cover
Contact Name
faris
Contact Email
faris@yudharta.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
faris@yudharta.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL HERITAGE
ISSN : 20880626     EISSN : 24427365     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Heritage merupakan publikasi ilmiah enam bulanan yang diterbitkan oleh FISIP Universitas Yudharta Pasuruan. Dan terdiri dari kumpulan penelitian-penelitian ilmu-ilmu sosial dalam perspektif ilmu komunikasi. Naskah yang diterima hanya naskah asli dan belum di publikasikan di media cetak.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Heritage" : 5 Documents clear
PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH DI KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) ARJUNA PURWOSARI- PASURUAN Huda, Miftahul
HERITAGE Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Heritage
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Case Study ini mempunyai tujuan untuk meneliti Pengaruh Citra Perusahaan dan Komunikasi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Penelitian ini termasuk penelitian explanatory research. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sebanyak 34 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisa data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian 1. Citra Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan; 2. Citra Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas; 3. Komunikasi berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan; 4. Komunikasi berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas; 5. Kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas. Temuan: Citra Perusahaan memberikan makna penting dalam meningkatkan Kepuasan, dan komunikasi memiliki makna penting dalam meningkatkan loyalitas dan kepuasan merupakan faktor yang dapat meningkatkan loyalitas, dan Kepuasan merupakan faktor penting yang dapat meningkatkan loyalitas nasabah.Saran: perlu memperhatikan variabel Citra Perusahaan dengan indikator-indikator yang sebaiknya disesuaikan dengan kepuasan pada obyek penelitian, dengan demikian diharapkan dapat menjelaskan bagaimana Citra Perusahaan meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah.
ANALISIS ISI KECENDERUNGAN PEMBERITAAN MEDIA ONLINE TENTANG PEMILIHAN GUBERNUR JAWA TIMUR PERIODE 2018-2023 DI TRIBUNNEWS.COM (Selama Bulan Januari-Mei 2018) Childa Laili Nur Fitriah
HERITAGE Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Heritage
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35891/heritage.v6i1.1562

Abstract

Pada tahun 2018 bertepatan dengan Pilkada serentak di Indonesia, salah satunya adalah pemilihan Gubernur Jawa Timur pada tanggal 27 juni 2018, Salah satu alat kampanye politik adalah media online yang dinilai lebih efektif, mudah serta persebaran informasi yang cepat. Akan tetapi banyak media yang memanfaatkan media online sebagai alat propaganda politiknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kecenderungan media tentang pemilihan gubernur Jawa Timur 2018 di Tribunnews. Penelitian ini menggunakan 2 kategorisasi yaitu kecenderungan dan arah isu. Populasi dalam penelitian ini adalah berita Pemilihan Gubernur Jatim 2018 di Tribunnews.com pada bulan Januari-Mei 2018. Sampel yang diperlukan adalah 35 berita yang dianalisis oleh peneliti dan dibantu oleh 2 koder yakni Rosyidi (wartawan) dan Hery Sunarno (Dosen Jurnalis). Teknik pengumpulan data menggunakan rumus Holsty untuk mencari CR dan di perkuat dengan rumus Scott untuk mencari nilai keterhandalan dengan total 0,7, dari kategori ditemukan Coefisien Reliability 0,7. Dapat disimpulkan bahwa berita Pemilihan Gubernur Jatim di Tribunnews.com memiliki kecenderungan 84% dengan 24 berita, 12 berita memihak pada pasangan calon nomer 1 dan 12 berita memihak pada pasangan calon nomer 2. Arah isu positif 88% dengan dominan 8 arah isu berita dukungan pada pasangan calon nomer 1.
FENOMENA CLICKBAIT DI TRIBUNNEWS.COM DITINJAU DARI KODE ETIK JURNALISTIK INDONESIA PERIODE MARET 2018 Akhsanatul Mardliyah
HERITAGE Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Heritage
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35891/heritage.v6i1.1563

