cover
Contact Name
Asti Pirmanda Saputri
Contact Email
astips17@gmail.com
Phone
+6282246731260
Journal Mail Official
almanaunla@gmail.com
Editorial Address
Jalan Karapitan No. 116, Kota Bandung, Jawa Barat
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : 25794892     EISSN : 26558327     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis merupakan jurnal yang diperuntukkan agar dosen dan mahasiswa prodi manajemen dapat menuangkan karya ilmiah mereka melalui wadah jurnal ALMANA. Juga dapat menyerap karya ilmiah dosen dan mahasiswa dari luar perguruan tinggi UNLA.
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2018): Vol. 2 No. 3/ Desember 2018" : 30 Documents clear
PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI DOKTER TERHADAP KEPUASAN KERJA DOKTER DI RUMAH SAKIT TIPE C DI WILAYAH BANDUNG RAYA Syahidin, Rukhiyat
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 3 (2018): Vol. 2 No. 3/ Desember 2018
Publisher : Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Langlangbuana University Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif, metode peneltian yang digunakan descriptive survey dan exlanantory survey. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah para dokter di rumah sakit tipe C di di kabupaten Bandung, kota Bandung, kota Cimahi dan kabupaten Bandung Barat sebanyak 133 orang. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisa jalur (Path Analysis).
PENERAPAN METODE PERT DAN CPM DALAM PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN JALAN PAVING UNTUK MENCAPAI EFEKTIVITAS WAKTU PENYELESAIAN PROYEK Yusdiana, Eva Dewi; Satyawisudariniq, Inne
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 3 (2018): Vol. 2 No. 3/ Desember 2018
Publisher : Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Langlangbuana University Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyediaan sarana transportasi jalan yang nyaman seperti jalan paving adalah salah satu bentuk perhatian Pemerintah untuk masyarakat sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan serta mempercepat pembangunan ekonomi daerah. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis melakukan penelitian di Kantor Desa Paras. Metode yang dilakukan dalam penelitian di Kantor Desa Paras adalah metode analisis deskriptif, dimana teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan cara penelitian lapangan (pengamatan, wawancara, dan dokumentasi) serta penelitian kepustakaan. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan metode PERT dan CPM. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pengerjaan proyek jalan paving di Desa Paras untuk proyek yang sudah selesai dianalisa menggunakan metode CPM dapat berkurang selama 3 hari, yaitu waktu pengerjaan selama 14 hari dapat menjadi 11 hari. Dan proyek yang belum selesai dianalisa menggunakan metode PERT dapat berkurang selama 19 hari, yaitu rencana waktu pengerjaan selama 60 hari dapat menjadi 41 hari. Kedua metode tersebut dapat mempercepat pengerjaan proyek jalan paving. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode PERT dan CPM mampu mencapai efektivitas waktu dalam pengerjaan proyek jalan paving di Desa Paras.
PENGARUH NET INTEREST MARGIN (NIM) DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO) TERHADAP PERUBAHAN LABA Widyastuti, Putri Siswinarti
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 3 (2018): Vol. 2 No. 3/ Desember 2018
Publisher : Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Langlangbuana University Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fokus penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh rasio keuangan terhadap perubahan laba. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011‐2015 yang berjumlah 25 perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan alat bantu program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel NIM tidak berpengaruh terhadap perubahan laba. Variabel BOPO menunjukkan berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba. Sedangkan pengujianhipotesis secara simultan NIM dan BOPO tidak terdapat pengaruh terhadap perubahan laba.
PENGARUH PELAYANAN PRIMA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA RESTORAN MC DONALD’S CIMAHI) Noor Ana, Dilla Isti; Sondari, Tanty
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 3 (2018): Vol. 2 No. 3/ Desember 2018
Publisher : Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Langlangbuana University Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini, penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di Mc Donald’s Cimahi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan konsumen terhadap pelayanan prima, kualitas produk dan kepuasan konsumen Mc Donald’s Cimahi secara keseluruhan berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasankonsumen dengan pengaruh total sebesar 0,209 atau 20,9% dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan pengaruh total sebesar 0,0349 atau 3,49%. Hasil penelitian pun menunjukkan secara simultan pelayanan prima dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Mc Donald’s Cimahi sebesar 0,244 atau 24,4%, sedangkan sisanya sebesar 75,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diteliti. 
