cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal of Education Action Research
ISSN : 25804790     EISSN : 25493272     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes widely available and exemplifying the variety of possible styles of reporting. It aims to establish and maintain a review of the literature of action research. It also provides a forum for dialogue on the methodological and epistemological issues, enabling different approaches to be subjected to critical reflection and analysis.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2021): February 2021" : 20 Documents clear
Efektivitas Model Quatum Learning Berbantuan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Wijaya, Ridzal Permana
Journal of Education Action Reseach Vol 5 No 1 (2021): February 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i1.27735

Abstract

Keterampilan membaca sangatlah penting bagi anak dimana dengan membaca anak akan dapat menambah wawasan dan nformasi, namun saat ini keterampilan membaca anak bisa dikatakan rendah. Sehingga, dirumuskan tujuan penelitian yaitu mengkaji efektivitas model pembelajaran Quantum Learning berbantuan media kartu untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan kelas I SDN. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian siswa kelas I dengan jumlah siswa 29. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui soal pretest, soal posttest, pengamatan dan dokumentasi. Metode analisis yang dilakukan adalah menggunkan metode analisis deskriptif dengan mencari rata-rata dan persentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari siklus Pra-siklus sampai siklus II. Pra-siklus ketuntasan siswa adalah 41,37, Siklus I ketuntasan 72,41 dengan rata-rata 74, dan siklus II dengan ketuntasan 96,55% dengan rata-rata 92. Jadi, dengan adanya model pembelajaran quatum learning berbantuan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca dilihat dari peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas 1 SD.
Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantu Media Audio Visual Berbasis Animasi Flash untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Cerita Alfianto, Denis Yulian
Journal of Education Action Reseach Vol 5 No 1 (2021): February 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i1.30338

Abstract

Keterampilan menulis di sekolah dasar masih sangat rendah hal ini disebabkan oleh penerapn model pembelajaran yang monoton serta pengunaan media yang tidak efektif. Peneliti ingin bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture berbasis video animasi flash untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN yang berjumlah 15 siswa.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM hanya 4 siswa atau 26,70%. Jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat pada siklus I yaitu mencapai 10 siswa atau sebesar 66,70% dan kembali meningkat pada siklus II yaitu mencapai 14 siswa atau 93,33%. Jumlah peningkatan siswa yang mencapai KKM pada pra siklus dan siklus II meningkat sebanyak 10 siswa atau 66,70%. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas juga meningkat. Hal tersebut ditunjukkan dengan siswa lebih bersemangat, antusias, dan aktif dalam mengikuti pembelajaran menulis. Selain itu, siswa juga menjadi lebih termotivasi untuk menulis karangan.
Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik pada Implementasi Online Discovery Learning Sumendra, Made Yasa
Journal of Education Action Reseach Vol 5 No 1 (2021): February 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i1.31019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik Kelas XI Akuntansi 1 semester I tahun pelajaran 2020/2021 SMK Negeri 2 Seririt dengan model pembelajaran Online Discovery Learning; (2) Mendeskripsikan tanggapan peserta didik terhadap implementasi Online Discovery Learning kelas XI Akuntansi 1 semester I tahun pelajaran 2020/2021 SMK Negeri 2 Seririt. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, diimplementasikan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan dan dianalisis berupa nilai aktivitas belajar dan hasil belajar. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan: (1) implementasi model pembelajaran Online Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI Akuntansi 1 pada semester I tahun pelajaran 2020/2021 SMK Negeri 2 Seririt; (2) implementasi model pembelajaran Discovery Learning dapat mengakomodasi peningkatan tingkat kepuasan peserta didik dalam belajar.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia melalui Model Pembelajaran Inquiri pada Materi Metode Ilmiah Anom, I Putu Gede
Journal of Education Action Reseach Vol 5 No 1 (2021): February 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i1.31062

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena banyak guru mengajar tanpa membawa persiapan sama sekali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Model Pembelajaran Inquiri terhadap hasil belajar kimia kelas X IPA 4. Penelitian ini termasuk penelitian Tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes prestasi belajar. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 yang berjumlah 42 orang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar kimia kelas  X IPA 4 semester 1 SMA Negeri 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2017/2018. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Awalnya rata-rata 54,26, Siklus I naik menjadi 66,21 dan  pada Siklus II naik menjadi 81,31. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar kimia kelas X IPA 4 semester 1. Implikasi penelitian ini memberikan dampak meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, siswa dapat bekerja sama satu sama lain sehingga model ini dapat meningkatkan hasil belajar Kimia.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Media Visual Hartati, Hery
Journal of Education Action Reseach Vol 5 No 1 (2021): February 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i1.31101

