cover
Contact Name
Syaiful
Contact Email
-
Phone
+6281282738786
Journal Mail Official
jrs.astonjadro@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Gedung Ir. Prijono Hardjosentono Universitas Ibn Khaldun Bogor Jl. KH. Sholeh Iskandar KM 2 Kedung Badak Tanah Sareal Kota Bogor 16161
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Astonjadro
ISSN : 23024240     EISSN : 26552086     DOI : http://dx.doi.org/10.32832/astonjadro
Core Subject : Engineering,
Astonjadro: Jurnal Rekayasa Sipil adalah jurnal ilmiah dibidang teknik sipil p-ISSN : 2302-4240 dan e-ISSN : 2655-2086. Jurnal Rekayasa Sipil Astonjadro diterbitkan untuk mengapresiasi dan memberikan informasi ilmiah bagi peneliti, dosen serta para profesional. termasuk dalamnya pengembangan model dan konsep penelitian yang mengacu secara berkesinambungan. Jurnal Astonjadro diterbitkan oleh Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Juni dan Desember.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2014): ASTONJADRO" : 6 Documents clear
KAJIAN TENTANG PENAMBAHAN LATEKS KKK-60 DENGAN CAMPURAN ASPAL KONVENSIONAL Sambodo, Sambodo; Rulhendri, Rulhendri
ASTONJADRO Vol. 3 No. 1 (2014): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v3i1.799

Abstract

This study uses a pen Asphalt 60/70 production Pertamina Cilacap, natural rubber (Latex KKK-60) production in the country that have been tested by the Center for Estate Crops Research Bogor, coarse and fine aggregate Ex stone-breaking machine (Stone Chrusher). Laboratory test results showed that the quality of the asphalt rubber (Latex KKK-60) of 3%, better quality when compared to petroleum asphalt mixture without Latex, because it can reduce the value of the penetration and softening point of asphalt marked increase with the increase of stability when tested with Marshall test equipment. Use of rubberized asphalt for road construction materials is an alternative that produces quality asphalt mixture with a better quality of asphalt mixture using petroleum asphalt without latex (conventional), and potential. Asphalt mixture with the addition of (Latex KKK-60) of 2% - 3% can increase the stability of 13.633% with the use of specifications HRS 30% coarse aggregate.
STUDI BANDING TEGANGAN AKTUAL DENGAN TEGANGAN EKUIVALEN PADA STRUKTUR BETON Suhendar, Suhendar; Chayati, Nurul
ASTONJADRO Vol. 3 No. 1 (2014): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v3i1.804

Abstract

Penelitian ini bertujuan membandingkan tegangan aktual dan tegangan ekuivalen padaperhitungan besaran kapasitas balok dengan program MATLAB. Dan dari hasil penelitian diperoleh nilai persentase perbandingan yang cukup kecil antara 0,65 % sampai dengan 1,27 % untuk mutu baja 240 MPa sedangkan mutu baja 400 MPa sebesar 1,03% sampai dengan 2,16 %. Sehingga tegangan ekuivalen layak digunakan sebagai pendekatan tegangan aktual karena hasil persentasekapasitas balok yang didapat tidak terlalu jauh.
STUDI KAPASITAS APRON BANDAR UDARA H. AS. HANANDJOEDDIN-TANJUNGPANDAN Azhar, Hairul; Akbardin, Juang
ASTONJADRO Vol. 3 No. 1 (2014): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v3i1.800

Abstract

Apron merupakan salah satu komponen utama dalam sistem bandar udara, yang berfungsi sebagai tempat parkir pesawat, menaikkan atau menurunkan penumpang dan barang, atau perbaikan dan pengisian bahan bakar. Apron yang tersedia harus dapat melayani kebutuhan gate pesawat berdasarkan demand yang ada. Seiring dengan pertumbuhan pergerakan lalu lintas udara yang dari tahun ke tahun terus meningkat, maka diperlukan sebuah studi tentang kapasitas apron untuk mengetahui kebutuhan fasilitas apron di masa mendatang sebagai salah satu solusi untuk mengantisipasi peningkatan lalu lintas udara yang terjadi. Studi ini menganalisis kebutuhan apron Bandar Udara H.AS. Hanandjoeddin pada kondisi eksisting dan kondisi forecasting10 tahun ke depan. Dengan data pergerakan pesawat dari tahun 2008-2013, dilakukan perhitungan forecastingpeak hour rencana di tahun 2024. Setelah itu dilakukan perhitungan desain, dimensi serta penentuan konsep apron yang digunakan. Seluruh perhitungan berdasarkan metode dari Federal Aviation Administration (FAA). Dari hasil perhitungan, didapatkan jumlah gate position yang dibutuhkan pada kondisi eksisting adalah 3 buah, jumlah pergerakan pesawat yang dilayani pada tahun 2024 adalah 26.466 pesawat dan pergerakan pesawat peak hour rencana adalah sebesar 10 pergerakan. Pengembangan apron yang perlu dilakukan adalah penambahan jumlah gate position menjadi 9 buah, dengan luas apron rencana 55 m x 378 m.
PEMODELAN SISTEM MANAJEMEN PEMBERIAN AIR PADA DAERAH IRIGASI KABUPATEN BOGOR Nahrudin, Ma’mun
ASTONJADRO Vol. 3 No. 1 (2014): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v3i1.801

