cover
Contact Name
Fajar Fadly
Contact Email
fajar@stei-iqra-annisa.ac.id
Phone
+6282383394523
Journal Mail Official
al-amwal@stei-iqra-annisa.ac.id
Editorial Address
Jl. Riau Ujung No. 73 Pekanbaru-Riau-Indonesia
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Al-Amwal
Published by STEI Iqra Annisa
ISSN : 2303064X     EISSN : 26230771     DOI : -
Jurnal "AL-AMWAL" terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Volume 6, No. 1 Juni 2017" : 7 Documents clear
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING YUSRIADI, YUSRIADI
Al-Amwal Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Volume 6, No. 1 Juni 2017
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1436.152 KB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh relationship marketing yang variabelnya meliputi financial benefit, social benefit dan structural benefit terhadap loyalitas nasabah pada PT. BPRS Berkah Dana Fadhlillah Kabupaten Kampar baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan berapa persen ketiga variabel tersebut menjelaskan pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah. Dengan menggunakan alat analisa regresi berganda, di peroleh hasil variabel financial benefit berpengaruh secara positif terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung sebesar 8,763 > t Tabel 1,9796 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Variabel social benefit hasilnya berpengaruh secara negatif terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung sebesar 2,234 > t Tabel 1,9796, nilai t hitung negatif, dan nilai signifikansi sebesar 0,027 < 0,05. Variabel structural benefit hasilnya berpengaruh secara negatif terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung sebesar 2,332 > t Tabel 1,9796, nilai t hitung negatif, dan nilai signifikansi sebesar 0,021 < 0,05. Untuk nilai F sebesar 29,105 > F Tabel sebesar 2,68 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai determinasi nya yang di sesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0,403 atau sebesar 40,3%. Dari analisis data, secara parsial hasilnya financial benefit berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyaltas nasabah. Social benefit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Social benefit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan secara simultan financial benefit, social benefit dan structural benefit berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.
STUDI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN IMTIHAN, HUSNUL
Al-Amwal Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Volume 6, No. 1 Juni 2017
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.893 KB)

Abstract

Secara khusus, penelitian ini akan mendeskripsikan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Hasil penelitian membuktikan bahwa partisipasi masyarakat dalam setiap proses perencanaan Pembangunan belum terlibat sepenuhnya, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti, keterbatasan anggaran dan kebijakan pemerintah baik eksekutif maupun legeslatif, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari informan, dan dokumen. Metode analisa data menggunakan analisa data kualitatif model interaktif Miles, Huberman dan Saldana, (2014), yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
PENENTUAN BAGI HASIL KERJASAMA YUSRO, NELI
Al-Amwal Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Volume 6, No. 1 Juni 2017
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.171 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan sampel sebanyak 71 pemilik kebun dan 81 petani karet. Sumber data yang penulis pergunakan adalah sumber data primer dan skunder sedangkan penggumpulan datanya adalah wawancara yang dilakukan penulis kepada pemilik dan petani karet dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti. Observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap suatu peristiwa yang terjadi dilapangan. Setelah data terkumpul, penulis melakukan analisis data dengan menggunakan metode induktif yaitu dengan mengemukakan data-data kemudian diambil kesimpulan secara umum dan metode deskriptif analisis yaitu suatu uraian penulisan yang menggambarkan masalah yang diteliti kemudian dianalisis oleh penulis.. Setelah penelitian ini dilakukan penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa pelaksanaan perjanjian kerjasama antara pemilik kebun karet dengan petani karet pada desa batu belah tidak sesuai dengan ketentuan ekonomi islam. Yakni adanya kesamaran (gharar) dalam melakukan perjanjian, sehingga sering terjadi kesalahpahaman antara kedua belah pihak. Dan juga seringnya petani karet melakukan kecurangan dalam penyetoran hasil karet yang diolahnya.
PENYELESAIAN SENGKETA PERBANKAN MELALUI MEDIASI PERBANKAN SYUKRAN, MUSRIFAH
Al-Amwal Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Volume 6, No. 1 Juni 2017
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.832 KB)

Abstract

Dalam pelaksanaan kegiatan usaha perbankan seringkali hak-hak nasabah tidak dapat terlaksana dengan baik sehingga menimbulkan friksi antara nasabah dengan bank yang ditunjukkan dengan munculnya pengaduan nasabah. Proses mediasi perbankan merupakan kelanjutan dari pengaduan nasabah apabila nasabah merasa tidak puas atas penanganan dan penyelesaian yang diberikan oleh bank.
SIKLUS AKUNTANSI BAGIAN DARI ALAT PENGAMBILAN KEPUTUSAN BISNIS EKONOMI ISLAM SUHENDI, SUHENDI
Al-Amwal Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Volume 6, No. 1 Juni 2017
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.498 KB)

