cover
Contact Name
Akhmad Maliki
Contact Email
maliki.ts@uwks.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.axial@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi
ISSN : 23376317     EISSN : 26150824     DOI : http://dx.doi.org/10.30742/axial.v10i1
Core Subject : Engineering,
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya sejak tahun 2012 dengan ISSN:2337-6317 untuk terbitan versi cetak, sedangkan untuk terbitan versi online mulai tahun 2018 dengan ISSN: 2615-0824. axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi merupakan jurnal yang berisikan tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, kajian, dan telaah kritis dibidang ilmu ketekniksipilan dengan konsentrasi ilmu rekayasa struktur, bangunan air, manajemen transportasi/lalu lintas, manajemen konstruksi dan geoteknik. axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi diterbitkan tiga kali dalam satu tahun, antara bulan April, Agustus dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 3 (2020): Volume 8: No. 3: 2020" : 4 Documents clear
PERENCANAAN STRUKTUR GEDUNG APARTEMEN ROYAL PARADISE DENGAN KONSTRUKSI BETON BERTULANG MENGGUNAKAN METODE SRPMK DI KOTA BANDUNG Freitas, Joaozinho; Siswoyo, Siswoyo
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi Vol 8, No 3 (2020): Volume 8: No. 3: 2020
Publisher : Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/axial.v8i3.1415

Abstract

Abstrak: Untuk bangunan konstruksi Gedung bertingkat, pengaruh resiko gempa harus diperhitungkan mengingat kota Bandung merupakan Kawasan wilayah resiko gempa zona 5. Sistem yang digunakan dalam merencanakan bangunan Gedung tahan gempa adalah Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Pada laporan ini bertujuan untuk mendapatkan hasil dimensi kolom dan balok  struktur Gedung 10 lantai dengan metode SRPMK sesuai peraturan SNI 2847:2013 dan mendapatkan hasil persencanaan struktur Gedung bangunan tahan gempa dengan meninjau simpangan antar lantai sesuai SNI 1726:2012. Pada Analisa gaya-gaya dalam dan beban lateral yang terjadi pada struktur gedung apartemen, mengunakan program  SAP 2000 dan gambar hasil perhitungan menggunakan Autocad 2015. Simpangan antar lantai  Gedung tingkat desain (D) yaitu 15,354 mm lebih kecil dari simpangan gedung tingkat ijin (Da) yaitu 61,54 mm. Kontrol Trayleigh yaitu 1,598 detik  T empiris yaitu 1,291 detik. Persyaratan strong column weak beam untuk kuat lentur kolom Sigma Mnc yaitu 1783,07 kNm lebih besar/sama dengan (  ) Sigma Mnb yaitu 1414,64 kNm, dan momen gaya geser dalam HBK 4 balok adalah GeserVn yaitu 3696,07 kN lebih besar ????????−???? = 2188,69 kN. Maka sesuai peraturan dan persyaratn SNI 2847:2013 dan SNI 1726:2012 telah terpenuhi.  Kata kunci: SRPMK, gempa, beton bertulang
ANALISIS PERBANDINGAN KEHILANGAN PRATEGANG METODE STRESSING SATU ARAH DAN DUA ARAH JEMBATAN BETON PRATEGANG PADA PROYEK JEMBATAN BENOWO SURABAYA Deru, Arnolda; Siswoyo, Siswoyo; Huda, Miftahul
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi Vol 8, No 3 (2020): Volume 8: No. 3: 2020
Publisher : Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/axial.v8i3.1414