Abstract

Model sistem manajemen pemberian air faktor keandalan debit maksimum = 67% dan minimum = 25%. Dari semua uji model yang mendekati dengan ketersediaan air adalah model 11 dengan faktor keandalan rata-rata 67%, model 7 dengan faktor keandalan rata-rata 62%, model 10 dengan faktor keandalan rata-rata 58%. Secara keseluruhan dari semua permodelah yang diteliti mengalami defisit ketersediaan air terutama pada musim tanam II (Gadu I) dan musim tanam III (Gadu II).
ANALISIS BIAYA KONSTRUKSI PADA PROYEK JALAN DI KOTA BOGOR Ida Hayati, Noor; Hisbullah Amin, Firman
ASTONJADRO Vol. 3 No. 1 (2014): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v3i1.802

Abstract

Kemajuan dibidang konstruksi sangat pesat, sehingga setiap langkah dan pekerjaan dituntut untuk dikerjakan secara optimal dan dengan penggunaan waktu yang seefisien mungkin. Untuk mengatasi masalah tersebut kita perlu menggunakan manajemen yang baik yang dalam ilmu konstruksi disebut dengan Manajemen Konstruksi. Dari hasil penelitian harga per m2 jalan perkerasan lentur dari tahun 2005-2006 sebesar 25% dan tahun 2006-2007 sebesar 11%. Artinya harga per m2 mengalami kenaikan tiap tahunnya. Dari hasil penelitian prosentase harga per item pekerjaan jalan perkerasan lentur dari tahun 2005-2007 cenderung sama tidak mengalami perubahan yang sangat mencolok. tahun 2005 item pekerjaan persiapan 0,91% dan untuk pekerjaan badan jalan 67,90%, untuk tahun 2006 pekerjaan persiapan 0,88% dan untuk pekerjaan badan jalan 67,77%, untuk tahun 2007 pekerjaan persiapan 0,95% dan untuk pekerjaan badan jalan 67,08%. Dari hasil penelitian hubungan antara biaya material, upah pekerja, dan alat di kota bogor, sebagai variable terikat X1, X2 dan X3 sebagai variabel bebas diperoleh hasil hubungan positif dengan nilai rata-rata r = 0,36-0,99. Sedangkan yang mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap hubungan variabel (Y) yaitu variable X1, X3 dan X2.
ANALISIS POLUSI SUARA YANG DITIMBULKAN KECEPATAN KENDARAAN BERMOTOR (Kajian Di Depan Rumah Sakit Bunda Jalan Margonda Raya Kota Depok) Ngadimo, Ngadimo; Syaiful, Syaiful
ASTONJADRO Vol. 3 No. 1 (2014): ASTONJADRO
Publisher : Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v3i1.803

Abstract

Depok juga menjadi percontohan sebagai kota tertib lalu lintas dengan pengaturan arus lalu lintas dan pola pergerakan penduduk yang beragam. Keberagaman perjalanan warga kota ini mengakibatkan jumlah penduduk yang melewati kawasan semakin beragam pula. Mobilitas penduduk juga memerlukan sarana dan prasarana transportasi yang memadai. Sarana dan prasarana yang memadai itu adalah memenuhi kriteria seperti aman, nyaman dan terjangkau bagi masyarakat. Peningkatan ini menimbulkan masalah di bidang tranportasi. Kecepatan sepeda motor, kecepatan mobil pribadi dan kecepatan mobil angkutan umum tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap polusi suara yang dihasilkan. Perhitungan dan analisis yang diperoleh adalah pada persamaan dengan nilai R Square terbesar pula pada penelitian hari keempat titik ketiga (Sound Level Meter 3), dengan kontribusi sebesar 25,30%. Seperti persamaan disamping ini, y = 60,212 + 0,149x1 - 0,053x2 + 0,318x3. Maksud dari persamaan ini adalah jika tidak ada penurunan kecepatan sepeda motor, mobil pribadi dan mobil angkutan umum maka tingkat polusi suara di SLM3 adalah sebesar 60,212 dBA.

Page 1 of 1 | Total Record : 6