cover
Contact Name
Syaiful
Contact Email
-
Phone
+6281282738786
Journal Mail Official
jrs.astonjadro@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Gedung Ir. Prijono Hardjosentono Universitas Ibn Khaldun Bogor Jl. KH. Sholeh Iskandar KM 2 Kedung Badak Tanah Sareal Kota Bogor 16161
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Astonjadro
ISSN : 23024240     EISSN : 26552086     DOI : http://dx.doi.org/10.32832/astonjadro
Core Subject : Engineering,
Astonjadro: Jurnal Rekayasa Sipil adalah jurnal ilmiah dibidang teknik sipil p-ISSN : 2302-4240 dan e-ISSN : 2655-2086. Jurnal Rekayasa Sipil Astonjadro diterbitkan untuk mengapresiasi dan memberikan informasi ilmiah bagi peneliti, dosen serta para profesional. termasuk dalamnya pengembangan model dan konsep penelitian yang mengacu secara berkesinambungan. Jurnal Astonjadro diterbitkan oleh Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Juni dan Desember.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2013): ASTONJADRO" : 6 Documents clear
ANALISIS PEMAKAIAN METODE EARNED VALUE SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN PROYEK Anwar, Syaiful; Ida Hayati, Noor
ASTONJADRO Vol. 2 No. 2 (2013): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v2i2.795

Abstract

ANALISIS PEMAKAIAN METODE EARNED VALUE SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN PROYEK). Hasil analisis yang dilakukan pada proyek pembangunan gedung Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, nilai yang diperoleh untuk analisis varians biaya dan varians jadwal adalah positif artinya biaya produksi proyek lebih kecil dari rencana anggaran biaya dan jadwal pelaksanaan lebih cepat dari jadwal rencana, sedangkan nilai yang diperoleh pada analisis indeks kinerja biaya dan jadwal yaitu lebih dari satu, artinya efisiensi sumber daya yang digunakan cukup baik, untuk analisis prakiraan biaya proyek sampai dengan bulan Juli diperoleh nilai Rp 4.390.315.126,91. Indikasi yang menerangkan bahwa metode earned value cukup efektif untuk mengetahui varians biaya dan jadwal dalam pelaksanaan proyek, efektifitas yang dimaksud disini adalah, dengan menggunakan metode earned value, dapat diketahui besarnya nilai varians tersebut.
STUDI KELAYAKAN PEMBANGUNAN ALUR PELAYARAN DI MUARA SUNGAI CIUJUNG LAMA KABUPATEN SERANG Muhammad LT, Fadhila; Hariati, Feril
ASTONJADRO Vol. 2 No. 2 (2013): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v2i2.796

Abstract

Rencana normalisasi Sungai Ciujung Lama yang mengalami sedimentasi meliputi perkuatan tebing saluran dan konstruksi pelindung pantai. Studi keandalan kapasitas saluran dilakukan untuk mengetahui debit dan kecepatan rencana kanal, juga untuk mengetahui ketahanan dinding saluran terhadap penggerusan. Hasil perhitungan dimensi kanal yang direncanakan berupa saluran trapesium dengan lebar dasar 20 meter, lebar puncak 48 meter dan tinggi 7 meter, memiliki debit maksimum 473,79 m3/detik, debit aliran normal 249,41 m3/detik, dan debit jagaan 224,38 m3/detik. Kecepatan aliran maksimum adalah 1,99 m/detik, dan kecepatan aliran normal adalah 1,66 m/detik jauh melebihi kecepatan yang diizinkan sebesar 0,002 m/detik, menunjukkan bahwa dinding saluran tidak aman terhadap erosi, sehingga direncanakan perkuatan dengan mempergunakan pasangan batu kosong (riprap) dengan berat butir antara 10-60 kg, lapis pasir kasar dengan tebal 20 cm, dan filter berupa lapis geotekstil dengan bukaan O95 0,033 mm. Sedangkan perencanaan konstruksi pelindung pantai dilakukan dengan menentukan tinggi gelombang representatif H10, penentuan kondisi gelombang, tinggi muka air rencana, dan penentuan elevasi puncak revetmen. Perencanaan struktur pelindung pantai berupa revetmen dengan tinggi 6.00 meter, kemiringan 1:2, material penyusun blok beton segmental dengan tebal 0,35 meter, lapis pasir kasar dengan tebal 20 cm, dan filter berupa lapis geotekstil dengan bukaan O95 0,024 mm.
KAJIAN TENTANG PENAMBAHAN SERAT TERHADAP KUAT TEKAN BETON Rulhendri, Rulhendri; Chayati, Nurul; Syaiful, Syaiful
ASTONJADRO Vol. 2 No. 2 (2013): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v2i2.797

