cover
Contact Name
QARDHUL HASAN: MEDIA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Contact Email
qh.lppm@unida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
qh.lppm@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
QARDHUL HASAN: MEDIA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
ISSN : 24423726     EISSN : 25501143     DOI : -
Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat p-ISSN 2442-3726 e-ISSN 2550-1143 diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Djuanda Bogor untuk mempublikasikan hasil pengabdian kepada masyarakat yang memuat hasil pengabdian kepada masyarakat serta gagasan atau model pengembangan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang aplikatif. Qardhul Hasan (QH) terbit dua kali dalam satu tahun (April dan Oktober).
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2026): Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat" : 2 Documents clear
Pendampingan Pengembangan Usaha: Pembuatan Jamu Antidiabetes Teregistrasi P-IRT untuk Peningkatan Kesehatan Keluarga Handayani, Kiki Rizki; Wijaya, Liza; Yuliani, Fitri
Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 12 No. 1 (2026): Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/qh.v12i1.21857

Abstract

Diabetes melitus masih menjadi permasalahan nasional dengan tingkat angka kejadian yang terus meningkat setiap tahunnya. Obat tradisional dari bahan alam menjadi salah satu alternatif  pengobatan  seperti  diabetes  mellitus. Kelompok Desa Prima Mekarsari merupakan wilayah yang memilikipotensi tanaman obat keluarga. Potensi ini belum termanfaatkan optimal karena keterbatasan keterampilan teknis, sarana produksi, akses legalitas, serta pemasaran. Solusi yang ditawarkan melalui program pengabdian masyarakat adalah memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan jamu antidiabetes berbasis saintifik dan teregistrasi P-IRT. Kegiatan pelaksanaan meliputi sosialisasi program, pelatihan cara produksi pangan olahan yang baik , pendampingan pembuatan produk “DIABITA” serta evaluasi dan keberlanjutan. Kegiatan ini melibatkan 20 anggota Kelompok Desa Prima Mekarsari, Kalurahan Sitimulyo. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan tingkat pengetahuan  secara  masif.  Tingkat pengetahuan tidak tahu menurun sebanyak 45%, tingkat pengetahuan kurang menurun sebanyak 45 %, tingkat pengetahuan cukup meningkat sebanyak 10%, tingkat pengetahuan baik meningkat 75% dan tingkat pengetahuan sangat baik meningkat 5%. Pendampingan pengembangan usaha pembuatan jamu antidiabetes berhasil meningkatkan kapasitas dan keberdayaan kelompok mitra dalam produksi serta pemasaran jamu antidiabetes.
Psychoeducation about Adaptive Behaviour among Civil Servants at The National Center for Drug and Food Control (BBPOM) in Palembang Gusria, Amarisma
Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 12 No. 1 (2026): Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/qh.v12i1.21991

Abstract

AKHLAK values are crucial for every ASN to implement as a source of enthusiasm and guidance for workplace behavior. The BPOM is conducting routine assessments to measure the implementation of AKHLAK among employees and to determine its impact on daily work processes. However, the results show that it needs to improve its employees' adaptive behavior relative to other values in AKHLAK. Daily behaviors indicate that some employees still have difficulty adapting to rapidly changing work systems and to constantly changing policies. Employees sometimes feel surprised, afraid, and exhausted, and experience stress from having to adapt continuously. One of the strategies used by BPOM, in collaboration with Psychology at Sriwijaya University, is to provide psychoeducation on adaptability skills. The purpose is to help participants: (1) Identify what challenges, situations, and changes are being experienced and their solutions, (2) Increase awareness and willingness of employees to implement the solution for adaptive behavior in real life, (3) Identify their stress condition and help all employees manage stress effectively with coping stress. The community service method uses psychoeducation and an experiential learning approach with 45 employees. The evaluation used a pre-post test survey and an overall assessment on a 1-5 scale. The results showed an increase in participants' knowledge of adaptive abilities, with scores rising by 20%-43%, and even participants strongly agreed that this agenda could have a significant impact on future work performance.

Page 1 of 1 | Total Record : 2