Abstract

Rendahnya aktivitas belajar yang berdampak terhadap hasil belajar. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui model quantum teaching dengan media visual pada siswa kelas V SD. Penelitian ini termasuk penelitia tinadakan kelas. Prosedur pelaksanaan dan implementasi penelitian terbagi dalam dua siklus, Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan. Sample penelitia ini adalah siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data yang diaguankan observasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunkan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir tindakan siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 72,29% meningkat pada siklus II menjadi 88,97%. Selanjutnya, rata-rata nilai tes formatif siklus I sebesar 72,33 meningkat pada siklus II menjadi 78,33. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 73,33% meningkat pada siklus II menjadi 86,67% sehingga mengalami peningkatan sebesar 13,24%. Disimpulkan bahwa penerapan model quantum teaching dengan media visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SD.
Upaya Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI Sitorus, Rosita
Journal of Education Action Reseach Vol 5 No 1 (2021): February 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i1.31522

Abstract

Guru seringkali mendapati siswa yang sopan santunnya kurang, khususnya saat bertemu dengan guru, saat berpapasan dengan guru, siswa cenderung tidak memberikan sapaan atau salam, bahkan juga tidak menoleh ataupun memberikan senyum. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan sopan santun siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok. Subjek penelitian yaitu siswa SMA Negeri 1 Padang Bolak kelas XI MIA 2 pada semester genap. Metode penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket sopan santun. Analisis data menggunakan membandingkan nilai rata-rata siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan sopan santun siswa kelas XI MIA2  SMAN. Pada siklus I rata-rata tingkat sopan santun siswa yaitu 34,05 yaitu sebanyak 70,93%. Kemudian pada siklus II, nilai rata-rata sikap sopan santun siswa 39,16 yaitu sebanyak 81,58%. Peningkatan nilai sopan santun dari siklus I ke siklus II yaitu sebanyak 10,68%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik bimbingan kelompok dapat meningkatkan sopan santun siswa SMA N.
Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Wahyuni, Ni Putu
Journal of Education Action Reseach Vol 5 No 1 (2021): February 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i1.31554

Abstract

Hasil belajar IPA yang rendah disebabkan karena guru kurang bervariasi menggunakan model pembelajaran sehingga siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berbasis STEM dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMPN. Penelitian ini merupakan Penelitain Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan penerapan dengan pembelajaran berbasis STEM. Subjek penelitian ini berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan pada awal pengamatan nilai rata-ratanya hanya 44,26, pada siklus I menjadi 75,44 dan siklus II naik menjadi secara signifikan menjadi 92,65. Daya serap dan Ketuntasan Hasil belajar pada pengamatan awal (observasi) sebelum dilakukan tindakan adalah 44,26% dan 14,71%, siklus I menunjukkan daya serap dan ketuntasan kelas menjadi adalah 75,44% dan 76,47% yang berada pada kategori sangat tinggi sedang pada siklus II daya serap dan ketuntasan kelas meningkat pesat menjadi 92,65% dan 100%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis STEM dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Implikasi penelitian ini memberikan dampak menciptakan suasana pembelajaran menjadi lebih aktif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris pada Materi Pengandaian Diikuti Perintah/Saran Menggunakan Strategi Pembelajaran Three Step Interview Hotmaria, Hotmaria
Journal of Education Action Reseach Vol 5 No 1 (2021): February 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i1.31558

Abstract

Siswa SMA Negeri memiliki masalah dalam pelajaran bahasa inggris, sebagian besar siswa memiliki kemampuan yang rendah dalam berbicara Bahasa Inggris, baik dari pelafalan, tata bahasa (grammar) dan kosa kata (vocabulary) hal ini disebabkan karena faktor dalam diri maupun faktor luar.  Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Inggris dengan menerapkan strategi pembelajaran three step interview pada siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pedoman observasi, dokumentasi dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data kualitatif yaitu menggunakan triangulasi (cross check data), dan teknik analisis data kuantitatif yaitu membandingkan nilai rata-rata dan persentase siklus I dengan siklus II. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata siswa 68.48, sedangkan pada siklus II ketuntasan menunjukkan peningkatan menjadi 84% dengan nilai rata-rata siswa 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran Interview dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris dikelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Padang Bolak. 
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Suparmini, Made
Journal of Education Action Reseach Vol 5 No 1 (2021): February 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i1.31559

