cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
ISSN : 22529063     EISSN : 26857006     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 7 (2013)" : 3 Documents clear
AUGMENTED REALITY BOOK PENGENALAN TOPENG BALI KLASIK Lanang Nugraha, Made; Crisnapati, Padama Nyoman; Sunarya, I Made Gede; Windu Antara Kesiman, Made
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol 2, No 7 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v2i7.19767

Abstract

Beragam jenis topeng yangterdapat di Bali, namun masyarakat Bali padaumumnya tidak mengetahui, dan mulaimeninggalkan seni topeng tersebut. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk memanfaatkanteknologi dengan cara mengembangkan aplikasiyang dapat digunakan sebagai media untukmempelajari dan memperkenalkan Topeng BaliKlasik dengan lebih interaktif dan menarik.Metode penelitian yang digunakan adalahpenelitian dan pengembangan, untukmengembangkan aplikasi Augmented RealityBookpengenalan Topeng Bali Klasik, denganmenggunakan model waterfall sampai pada tahappengujian sistem.Aplikasi ini menggunakanlibrary vuforia yang mampu memainkan suaradanmenampilkan objek 3 dimensi Topeng BaliKlasik ke dalam sebuah lingkungan nyata denganmenggunakan bantuan buku dan smartphoneandroid.Hasil akhirnya berupa buku yangberisikan informasi dan gambar terkait topengtopengBali yang difungsikan sebagai penanda danjuga aplikasi Augmented Reality Book berbasisandroid yang mampu menampilkan objek topengtopengBali dalam bentuk 3 dimensi tepat di atasmarker lengkap dengan suara narasi penjelasan.Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media untukmemperkenalkan sekaligus melestarikan budayabangsa.media untuk memperkenalkan sekaligusmelestarikan budaya bangsa.
AUGMENTED REALITY BOOK PENGENALAN JENIS-JENIS PETULANGAN Reditya Ary Prasetya, Agus Nyoman; Mahendra Darmawiguna, I Gede; Windu Antara Kesiman, Made; Crisnapati, Padama Nyoman
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol 2, No 7 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v2i7.19766

Abstract

Petulangan merupakan salah satukebudayaan yang terkenal di Bali, tapi kebanyakanmasyarakat Bali kurang tahu jenis-jenis Petulanganyang ada di Bali. Ini disebabkan karena minatmasyarakat untuk mempelajari kebudayaan Baliyaitu Petulangan sangat rendah. Salah satu faktorpenyebabnya adalah perkembangan teknologi.Tujuan dari penelitian ini adalah untukmerancang dan mengimplementasikan aplikasiyang dapat digunakan sebagai media untukmempelajari dan memperkenalkan Jenis-jenisPetulangan dengan lebih interaktif danmenarik dengan memanfaatkan teknologi.Metode penelitian yang digunakan adalahpenelitian dan pengembangan, untukmengembangkan aplikasi Augmented Reality Bookpengenalan Jenis-jenis Petulangan, denganmenggunakan model Waterfall sampai pada tahappengujian sistem. Aplikasi ini menggunakan libraryvuforia yang mampu memainkan suara penjelasandan menampilkan objek 3 dimensi Jenis-jenisPetulangan ke dalam sebuah lingkungan nyatadengan menggunakan bantuan buku dansmartphone android.Hasil penelitian ini berupa buku yang berisikaninformasi dan gambar terkait Jenis-jenis Petulanganyang difungsikan sebagai penanda dan juga aplikasiAugmented Reality Book berbasis android yangmampu menampilkan objek Petulangan dalambentuk 3 dimensi tepat di atas marker lengkapdengan suara narasi penjelasan. Aplikasi ini dapatdijadikan sebagai media untuk memperkenalkansekaligus melestarikan budaya bangsa.
AUGMENTED REALITY BOOK PENGENALAN TATA LETAK BANGUNAN PURA BESAKIH Dwi Suparyanta, Kadek; Crisnapati, Padma Nyoman; Sunarya, I Made Gede; Windu Antara Kesiman, Made
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol 2, No 7 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v2i7.19765

