implementation of cooperative learning model NHT on eighth grade students of SMP Negeri 2 Channel B Karangasem school year 2012/2013.   Kata-kata kunci: Pembelajaran   kooperatif   tipe   NHT,   aktivitas,   hasil     belajar, senam  lantai.
PENERAPAN KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA Putu Ardi Desianta
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 1 No. 2 (2013): ARTICLE
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v1i2.472

Abstract

PENERAPAN KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA Putu Ardi Desianta NIM. 0816011074 PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559 e-mail: Ardi_imoet_to@ymail.com Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepakbola pada siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Gerokgak tahun pelajaran 2012/2013.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan  refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Gerokgak, berjumlah 31 orang, terdiri dari 21 orang putra dan 10 orang  putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar teknik dasar passing (kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepakbola secara klasikal sebesar 6,7 dan siklus II secara klasikal sebesar 7,9. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,2. Persentase ketuntasan hasil belajar teknik dasar passing (kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) pada siklus I secara klasikal sebesar 71,0% dan siklus II secara klasikal sebesar 83,9%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,9%.Berdasarkan analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepakbola meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Gerokgak tahun pelajaran 2012/2013.   Abstract: This study aims to improve the activity and the results of learning the basic techniques of passing (inner leg and outer leg) X4 grade football at SMA Negeri 1 Gerokgak 2012/2013.Penelitian school year is an action research conducted in two cycles. Consisting of a plan of action, action, evaluation, and reflection. Research subjects graders X4 SMA Negeri 1 Gerokgak, totaling 31 people, consisting of 21 sons and 10 daughters. Data were analyzed using descriptive statistics. The results of the analysis of the data in the first cycle activities learn the basic techniques of passing (inner leg and outer leg) in the classical style of football at 6.7 and the second cycle in the classical style of 7.9. From the first cycle to the second cycle increased by 1.2. Percentage of completeness results learn the basic techniques of passing (inner leg and outer leg) in the first cycle of 71.0% in the classical and in the classical second cycle of 83.9%. From cycle I to cycle II, an increase of 12.9%. Based on data analysis and the discussion concluded that the activity and the results of learning the basic techniques of passing (inner leg and outer leg) football increased through the implementation of cooperative learning model type NHT grade students X4 SMA Negeri 1 Gerokgak school year 2012/2013. Kata-kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, NHT, aktivitas, hasil belajar, passing, sepakbola.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI Arie Suryoko Syahrial
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 1 No. 2 (2013): ARTICLE
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v1i2.473

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI Arie Suryoko Syahrial NIM. 0816011186 PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559 e-mail: ariesyahrial@ymail.com Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing (passing bawah dan passing atas) bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII.A SMP Negeri 7 Singaraja. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang pelaksanaanya dalam  dua siklus yaitu tahap rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi/observasi, refleksi. Subyek penelitian berjumlah 21 siswa terdiri dari 10 siswa putra dan 11 siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data untuk aktivitas belajar passing bola voli pada observasi awal 5,30 (Cukup Aktif), dan pada siklus I meningkat sebesar 6,48 ( Cukup Aktif), kemudian pada siklus II meningkat sebesar 8,43 (Aktif), dari observasi awal ke siklus I  meningkat 1,18 dan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 1,95. Sedangkan persentase hasil belajar passing bola voli dari observasi awal sebesar 9,52% (Sangat Kurang Baik), dan pada siklus I 66,67% (Cukup Baik), kemudian pada siklus II 95,24% (Sangat Baik). Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif NHT pada siswa kelas VIII.A SMP Negeri 7 Singaraja tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, karena terbukti efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Abstract: This study aims to improve the activity and the results of learning passing volleyball (passing down and passing on) through the implementation of cooperative learning model types numbered head together (NHT) VIII.A graders SMPN 7 Singaraja. This study classified classroom action research. It’s implementation in the two cycles of the stage action planning, action, evaluation/observation, reflection. The subject of the study totaled 21 students comprising 10 boy and 11 girls students. Data were analyzed using descriptive statistics. The results of data analysis  for learning activities voly passing the volleyball at the beginning of observation 5,30 (moderately active), and in the first cycle increased by 6,48 (moderately active), then the second cycle increased by 8,43% (active). From preliminary observation to cycle I increased 1,18 and from cycle II increased by 1,95. While the percentage of passing volleyball learning outcomes from initial observation of 9,52% (very poor), and in cycle I 66,67% (pretty good) then in cycle II 95.24% (very good). Based on data analysis and discussion, it can be concluded that the activity and improved st udent learning outcomes through the implementation of cooperative learning model NHT graders VIII.A SMPN 7 Singaraja school year 2012/2013. Penjasorkes suggested to teachers to use cooperative learning model NHT type, because it works to improve the activity and student learning outcomes. Kata-kata Kunci: NHT, aktivitas, hasil belajar, passing bola voli.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PASSING BOLA BASKET PUTU Eka Rusady
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 1 No. 2 (2013): ARTICLE
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v1i2.474