Abstract

ANALISIS TENTANG PENAMBAHAN SERAT TERHADAP KUAT TEKAN BETON. Beton umur 14 hari campuran normal kuat tekan 202,00 kg/cm2, kuat tekan beton dengan penambahan serat sebesar 0,5% adalah 276,45 kg/cm2 dan penambahan serat kawat bendrat 2% adalah 336,14 kg/cm2 terjadi kenaikan 66,41%. Beton umur 28 hari campuran normal kuat tekan 240,00 kg/cm2, kuat tekan beton penambahan serat kawat bendrat sebesar 0,5% adalah 319,00 kg/cm2, naik 33% dari semula dan penambahan serat kawat bendrat 2% adalah 382,30 kg/cm2 terjadi kenaikan 59,29%. Penambahan serat kawat bendrat 2% terjadi kenaikan secara dramatis mampu menaikkan kuat tekan beton baik pada umur umur 14 hari maupun 28 hari.
KAJIAN BANGKITAN LALU LINTAS DAMPAK PEMBANGUNAN CIREBON SUPER BLOCK Akbardin, Juang; Arie Wibowo, Didi
ASTONJADRO Vol. 2 No. 2 (2013): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v2i2.793

Abstract

To predict the trip generation at Cirebon Super Block, needed domestic social data on the zone where the Cirebon Super Block is located, in this case the social data is sampled households in the Pekiringan Kesambi Cirebon. Data obtained from the Transportation Department of Cirebon City as household data in 2004 which contains a number of trips, household size, vehicles owned, and monthly income. Data obtaines from these generation trip model of Y = 4.76 + 0.45 X1 - 0.53 X2 + 0.50 X3 with koefien test results of determination 0.917.
PENGARUH JENIS PEMBEBANAN DALAM ANALISIS STRUKTUR PERKERASAN LENTUR TERHADAP KINERJA PERKERASAN Susanto Hariyadi, Eri; Rulhendri, Rulhendri
ASTONJADRO Vol. 2 No. 2 (2013): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v2i2.798

Abstract

Dasar dari metoda analisis struktur memerlukan perhitungan tegangan dan regangan pada suatu perkerasan yang merupakan respons struktur terhadap kondisi pembebanan tertentu.Didalam solusi analitis tegangan dan regangan tersebut, seringkali dilakukan simplifikasi dengan mengambil beberapa asumsi, seperti : kondisi isotropik dari setiap lapis perkerasan, kondisi interface antar lapis sangat kasar serta beban yang diterima struktur perkerasan yang diakibatkan roda kendaraan mempunyai arah vertikal. Asumsi diatas akan menghasilkan nilai tegangan, dan regangan yang belum sesuai dengan kenyataan. Oleh karena itu diperlukan pengembangan asumsi kearah faktor-faktor tersebut terutama faktor tipe pembebanan. Untuk variasi pembebanan ada 4 jenis pembebanan yang mungkin terjadi yaitu beban arah vertikal yang saat ini secara luas dipakai pada analisis struktur perkerasan lentur,  beban vertikal yang dikombinasikan dengan  tegangan geser arah radial memusat akibat ‘cengkeraman' ban, beban vertikal yang dikombinasikan dengan tegangan arah horizontal akibat percepatan dan pengereman kendaraan dan beban verikal yang dikombinasikan dengan momen akibat kendaraan membelok. Dengan menggunakan kriteria fatigue dapat dianalisis bahwa jenis pembebanan arah vertikal yang dikombinasikan dengan arah radial menghasilkan jumlah repetisi yang tiga kali lebih besar dibandingkan dengan pembebanan vertikal saja. Dalam pengertian umur perkerasan, pembebanan dengan mengabaikan beban arah pusat radial akan mengakibatkan  perkiraan rencana umur perkerasan yang berlebihan. Penerapan model ini pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek menunjukkan bahwa pengabaian beban geser radial memusat akan menyebabkan kerusakan jalan yang terlambat diantisipasi dengan program overlay akibat estimasi umur rencana yang lebih dari perkiraan.
ANALISIS KONSEP PARKIR PADA PLAZA EKALOKASARI BOGOR Anggraini, Dian; Syaiful, Syaiful
ASTONJADRO Vol. 2 No. 2 (2013): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v2i2.794

Abstract

Kebijaksanaan parkir berdasarkan analisis supply (Fasilitas Parkir) dan demand (Kebutuhan Parkir) serta mempertimbangkan faktor pendapatan gedung dari lahan parkir apabila demand (Kebutuhan Parkir) bertambah, dimana faktor demand (Kebutuhan Parkir) dari luas lahan yang ada bertambah maka akan meningkatkan pendapatan gedung.Hasil analisis yang didapat dari penelitian ini adalah dengan perancangan areal parkir yang menggunakan 64 m2 untuk 6 SRP dapat menampung 300 SRP dengan lebar manuver 6 m dimana posisi mobil keluar kemanuver 1 m sehingga menghalangi sirkulasi arus dari kendaraan yang akan masuk dan keluar areal parkir, sedangkan yang dibuat 80 m2 untuk 6 SRP dengan memperkecil lebar manuver menjadi 5 m dapat memenuhi kebutuhan parkir yang lebih banyak, yaitu untuk 356 SRP

Page 1 of 1 | Total Record : 6