cover
Contact Name
Syaiful
Contact Email
-
Phone
+6281282738786
Journal Mail Official
jrs.astonjadro@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Gedung Ir. Prijono Hardjosentono Universitas Ibn Khaldun Bogor Jl. KH. Sholeh Iskandar KM 2 Kedung Badak Tanah Sareal Kota Bogor 16161
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Astonjadro
ISSN : 23024240     EISSN : 26552086     DOI : http://dx.doi.org/10.32832/astonjadro
Core Subject : Engineering,
Astonjadro: Jurnal Rekayasa Sipil adalah jurnal ilmiah dibidang teknik sipil p-ISSN : 2302-4240 dan e-ISSN : 2655-2086. Jurnal Rekayasa Sipil Astonjadro diterbitkan untuk mengapresiasi dan memberikan informasi ilmiah bagi peneliti, dosen serta para profesional. termasuk dalamnya pengembangan model dan konsep penelitian yang mengacu secara berkesinambungan. Jurnal Astonjadro diterbitkan oleh Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Juni dan Desember.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2012): ASTONJADRO" : 6 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE LINIER Nurhasanah, Iis; Susanto Haryadi, Eri; Rulhendri, Rulhendri
ASTONJADRO Vol. 1 No. 1 (2012): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v1i1.784

Abstract

Arus lalu lintas berkenaan dengan teori lalu lintas menyebutkan bahwa pada saat sekarang ini dikonsentrasikan pada variabel-variabel volume (V/Flow), kerapatan kendaraan (Density/D/ Konsentrasi) dan Kecepatan Speed /Us). Ketiga variabel lalu lintas tersebut semakin hari semakin mendapat perhatian khusus dimana kesemuanya ini disebabkan arus/kondisi lalu lintas yang ada sekarang menggambarkan berapa banyak kendaraan yang bergerak pada saat bersamaan, dan semenjak hubungan dari ketiga variabel tersebut menggambarkan kualitas dari kapasitas dan tingkat pelayanan yang dialami oleh pengemudi masing-masing kendaraan. Penelitian ini akan mencari bagaimana hubungan dari ketiga variabel tersebut dengan media penelitian yaitu jalan KH. Sholeh Iskandar Bogor. Data dalam penelitian ini dicatat langsung dari lokasi penelitian, yaitu volume lalulintas dan kecepatan kendaraan. Kemudian data tersebut dianalisa sesuai dengan metode yang dikemukakan oleh Greenshield. Hasil penelitian ini adalah bagaimana hubungan kecepatan-kepadatan digambarkan sebagai sebuah garis lurus atau berfungsi linier dan bagaimana hubungan volume-kecepatan masing-masingdigambarkan sebagai garis lengkung.
KAJIAN TENTANG KAPASITAS, KECEPATAN, DAN TUNDAAN PADA RUAS JALAN PERKOTAAN DENGAN ADANYA BUKAAN MEDIAN Arif, Januar; Susanto Haryadi, Eri; Rulhendri, Rulhendri
ASTONJADRO Vol. 1 No. 1 (2012): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v1i1.780

Abstract

Kemacetan yang sering terjadi di jalan raya merupakan salah satu konsekuensi logis dari gejala bergesernya keseimbangan antara armada kendaraan dengan ketersediaan pelayanan pergerakan yang ada. Fasilitas bukaan median (U-turn) yang merupakan salah satu penyebab terjadinya kemacetan, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mengakibatkan terjadinya tundaan yang dapat menyebabkan menurunnya kecepatan sehingga waktu tempuh kendaraan akanlebih lama dan jarak yang dapat ditempuh oleh kendaraan pun menjadi lebih pendek dibandingkan dengan waktu tempuh kendaraan pada kondisi normal. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisis kapasitas, kecepatan, dan tundaan pada jalan perkotaan dengan adanya bukaanmedian. Data diambil dari Jalan Pajajaran Bogor, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode perhitungan Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Dari hasil analisis diketahui bahwa faktor bukaan median tidak mempengaruhi besaran/nilai kapasitas Jalan Pajajaran, sedangkan pada kecepatan, faktor bukaan median cukup mempengaruhi waktu perjalanan yang diambil pada saat pengambilandata, hal ini ditunjukkan dengan adanya tundaan yang disebabkan oleh terjadinya titik konflik danperlambatan/ tundaan di daerah bukaan median.
STUDI KASUS TENTANG TINGKAT KEBISINGAN YANG DITIMBULKAN KENDARAAN BERMOTOR DI BOGOR (Kajian di Depan Rumah Sakit Azra Jalan Pajajaran Kota Bogor) Syaiful, Syaiful
ASTONJADRO Vol. 1 No. 1 (2012): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v1i1.785