Abstract

Berita-berita dengan judul fantastis mulai bermunculan demi menggaet banyaknya viewer yang akan berdampak pada trafik media pemberitaan online tersebut. Tragisnya judul-judul fantastis yang mereka suguhkan tidak sesuai dengan konten beritanya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena clickbait di media pemberitaan online tribunnews.com ditinjau dari kode etik jurnalistik Indonesia periode Maret 2018. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik sampling dengan melakukan pengambilan sampel untuk menentukan objek dan data yang akan diteliti. Objek penelitian pada penelitian ini adalah teks berita-berita clickbait periode Maret 2018 di media pemberitaan online tribunnews.com. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz yang bertujuan untuk mengetahui dunia dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung atau berkaitan dengan sifat-sifat alami pengalaman manusia, dan makna yang ditempelkan kepadanya. Hasil penelitian menunjukkan 1) fenomena berita clickbait di tribunnews.com menyimpang dari kode etik jurnalistik terkait keakuratan berita. 2) berita-berita clickbait di tribunnews.com berdasarkan CMC (Computer Mediated Communication) Holmes mempunyai bentuk komunikasi yang unik dengan membelokkan makna antara judul dan isi selain itu tribunnews.com melakukan integrasi informasi dari media lain untuk melakukan update berita.
STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI PEMERINTAH KABUPATEN PASURUAN DALAM MENINGKATKAN POTENSI LOKAL MELALUI PROGRAM DESA MASLAHAT Azillatul Isnaini
HERITAGE Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Heritage
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35891/heritage.v6i1.1564

Abstract

Pasuruan terkenal sebagai kawasan industri dan pariwisata yang kompleks dan banyak desa-desa terpencil di Pasuruan yang memiliki potensi lokal dan beraneka macam kebudayaannya. Namun, banyaknya potensi yang dimiliki oleh desa-desa terpencil Kabupaten Pasuruan tidak berimbang dengan sumber daya manusia setempat sehingga potensi tersebut tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam meningkatkan potensi lokal melalui Program Desa Maslahat dan untuk mengetahui penyebab perbedaan keberhasilan antara satu desa dengan yang lainnya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kualitatif dengan teknik analisis data triangulasi yang bertujuan untuk mealakukan pendalaman penafsiran dan analisis data. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara tidak terstruktur kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Aparatur Desa dan Masyarakat Aktif yang menjalankan program Desa Maslahat. Hasil penelitian menunjukkan 1. Strategi pada Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggunakan Pembagian Kerja, Struktur dan Pengawasan. Sedangkan pada Desa, seluruh komponen dalam teori klasik berjalan yakni adanya Pembagian Kerja, Hierarki, Struktur serta Pengawasan. 2. Faktor-faktor penyebab tidak meratanya keberhasilan Desa Maslahat adalah ketidakberimbangnya perhatian dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan pada seluruh desa.
REPRESENTASI NASIONALISME DALAM FILM RUDY HABIBIE (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE) Nurma Yuwita
HERITAGE Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Heritage
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35891/heritage.v6i1.1565

Abstract

Semiotika merupakan ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda.Periset akan menganalisis film dengan menggunakan kajian semiotika Charles Sanders Pierce. Film yang akan di riset adalah ”Rudy Habibie”. Alasan periset menganalisis Rudy Habibie adalah karena film ini mengangkat kisah nyata yang diadopsi dari kehidupan presiden ke-3 Indonesia yakni Prof. Dr. Bacharuddin Jusuf Habibie. Film Rudy Habibie masuk nominasi film terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2016. Dalam jangka waktu satu bulan lebih film Rudy Habibie menggenapkan perolehan jumlah penontonnnya di angka dua juta.Film Rudy Habibie menggambarkan seorang yang inspiratif dan memiliki jiwa nasionalis.Periset sengaja mengambil tema nasionalisme karena semangat dan cintanya generasi muda yang mulai luntur pada bangsanya. Representasi nasionalisme dalam film Rudy Habibie menggunakan metode kualitatif dan analisis semiotik sebagai pendekatannya. Semiotika Charles Sanders Pierce yang digunakan oleh periset adalah modeltriangle meaning yang terdiri atas: Sign, Object, dan Interpretant. Periset akan memilih potongan adegan dalam film Rudy Habibie yang merepresentasikan tentang nasionalisme dengan menggunakan analisis triangle meaning. Riset representasi nasionalisme dalam film Rudy Habibie menghasilkan: 1) Repesentasi nasionalisme Rudy Habibie ditunjukkan dengan cara dan keinginan yang kuat untuk memperjuangkan Indonesia setelah kembali dari studinya dalam bidang industri dirgantara; 2) Representasi nasionalisme yang kedua diinterpretasikan dengan rancangan akan kebutuhan potensi sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh Indonesia dalam bidang industri dirgantara, perikanan, pertanian dan maritim; 3) Representasi nasionalisme Rudy Habibie yang ketiga diinterpretasikan dengan falsafah dari orang tuanya untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa Indonesia; 4) Representasi nasionalisme yang keempat diinterpretasikan dengan puisi Habibie tentang sumpah terhadap ibu pertiwi untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita bangsa Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 5