cover
Contact Name
Fajar Fadly
Contact Email
fajar@stei-iqra-annisa.ac.id
Phone
+6282383394523
Journal Mail Official
al-amwal@stei-iqra-annisa.ac.id
Editorial Address
Jl. Riau Ujung No. 73 Pekanbaru-Riau-Indonesia
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Al-Amwal
Published by STEI Iqra Annisa
ISSN : 2303064X     EISSN : 26230771     DOI : -
Jurnal "AL-AMWAL" terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 1, Juni 2019" : 7 Documents clear
PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN BAHAN MAKANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN OLEH IBU RUMAHTANGGA MUSLIM DI PEKANBARU HAYANI, NURRAHMI
Al-Amwal Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 1, Juni 2019
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.117 KB)

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah sertifikasi halal dan bahan makanan berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian produk makanan  oleh ibu rumahtangga muslim di kelurahan Air putih kec.Tampan Pekanbaru Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh ibu rumahtangga muslim di kelurahan Air putih kecamatan Tampan Pekanbaru.  Jumlah sampel adalah 100 orang responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa variabel sertifikasi halal dan bahan makanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk makanan pada ibu rumahtangga di kelurahan Air putih Kecamatan Tampan Pekanbaru baik secara parsial maupun simultan. Kontribusi variabel keputusan Sertifikasi Halal dan Bahan Makanan terhadap keputusan pembelian adalah  sebesar 33,5% dan sisanya 66,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
PRAKTEK PEMINJAMAN MODAL USAHA KEBUN KELAPA SAWIT PADA TOKE KELAPA SAWIT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Sei Segajah Kec. Kubu Kab Rokan Hilir) MUNTHE, MARABONA; NURFAZILAYANI, NURFAZILAYANI
Al-Amwal Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 1, Juni 2019
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.677 KB)

Abstract

Jual Beli Rosok Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Jual Beli Sapi Di Pasar Ternak Matur, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat)
ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MENUNAIKAN ZAKAT DI LAZ SWADAYA UMMAH PEKANBARU SUSANTI, EVA; EDWARD, YURNAL
Al-Amwal Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 1, Juni 2019
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.599 KB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan apakah ada pengaruh kepercayaan, religiusitas dan pendapatan terhadap minat masyarakat membayar zakat. Penelitian ini bertujuan menguji secara parsial dan simultan bagaimana kepercayaan, religiusitas dan pendapatan berpengaruh terhadap minat masyarakat membayar zakat di Laz Swadaya Ummah Pekanbaru. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah menggunakan ketentuan slovin. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS Versi 16.0 for windows menunjukkan bahwa  pengaruh antara kepercayaan terhadap minat masyarakat, menunjukkan nilai t hitung 7,067 dan p value (sig) sebesar 0,000 yang di bawah 5%. Artinya bahwa kepercayaan berpengaruh terhadap minat masyarakat. Pengaruh antara religiusitas terhadap minat masyarakat menunjukkan nilai t hitung 4,378 dan p value (sig) sebesar 0,000 yang di bawah 5%. Artinya bahwa religiusitas berpengaruh terhadap minat masyarakat. Sedangkan pengaruh antara pendapatan terhadap minat masyarakat menunjukkan nilai t hitung 2,530 dan p value (sig)0,013 dengan menggunakan tingkat alpha 5%, maka posisi nilai probabilitasnya berada dibawah Alphanya. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendapatan terhadap minat masyarakat.
PENGARUH PENGELOLAAN USAHA PONDOK PESANTREN JABAL NUR KANDIS TERHADAP JIWA KEWIRAUSAHAAN ALUMNI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM HARAHAP, ISMAIL; WINARIO, MOHD
Al-Amwal Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 1, Juni 2019
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.755 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan usaha Pondok Pesantren Jabal Nur serta pengaruhnya terhadap jiwa kewirausahaan alumni menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Jabal Nur simp. Belutu Jln, Sultan Syarif Qasim Kandis ? Siak ? Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh alumni Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis angkatan 2010 sampai 2016 yang berjumlah 186 orang, dan sampelnya sebanyak 15% atau 28 orang dari total populasi dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian dapat disimpulkan pengelolaan usaha Pondok Pesantren berpengaruh terhadapa jiwa kewirausahaan alumni. Pengaruh yang ditimbulkan dari pengelolaan usaha Pondok Pesantren tersebut adalah bahwa jiwa kewirausahaan alumni santri kian tumbuh dan terasa. Jiwa kewirausahaan yang terdapat dalam diri alumni santri sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. Hal ini dapat dilihat pada aspek takwa, ketakwaan, zikir, dan syukur, jiwa kewirausahaan alumni santri termasuk dalam kategori tinggi/baik, begitu juga pada aspek bangun subuh dan bekerja, toleransi, zakat dan infak. Sedangkan pada aspek jujur, jiwa kewirausahaan alumni santri termasuk dalam kategori sangat tinggi.
PEMIKIRAN YUSUF QARDHAWI TENTANG KONSUMSI (STUDI TERHADAP KITAB DAURUL QIYAM WAL AKHLAQ FIL IQTISHADIL ISLAMI) FAIZAH, LINA; FUADDI, HUSNI
Al-Amwal Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 1, Juni 2019
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.975 KB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena konsumsi dalam ekonomi Islam memiliki persepektif yang berbeda dengan persepektif ekonomi konvensional, sebagai muslim maka yang harus dilakukan adalah melakukan segala aktivitasnya termasuk konsumsi sesuai dengan anjuran Islam. Banyak pemikir Islam telah merumuskan konsumsi dalam perspektif Islam salah satunya adalah Yusuf Qardhawi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana konsep konsumsi menurut Yusuf Qardhawi berdasarkan kitab Daurul Qiyam fil Akhlaq wal Iqtishadil Islami dan relevansinya dengan teori konsumsi dalam ekonomi Islam. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari kitab Daurul Qiyam fil Akhlaq wal Iqtishadil Islami yang diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia berjudul Peran Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam, serta berbagai buku-buku dan informasi lainnya yang mendukung untuk pembuatan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yusuf Qardhawi menuliskan 3 unsur atau konsep konsumsi dalam kitab Daurul Qiyam wal Akhlaq fil Iqtishadil Islami, yaitu pembelanjaan pada hal-hal yang baik dan tidak berbuat kikir, tidak bermewah-mewahan, tidak berlebihan serta tidak boros, dan ketiga unsur atau konsep tersebut berkaitan dengan teori konsumsi dalam ekonomi Islam.
STRATEGI PEMASARAN PADA CV. RABBANI PEKANBARU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM FUSYANTI, NOVITA; IRWAN, YUDI
Al-Amwal Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 1, Juni 2019
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.156 KB)