Abstract

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PASSING BOLA BASKET PUTU EKA RUSADY PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja - Bali Tlp. (0362) 32559 e-mail: ekarusady@yahoo.com   Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIIIB-4 SMPN 1 Busungbiu tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas. Menggunakan 2 siklus. Subyek penelitian berjumlah 37 siswa terdiri dari 24 siswa putra dan 13 siswa putri. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data secara klasikal pada siklus I, tingkat aktivitas 5,19 (cukup aktif) dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket 83.78% (baik). Siklus II secara klasikal tingkat aktivitas 7,61 (aktif) dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket 100%  (sangat baik). Berdasarkan data tersebut dapat dinyatakan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar sebesar 2,42 dan hasil belajar 16,22% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIIIB-4 SMPN 1 Busungbiu tahun pelajaran 2012/2013.   Kata-kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas dan hasil belajar, passing bola basket.   Abstract : This study aims to improve the activity and the results of learning the basic techniques of passing a basketball through the implementation of cooperative learning model type STAD in class VIIIB-4 SMPN 1 Busungbiu school year 2012/2013. This research study considered a class act. Using 2 cycles. Amounted to 37 students study subjects consisted of 24 boys and 13 girls students. Analysis of the data using descriptive statistical analysis. The results of data analysis in the classical style in the first cycle, the level of activity of 5.19 (moderately active) and the result of learning the basic techniques of basketball passing 83.78% (excellent). Cycle II in the traditional 7.61 level of activity (active) and the result of learning the basic techniques of basketball passing 100% (very good). Based on these data it can be stated that an increase of 2.42 learning activities and learning outcomes of 16.22% from cycle I to cycle II. Based on data analysis and discussion, it can be concluded that the activity and the results of learning the basic techniques of basketball passing up through the implementation of cooperative learning model type STAD in class VIIIB-4 SMPN 1 Busungbiu school year 2012/2013.    
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN PASSING BOLA BASKET Nyoman Adelia perlina dewi
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 1 No. 2 (2013): ARTICLE
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v1i2.504

Abstract

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN PASSING BOLA BASKET NYOMAN ADELIA PERLINA DEWI PENJASKESREK FOK UniversitasPendidikanGanesha, Kampus Tengah UndikshaSingaraja, JalanUdayanaSingaraja – Bali Tlp. (0362) 32559 e-mail: adebuthc@yahoo.com Abstrak :Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas  VIII  SMP  Mutiara Singaraja berjumlah 26 orang terdiri dari 14 orang siswa putra dan 12 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar passing bola basket secara klasikal sebesar 8,0 (aktif), pada siklus II sebesar 8,3 (aktif) dan pada siklus III sebesar 8,97 (sangat aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,3 dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 067. Sedangkan persentase hasil belajar passing bola basket secara klasikal pada siklus I sebesar 76,92% (baik), pada siklus II sebesar 84,61% (baik) dan pada siklus III sebesar 100% (sangat baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,69%, dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 15,38%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola basket pada siswa.   Kata-kata kunci:    Jenis penelitian, aktivitas, hasil belajar, Passing bola  basket, simpulandan saran
PENERAPAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET Putu Wisnaya
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 1 No. 2 (2013): ARTICLE
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v1i2.505

Abstract

PENERAPAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET Putu Wisnaya NIM. 0816011091 PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559 e-mail: putuwisnaya@yahoo.com Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola basket melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kubutambahan tahun pelajaran 2012/2013.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kubutambahan, berjumlah 35 orang dengan rincian 19 orang putra dan 16 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.Berdasarkan analisis data hasil penelitian aktivitas belajar teknik dasar passing bola basket menglami peningkatan dari 7 (cukup aktif) pada siklus I menjadi 8,3 (aktif) pada siklus II. sedangkan presentase hasil belajar siklus I 77,1% (baik) menjadi 88,6% (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kubutambahan tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola basket.Kata-kata kunci: kooperatif tipe STAD, aktivitas, hasil belajar, passing bola basket
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI I Gede Indra Dwi Suputra
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 1 No. 2 (2013): ARTICLE
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v1i2.506

Abstract

”MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF  STAD MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI” I Gede Indra Dwi Suputra NIM. 0816011111 PENJASKESREK, FOK, Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja- Bali Tlp (0362) 32559 e-mail: gedeindra60@yahoo.com   ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola voli melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Penebel tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Penebel yang berjumlah 27 siswa, 6 siswa putra dan 21 siswa putri. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar passing bola voli sebesar 6,6 (cukup aktif), dan pada siklus II sebesar 7,3 (aktif). Dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 0,7. Persentase hasil belajar passing bola voli pada siklus I sebesar 66,7% (cukup baik), dan pada siklus II sebesar 88,9% (baik). Dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 22,2%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola voli meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Penebel tahun pelajaran 2012/2013. Kata-kata kunci: Model STAD, aktivitas dan hasil belajar, bola voli