Abstract

Akuntansi dimulai sejak manusia mengenal uang sebagai alat pembayaran dan membuat catatan. Pembukuan atau tata buku adalah suatu seni pencatatan, pengelompokan, dan pengikhtisaran. Adapun akuntansi lebih luas cakupannya daripada pembukuan. Siklus akuntansi adalah proses penyediaan informasi keuangan yang meliputi tahap pencatatan, pengikhtisaran sampai dengan tahap penyusunan laporan keuangan berdasarkan tahapan-tahapan penyusunan laporan keuangan. Pada umumnya siklus akuntansi adalah proses penyediaan informasi keuangan yang meliputi, pencatatan, pengihksaran, sampai dengan tahap penyusunan laporan keuangan dalam suatu orgaanisasi/perusahaan.  Dalam Islam, pengertian bisnis itu sendiri tidak dibatasi urusan dunia, tetapi mencakup pula seluruh kegiatan kita didunia yang dibisniskan (diniatkan sebagai ibadah) untuk meraih keuntungan atau pahala akhirat. Kaum muslimin mengetahui dan memahami apa saja yang harus ada pada pribadi pembisnis yang sesuai dengan dustur yang telah ada (Al- Qur’an dan Al- hadits), maka niscaya akan tercipta suasana yang harmonis serta akan terjalin ukhuwwah Islamiyah diantara kita. Informasi yang dihasilkan akuntansi untuk membuat perencanaan yang efektif, pengawasan dan pengambilan keputusan oleh manajemen.
EFEKTIFITAS PELAKSANAAN RESTRUKTURISASI PEMBIAYAAN TERHADAP PENURUNAN NPF KHAIRUNISA, MADONA
Al-Amwal Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Volume 6, No. 1 Juni 2017
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (680.186 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pelaksanaan restrukturisasi pembiayaan bermasalah pada Bank Riau Kepri Cabang Syariah Pekanbaru; (2) untuk mengetahui faktor dan kendala yang memengaruhi pelaksanaan restrukturisasi; dan (3) untuk menganalisa efektifitas pelaksanaan restrukturisasi terhadap penurunan NPF. Untuk mencapai tujuan tersebut Penulis memakai metodologi penelitian bersifat kualitatif dalam penelitian yang bersifat lapangan ini. Sumber data diperoleh langsung melalui wawancara selain dari dokumen dan literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Setelah data terkumpul dengan lengkap baru dianalisa secara deskriptif dengan metode analisis deduktif dimana data-data umum yang telah dikumpulkan ditarik kesimpulan secara khusus. Setelah dilakukan penelitian maka didapatkan kesimpulan bahwa (1) pelaksanaan restrukturisasi di Bank Riau Kepri Cabang Syariah Pekanbaru telah berlangsung dari tahun 2010 hingga 2012 dan tercatat total 41 (empat puluh satu) pembiayaan murabahah dan musyarakah telah direstrukturisasi. Pola restrukturisasi yang digunakan adalah perpanjangan jangka waktu dan konversi akad pembiayaan lama menjadi akad pembiayaan baru; (2) faktor yang memengaruhi keberhasilan pelaksanaan restrukturisasi adalah terjadinya penurunan kemampuan bayar nasabah namun kegiatan usahanya masih berjalan dan nasabah mempunyai itikad baik untuk menyelesaikan permasalahannya. Selain itu agunan telah dikuasai dan diikat secara sempurna oleh Bank dan tidak terjadi konflik internal dalam manajemen usaha nasabah; serta (3) pelaksanaan restrukturisasi pembiayaan berjalan efektif karena terjadi penurunan angka NPF pasca pelaksanaan. Di sisi lain, bagi nasabah restrukturisasi sangat membantu nasabah dalam memenuhi kewajibannya kembali kepada Bank.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN JUNIARTI, RINI
Al-Amwal Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Volume 6, No. 1 Juni 2017
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (833.147 KB)

Abstract

Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah nasabah PT. BRI Syariah Cabang pekanbaru dengan 100 responden, penentuan responden dengan menggunakan teknik sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/koesioner. Sebelum digunakan untuk memperoleh data, koesioner diuji validitas. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini maka diperoleh persamaan regresi linier sederhana, yaitu: Y = 7,303 + 0,117X, menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Artinya Bahwa setiap adanya peningkatan layanan yang dilakukan karyawan PT. BRI Syariah Cabang Pekanbaru maka akan meningkatkan loyalitas nasabah.

Page 1 of 1 | Total Record : 7