Abstract

Penelitian  ini adalah penelitian lapangan untuk mengetahui tentang strategi pemasaran pada CV. Rabbani Pkanbaru dalam prespektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Proses analisis bersifat induktif, yaitu mengumpulkan informasi-informasi khusus menjadi satu kesatuan dengan jalan mengumpulkan data, menyusun dan mengklasifikasikannya dan menganalisa strategi pemasaran pada CV. Rabbani pekanbaru dalam prespektif ekonomi islam. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa  strategi pemasaran pada CV. Rabbani pekanbaru dalam prespektif ekonomi islam.  Menggunakan 3 komponen strategi  yaitu marketing mix, targeting pasar, positioning pasar. 3 strategi ini yang di buat oleh CV. Rabbani pekanbaru.
PEMAHAMAN MASYARAKAT DALAM PEMBAYARAN ZAKAT HASIL PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI DESA AIR HITAM KECAMATAN PUJUD KABUPATEN ROKAN HILIR. IRAWAN, ADE; YAHANAN, YAHANAN; ERWIN, MUHAMMAD
Al-Amwal Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 1, Juni 2019
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.855 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian lapangan yang berusaha untuk melihat sejauh mana pemahaman pemilik kebun kelapa sawit dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemahaman petani kelapa sawit terhadap zakat perkebunan di Desa Air Hitam Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Dalam proses pengumpulan data pada penelitian ini penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi dari Desa setempat. Setelah data dapat dikumpulkan dan disusun secara sistematis maka langkah penulis selanjutnya menganalisa data tersebut dan kemudian data-data yang telah diolah akan dipaparkan dalam bentuk kata-kata sehingga teknik ini disebut dengan istilah Deskriptif Kualitatif. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pemilik kebun kelapa sawit dalam membayar zakat perkebunan kelapa sawit di Desa Air Hitam Kecamatan Pujud Kabupaten Rohil terdiri dari faktor ilmu pengetahuan pemilik kebun kelapa sawit tentang zakat perkebunan kelapa sawit dan lembaga-lembaga zakat yang belum tersedia.

Page 1 of 1 | Total Record : 7