Abstract

Pura Besakih merupakan PuraTerbesar yang ada di Bali. Keberadaan PuraBesakih yang terletak di lereng Gunung Agung,sangat beresiko terkena bencana danmembahayakan Pura Besakih itu peneliti. Tujuandari penelitian ini adalah untuk memanfaatkanteknologi dengan cara mengembangkan aplikasiyang dapat digunakan sebagai media untukmempelajari sekaligus melestarikan Pura Besakih.Metode penelitian yang digunakanadalah penelitian dan pengembangan, untukmengembangkan aplikasi Augmented Reality Bookpengenalan tata letak Pura Besakih, denganmenggunakan model waterfall sampai pada tahappengujian sistem. Aplikasi ini menggunakanlibrary vuforia yang mampu menampilkan objek 3dimensi bangunan pura ke dalam sebuahlingkungan nyata dengan menggunakan bantuanbuku dan smartphone android.Hasil akhirnya berupa buku yangberisikan informasi dan gambar terkait PuraBesakih (khusus Pura Penataran Agung) yangdifungsikan sebagai penanda dan juga aplikasiAugmented Reality Book berbasis android yangmampu menampilkan objek bangunan PuraPenataran Agung dalam bentuk 3 dimensi tepat diatas marker lengkap dengan suara narasipenjelasan. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagaimedia untuk memperkenalkan sekaligusmelestarikan budaya bangsa.

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025) Vol. 14 No. 1 (2025) Vol. 13 No. 3 (2024) Vol. 13 No. 2 (2024) Vol. 13 No. 1 (2024) Vol. 12 No. 3 (2023) Vol. 12 No. 2 (2023) Vol. 12 No. 1 (2023) Vol. 11 No. 3 (2022) Vol. 11 No. 2 (2022) Vol. 11 No. 1 (2022) Vol 10, No 3 (2021) Vol. 10 No. 3 (2021) Vol. 10 No. 2 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol. 10 No. 1 (2021) Vol. 9 No. 3 (2020) Vol 9, No 3 (2020) Vol. 9 No. 2 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol. 9 No. 1 (2020) Vol. 8 No. 3 (2019) Vol 8, No 3 (2019) Vol. 8 No. 2 (2019) Vol 8, No 2 (2019) Vol. 8 No. 1 (2019) Vol 8, No 1 (2019) Vol 7, No 3 (2018) Vol. 7 No. 3 (2018) Vol 7, No 2 (2018) Vol. 7 No. 2 (2018) Vol. 7 No. 1 (2018) Vol 7, No 1 (2018) Vol 6, No 3 (2017) Vol. 6 No. 3 (2017) Vol. 6 No. 2 (2017) Vol 6, No 2 (2017) Vol. 6 No. 1 (2017) Vol 6, No 1 (2017): Vol 5, No 3 (2016): Vol. 5 No. 3 (2016) Vol. 5 No. 2 (2016) Vol 5, No 2 (2016): Vol 5, No 1 (2016) Vol. 5 No. 1 (2016) Vol 4, No 5 (2015) Vol. 4 No. 5 (2015) Vol 4, No 4 (2015) Vol. 4 No. 4 (2015) Vol. 4 No. 3 (2015) Vol 4, No 3 (2015) Vol 4, No 2 (2015) Vol. 4 No. 2 (2015) Vol. 4 No. 1 (2015) Vol 4, No 1 (2015) Vol. 3 No. 7 (2014) Vol 3, No 7 (2014) Vol. 3 No. 6 (2014) Vol 3, No 6 (2014) Vol 3, No 5 (2014) Vol. 3 No. 5 (2014) Vol. 3 No. 4 (2014) Vol 3, No 4 (2014) Vol. 3 No. 3 (2014) Vol 3, No 3 (2014) Vol. 3 No. 2 (2014) Vol 3, No 2 (2014) Vol 3, No 1 (2014) Vol. 3 No. 1 (2014) Vol. 2 No. 8 (2013) Vol 2, No 8 (2013) Vol 2, No 7 (2013) Vol. 2 No. 7 (2013) Vol. 2 No. 6 (2013) Vol 2, No 6 (2013) Vol. 2 No. 5 (2013) Vol 2, No 5 (2013) Vol 2, No 4 (2013) Vol. 2 No. 4 (2013) Vol 2, No 3 (2013) Vol. 2 No. 3 (2013) Vol. 2 No. 2 (2013) Vol 2, No 2 (2013) Vol. 2 No. 1 (2013) Vol 2, No 1 (2013) Vol 1, No 5 (2012) Vol. 1 No. 5 (2012) Vol. 1 No. 4 (2012) Vol 1, No 4 (2012) Vol 1, No 3 (2012) Vol. 1 No. 3 (2012) Vol 1, No 2 (2012) Vol. 1 No. 2 (2012) Vol 1, No 1 (2012) Vol. 1 No. 1 (2012) More Issue