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa diakibatkan dengan penggunaan model pembelajaran yang monoton yang menimbulkan rasa bosan dan serta siswa tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Penjasorkes melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas VI yang berjumlah 30 orang siswa. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) nilai rata-rata aktivitas belajar mengalami peningkatan dari 52 pada hasil belajar prasiklus dengan kategori kurang aktif menjadi 71 dengan kategori cukup aktif pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 90 dengan kategori sangat aktif pada siklus II, (2) hasil belajar dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi perbedaan hasil belajar antara prasiklus ((jumlah 1692, rata-rata 56, daya serap 56%, ketuntasan belajar 17%), siklus I (jumlah 1175, rata-rata 73, daya serap 73%, ketuntasan belajar 63%) dan siklus II (jumlah 1275, rata-rata 80, daya serap 80%, ketuntasan belajar 100%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 7% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 37%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI SD Negeri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Lastia, I Nyoman
Journal of Education Action Reseach Vol 5 No 1 (2021): February 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i1.31561

Abstract

Kurangnya kemampuan guru dalam menyelenggarakan pembelajaran yang inovatif berdampak pada rendahnya hasil belajar IPS siswa. Oleh sebab itu, diperlukan upaya untuk mengatasi permasalah tersebut. Salah upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovatif. Penelitian ini berujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui implementasi model pembelajaran problem solving. Penelitian ini merupaan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 29 orang terdiri dari 19 siswa laki dan 10 siswa perempuan. Data hasil belajar dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data tersebut kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan rata-rata pada siklus 1 (76,56 menjadi 80,39) pada siklus II, dan persentase ketuntasan dari sebesar 68,97% pada siklus 1 menjadi 89,66% pada siklus II. Prolehan data ini sudah mencapai standard ketuntasan yang diharapkan penulis yaitu dengan KKM 70. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving meningkatkn hasil belajar IPS siswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2025): May Vol 9 No 1 (2025): February Vol 8 No 3 (2024): August 2024 Vol 8 No 2 (2024): May 2024 Vol 8 No 1 (2024): February 2024 Vol 8 No 4 (2024): November Vol 7 No 4 (2023): November 2023 Vol 7 No 3 (2023): August 2023 Vol 7 No 2 (2023): May 2023 Vol 7 No 1 (2023): February 2023 Vol 6 No 4 (2022): November 2022 Vol 6 No 3 (2022): August 2022 Vol 6 No 2 (2022): May 2022 Vol 6, No 1 (2022): February 2022 Vol 6 No 1 (2022): February 2022 Vol 5, No 4 (2021): November 2021 Vol 5 No 4 (2021): November 2021 Vol 5, No 3 (2021): August 2021 Vol 5 No 3 (2021): August 2021 Vol 5, No 2 (2021): May 2021 Vol 5 No 2 (2021): May 2021 Vol 5 No 1 (2021): February 2021 Vol 5, No 1 (2021): February 2021 Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020 Vol 4, No 4 (2020): NOVEMBER 2020 Vol 4, No 3 (2020): August 2020 Vol 4 No 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 2 (2020): May 2020 Vol 4 No 2 (2020): May 2020 Vol 4 No 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 2 (2020) Vol 4, No 1 (2020) Vol 3 No 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 3 (2019): August 2019 Vol 3 No 3 (2019): August 2019 Vol 3 No 2 (2019): May 2019 Vol 3 No 1 (2019): February 2019 Vol 3, No 3 (2019) Vol 3, No 2 (2019) Vol 3, No 1 (2019) Vol 2 No 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol 2 No 3 (2018): August 2018 Vol 2, No 3 (2018): August 2018 Vol 2 No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 1 (2018): February 2018 Vol 2 No 1 (2018): February 2018 Vol 1, No 3 (2017): November 2017 Vol 1 No 3 (2017): November 2017 Vol 1, No 2 (2017): August 2017 Vol 1 No 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 1 (2017): May 2017 Vol 1 No 1 (2017): May 2017 More Issue