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA TAKSI BLUE BIRD DI KOTA BANDUNG Banjarnahor, Dahlia A
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 3 (2018): Vol. 2 No. 3/ Desember 2018
Publisher : Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Langlangbuana University Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa taksi Blue Bird di kota Bandung dengan jumlah sampel 100 responden. Pengambilan sampling dilakukan dengan metode non probability sampling yaitu jenis accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis linear berganda. Terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan antara kualitas pelayanan terhadap proses keputusan pembelian jasa taksi Blue Bird di kota Bandung secara parsial. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian jasa taksi Blue Bird di kota Bandung secara parsial. Kualitas pelayanan, harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap proses keputusan pembelian sebesar 59% dan sisanya sebesar 41% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.
PENGARUH SERVICESCAPE DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA SIETE CAFÉ BANDUNG Gunari, Bidara Bulan; Oktafani, Farah
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 3 (2018): Vol. 2 No. 3/ Desember 2018
Publisher : Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Langlangbuana University Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausalitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan jenis accidental sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang, yang pernah mengunjungi Siete Café minimal 1 kali. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Servicescape dan promosi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat beli ulang sebesar 57,5% dan sisanya sebesar 42,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. NEURONWORKS INDONESIA BANDUNG Maknur, Johar; Wahyuningsih, Dian
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 3 (2018): Vol. 2 No. 3/ Desember 2018
Publisher : Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Langlangbuana University Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Neuronworks Indonesia Bandung. Subjek pada penelitian ini adalah karyawan Indonesia Jersey. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 karyawan. Teknik pengambilan data adalah populasi. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner dengan skala pengukuran Likert. Pengujian instrumen penelitian dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji normalitas menggunakan uji parametrik, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan, gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan, dan budaya organisasi dan gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan,. Dan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan adalah Budaya Organisasi.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BAURAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT (Studi kasus pelanggan di kota Bandung) Faron, Nabila Billeni; SAP, Enang Narlan
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 3 (2018): Vol. 2 No. 3/ Desember 2018
Publisher : Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Langlangbuana University Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan jumlah sampel 88 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan besar pengaruh kualitas produk dan bauran promosi terhadap loyalitas pelanggan Harian Umum Pikiran Rakyat Bandung dapat dikatakan cukup baik. Bauran Promosi memberikan pengaruh yang besar pada loyalitas pelanggan dibandingkan dengan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT DI PT. ASURANSI JASA INDONESIA CABANG BANDUNG RITEL Anugra, Atiqah Tiara; Saragih, Romat
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 3 (2018): Vol. 2 No. 3/ Desember 2018
Publisher : Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Langlangbuana University Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Faktor sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang paling potensial untuk memberikan keunggulan kompetitif bagi organisasi. Salah satu bentuk pengelolaan sumber daya manusia yang penting adalah keterlibatan karyawan (employee engagement). Employee engagement dapat terpengaruh oleh salah satu faktor yaitu budaya organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap employee engagement PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Bandung Ritel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodekuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Bandung Ritel dengan jumlah populasi sebanyak 35 responden. Pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap budaya organisasi dengan dimensi involvement, consistency, adaptability, dan mission secara keseluruhan berada dalam kategori baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa budaya organisasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap employee engagement PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Bandung Ritel.
ANALISIS TIPE BUDAYA ORGANISASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA PT KIMIA FARMA APOTEK UNIT BISNIS BANDUNG) Asy’ari, Rei Restu; Nurnida, Ida
Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 3 (2018): Vol. 2 No. 3/ Desember 2018
Publisher : Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Langlangbuana University Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 68 orang, jumlah ini didapatkan menggunakan teknik probability sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan kedua variabel memperoleh kategori baik dari seluruh dimensi yang diuji. Berdasarkan hasil analisis regresi, uji hipotesis dan koefisien determinasi, dapat disimpulkan bahwa tipe budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 74.4% dansisanya 25.6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Page 1 of 3 | Total Record : 30