Abstract

Abstrak. Beton prategang merupakan beton yang menerima tengangan internal berupa tegangan tekan awal yang diakibatkan oleh gabungan tendon yang ditarik dahulu sebelum menerima beban untuk mengimbangi tegangan yang terjadi akibat beban eksternal, dimana proses pemberian tegangan dilakukan sebelum beton dicetak (pratarik) atau setelah beton dicetak (pascatarik). Tegangan yang diberikan dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu metode stressing satu arah dan stressing dua arah. Pemberian tegangan dengan kedua metode stressing mengakibatkan kehilangan gaya prategang. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui besar kehilangan prategang agar dapat memprediksi kehilangan prategang jangka panjang guna mengestimasi besarnya lawan lendut. Analisis yang dilakukan yaitu dengan menghitung gaya prategang, menentukan jumlah dan lintasan tendon, menghitung kehilangan prategang metode stressing satu arah dan dua arah, menghitung kontrol tegangan dan lendutan pada girder. Jenis girder yang digunakan pada perhitungan ini adalah PC I Girder. Dari hasil analisis didapatkan hasil kehilangan prategang metode stressing satu arah pada PC I girder sebesar 24,40 persen, dan kehilangan prategang metode stressing dua arah (ditarik bergantian) sebesar 24,12 persen dan metode stressing dua arah (ditarik bersamaan) sebesar 20,76 persen.Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kehilangan prategang dengan menggunakan metode stressing dua arah khususnya yang ditarik bersamaan lebih kecil dibandingkan dengan metode stressing satu arah.  Kata kunci : beton prategang, metode stressing, satu arah, dua  arah
PERCEPATAN WAKTU PELAKSANAAN PROYEK TERHADAP BIAYA KONTRAKTOR (Studi Kasus : Proyek Kozko Citraland Surabaya) Dicky Dwi Saputra; Miftahul Huda; Siswoyo Siswoyo
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi Vol 8, No 3 (2020): Volume 8: No. 3: 2020
Publisher : axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/axial.v8i3.1418

Abstract

Abstrak: Pada percepatan waktu  pelaksanaan suatu proyek merupakan salah satu komponen yang harus dilakukan agar efisiensi biaya dan waktu pelaksanaan proyek dapat tersistem dengan baik, sehingga tidak terjadi keterlambatan terhadap pengerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai aktivitas jaringan kerja dengan bantuan aplikasi Microsoft Project dan mendreskripsikan mengenai efektivitas waktu percepatan dan efisiensi biaya pelaksanaan proyek dengan melakukan analisa metode crash program dengan penambahan  jam kerja lembur. Proyek pembangunan Kozko Citraland Surabaya penyelesaiannya bisa lebih cepat dari waktu normal 366 hari menjadi 334 hari dan didapatkan efisiensi waktu pengerjaan proyek 8,74persen dengan selisih percepatan 32 hari kerja, dengan menggunakan percepatan diperoleh biaya optimal sebesar Rp 41.666.300.914 dari biaya normal Rp.41.690.000.000 untuk efisiensi biaya adalah 0,06 persen dengan selisih biaya adalah Rp 23.699.086.  Kata kunci: Microsoft Project, Crash Program, Jam Lembur.
DAMPAK PERCEPATAN DURASI PELAKSANAAN TERHADAP ANGGARAN PROYEK (STUDI KASUS : PEMBANGUNAN STRUKTUR GUDANG CRM PT SUN RISE MILL MOJOKERTO) ALief, Jajang Nur; Huda, Miftahul; Siswoyo, Siswoyo
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi Vol 8, No 3 (2020): Volume 8: No. 3: 2020
Publisher : Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/axial.v8i3.1417

Abstract

Abstrak: Pada pelaksanaan suatu proyek konstruksi, tidak akan dapat dihindari keterlambatan pekerjaan dikarenakan perencanaan dan penjadwalan yang kurang baik. Salah satu solusi yang dapat digunakan yaitu dengan mempercepat durasi pelaksanaan proyek. Penelitian dilakukan bertujuan untuk menentukan durasi dan biaya yang lebih efisien. Dalam melakukan analisa hubungan antara percepatan waktu dengan biaya pada proyek pembangunan gudang CRM PT Sun Rise Mill Mojokerto dengan menggunakan metode crashing. Pengolahan data menggunakan aplikasi program bantu Microsotf Project 2016, yang kemudian diketahui lintasan kritis dengan CPM (Critical Path Method). Dan dilakukan perhitungan crashing yang nantinya didapat kesimpulan jika percepatan bisa mengurangi total durasi pada penyelesaian proyek dari 255 hari menjadi 220 hari (lebih cepat 35 hari) dengan tambahan biaya sebesar Rp. Rp. 16.814.150,00 dengan penambahan biaya (Cost Slope) sebesar Rp 525.442,19 per hari selama 35 hari, sehingga biaya total yang diperlukan untuk mempercepat penyelesaian pembangunan sebesar Rp 14.308.109.277,23 yang semula direncanakan sebesar Rp 14.291.295.127,23.Kata kunci : Proyek, Durasi, Crashing, Cost Slope, MS Project. Kata kunci: Proyek, Durasi, Crashing, Cost Slope, MS Project

Page 1 of 1 | Total Record : 4