Abstract

Letak komplek RS. Azra berada dipinggiran Jalan Pajajaran yang dahulunya merupakan perluasan dan peningkatan dari Klinik Bersalin Azra lokasi di Jalan Gunung Gede No. 3, tidak jauh dari lokasi RS Azra saat ini. Klinik bersalin Azra yang didirikan dan dipimpin oleh Dr. Hidayat Danukusumah,SpOG pada awal tahun 1972. Karena banyaknya permintaan dari pasien dan keluarganya agar mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan selain dari pelayanan kebidanan dan penyakit kandungan. RS. Azra didirikan karena para pendiri merasakan adanya suatu peningkatan kebutuhan masyarakat Bogor dan sekitarnya akan suatu sistem pelayanan kesehatan yang memadai. (Sumber www.//rs.azra.bogor). Berdasarkan hasil diatas maka dimasukkan variabel dengan menggunakan program SPSS versi 11 untuk menentukan bahwa hasil terbaik dari hasil data diatas akan ditampilkan dalam bentuk persamaan yang nantinya berfungis sebagai parameter yang termasuk dalam analisis statistik dengankoefisien korelasi > 0,60 %. Berdasarkan hasil perhitungan jarak 48,45 meter dengan tingkat ketelitian uji t hitung = 4,094 > t tabel 1,725 (terpenuhi) dan F hitung = 4,231 > F tabel = 4,41 (terpenuhi) dengan persamaannya y = 48,537+0,0037x3. Hal ini menyebabakan bahwa hasil dari masing-masingperhitungan statistik tingkat kebisingannya adalah 53,72 dBA. Ambang batas minimal kebisingan untuk rumah sakit dan sejenisnya 55 dBA Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia No. 48 tahun 1996. Berarti untuk RS Azra tingkat kebisingannya sudah memenuhi standar yang diijinkan.
ANALISIS STABILITAS LERENG BOGOR-CILEBUT DENGAN PENDETAILAN DI STA. 0 + 040 Syamsul Arifin, Dede; Hariati, Feril
ASTONJADRO Vol. 1 No. 1 (2012): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v1i1.781

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang analisis stabilitas lereng Bogor-Cilebut digunakan data hasil pengamatan secara langsung, sedangkan untuk Sta.0+040 digunakan data uji CPT (Sondir) dan data LHR (Lalu lintas Harian Rata-rata). Analisis lereng Bogor-Cilebut dilakukan berdasarkan peta situasi global kondisi lereng yang didapat. Analisis stabilitas lereng pada Sta.0+040 dilakukan dengan program komputer Slope W. Hasil analisis menunjukkan adanya tumbuhan, bangunan dan lereng tidak langsung bersinggungan dengan badan jalan dapat memperkuat stabilitas lereng. Dindingpenahan tanah pada Sta.0+040 memenuhi syarat stabilitas lereng dengan nilai Faktor Keamanan yang didapat sebesar 2,021.
ANALISIS METODE NETWORK PLANNING DAN S-CURVE PROYEK KONSTRUKSI DI BOGOR Sabariah, Iqma; Syaiful, Syaiful; Ida Hayati, Noor
ASTONJADRO Vol. 1 No. 1 (2012): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v1i1.782

Abstract

Hasil pengujian reliabilitas dan validitas instrumen penelitian maka didapatkan nilai pengujian reliabilitas untuk atribut-atribut variabel CPM sebesar 0,944, variabel PDM sebesar 0,936, variabel PERT sebesar 0,991 dan untuk atribut-atribut variabel S-Curve sebesar 0,890. Nilai tersebut lebih besar dari kriteria syarat minimal sebesar 0,7 dengan demikian disimpulkan bahwa atribut-atribut variabel tersebut telah memenuhi kriteria reliabel. Hasil pengujian validitas dari semua atributpertanyaan dalam variabel CPM, PDM, PERT dan S-Curve telah memenuhi kriteria valid berdasarkan kriteria koefisien validitas minimal 0,3. Terpenuhinya kriteria validitas dan reliabilitas pada semua atribut variabel penelitian membuktikan bahwa data yang diperoleh sudah layak dan dapat dianalisis berikutnya.Hasil analisis statistika uji Kruskal-Wallis dari kedua metode penjadwalan network planning dan S-Curve mengenai efektivitas penggunaannya dalam pelaksanaan proyek konstruksi yang terkait dengan penjadwalan proyek, pengendalian waktu proyek, pengendalian biaya proyek, pengambilan keputusan menyangkut waktu, biaya, dan kinerja proyek, strategi untuk mengurangi keterlambatan proyek, dan penyampaian dalam proposal penawaran proyek kontraktor. Efektivitas untuk metode SCurve berbeda dan penggunaannya relatif tinggi, untuk metode network planning CPM dan PDM dikelompokkan sama (tidak ada perbedaan) dan penggunaannya masih relatif rendah sementara itumetode PERT penggunaannya masih relatif sangat rendah dan berbeda. Penggunaan metode SCurve paling baik dibandingkan ketiga metode network planning lainnya, dalam penggunaan metode network planning sendiri, metode PDM dan CPM dianggap lebih baik dari metode PERT.
KAJIAN ANTARA KUAT TEKAN BETON TAMBAHAN SUPER MULTIDEX 568 DENGAN BESTMITTEL Chayati, Nurul; Mustika, Mustika; Rulhendri, Rulhendri
ASTONJADRO Vol. 1 No. 1 (2012): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v1i1.783

Abstract

Penambahan Super Multidex 568 dan Bestmittel pada campuran beton untuk meningkatkan nilai kuat tekan beton dan pengembangan kuat tekan awal beton. Benda uji bervariasi dengan bahan tambah yang berbeda berdasarkan komposisi. Komposisi campuran bahan tambah yang diteliti adalah 50 cc, 75 cc, dan 100 cc per 50 kg semen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan, bahwa tambahan bahan Super Multidex 568 pada campuran beton mampu meningkatkan nilai slump sebesar 114% dari nilai slump, tambahan bahan Super Multidex 568 dan Bestmittel mampu meningkatkan nilai kuat tekan rata-rata beton sebesar 22%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6