cover
Contact Name
Dinno Mulyono
Contact Email
bertiup@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
bertiup@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung
ISSN : 24769789     EISSN : 25810413     DOI : -
Core Subject : Education,
Tunas Siliwangi Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of STKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education Programs. -Educational decisions maker on regional and national level
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): VOL 6, NO 2 OKTOBER 2020" : 2 Documents clear
PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL TAMBI-TAMBIAN PENELITIAN TINDAKAN PADA KELOMPOK A DI TK NASIONAL KPS BALIKPAPAN TAHUN 2018 verawati, iis
Tunas Siliwangi Vol 6, No 2 (2020): VOL 6, NO 2 OKTOBER 2020
Publisher : STKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/ts.v5i1p8-14.1268

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak melalui permainan tradisional ?Tambi-tambian?. Permainan tradisional sangat bermanfaat bagi perkembangan dasar anak dan melaluinya anak-anak dapat mengenali dan melestarikan budaya lokal. Penelitian ini dilakukan pada 11 anak dari kelompok A di TK Nasional KPS Balikpapan. Prosedur untuk penelitian tindakan ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart melalui empat tahap: perencanaa, tindakan dan pengamatan, refleksi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan motorik kasar melalui permainan tradisional ?Tambi-tambian?. Pra tindakan, keterampilan motorik kasar anak adalah 53,41%, setelah dilakukan tindakan keterampilan motorik kasar anak meningkat pada siklus I adalah 68,86%, dan siklus II adalah 81,59%. Permainan tradisional ?Tambi-tambian? berkontribusi untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak.Kata Kunci: keterampilan motorik kasar, permainan tradisional, anak usia 4-5 tahun
MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LINGKUNGAN ALAM DALAM PENGEMBANGAN ‘HUMAN SKILL’ ANAK USIA DINI Sri Handayani
Tunas Siliwangi Vol 6, No 2 (2020): VOL 6, NO 2 OKTOBER 2020
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/ts.v6i2p34 - 41.2046

Abstract

Kualitas perkembangan masa kanak-kanak, ditentukan oleh proses penguatan karakter anak sejak dini. Investasi sumber daya manusia menjadi skala prioritas di Indonesia yang tercermin dalam Strategi Nasional Pembangunan Anak Terintegrasi Holistik-Terintegrasi. Tetapi di Jawa Barat sendiri jumlah anak usia dini (0 – 6 tahun) yang terlayani baru mencapai 10,99 persen dari total 5.667.400 anak. Sedang menurut Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index atau HDI) hasil tahun 2015, Indonesia berada pada peringkat 113 yang sebelumnya tahun 2014 adalah 110. Untuk melahirkan generasi yang berkarakter kuat dan berperan aktif dalam perkembangan bangsa Indonesia perlu proses pembentukan, pembinaan dan pendidikan sejak usia dini. Beberapa grand theory menjadi rujukan dalam penelitian ini, diantaranya adalah, (1) konsep pendidikan petualangan alam terbuka (Outdoor adventure education), (2) Konsep pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah (a) mengkonstruksi model konseptual pendidikan karakter berbasis lingkungan alam dalam pengembangan ‘Human Skill’ anak usia dini (b) mengimplementasikan model pendidikan karakter berbasis lingkungan alam dalam pengembangan ‘Human Skill’ anak usia dini di wilayah Bandung. Adapun metoda penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter sangat dipengaruhi oleh pengembangan “human skill” yang didukung oleh pengembangan kemampuan keterampilan environmental, penguatan kemampuan keterampilan pengetahuan dan teknikal, dan kemampuan keterampilan kebugaran.Kata Kunci : pendidikan karakter berbasis lingkungan alam, pengembangan human skill, anak usia dini

Page 1 of 1 | Total Record : 2


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 11 No 1 (2025): VOL 11 N0 1, APRIL 2025 Vol 10 No 1 (2024): VOL 10 N0 1, APRIL 2024 Vol 10 No 2 (2024): VOL 10 NO 2, OKTOBER 2024 Vol 9 No 2 (2023): VOL 9 NO 2, OKTOBER 2023 Vol 9, No 1 (2023): VOL 9 NO 1, APRIL 2023 Vol 9 No 1 (2023): VOL 9 NO 1, APRIL 2023 Vol 8 No 2 (2022): VOLUME 8 NO 2, OKTOBER 2022 Vol 8, No 2 (2022): VOLUME 8 NO 2, OKTOBER 2022 Vol 8 No 1 (2022): VOL 8 NO 1, APRIL 2022 Vol 8, No 1 (2022): VOL 8 NO 1, APRIL 2022 Vol 7, No 2 (2021): VOL 7 NO 2, OKTOBER 2021 Vol 7 No 2 (2021): VOL 7 NO 2, OKTOBER 2021 Vol 7 No 1 (2021): VoL 7 NO 1, APRIL 2021 Vol 7, No 1 (2021): VoL 7 NO 1, APRIL 2021 Vol 7, No 1 (2021): VoL 7, NO 1 APRIL 2021 Vol 6, No 2 (2020): VOL 6 NO 2, OKTOBER 2020 Vol 6 No 2 (2020): VOL 6 NO 2, OKTOBER 2020 Vol 6, No 2 (2020): VOL 6, NO 2 OKTOBER 2020 Vol 6, No 1 (2020): Vol 6 No 1, APRIL 2020 Vol 6 No 1 (2020): Vol 6 No 1, APRIL 2020 Vol 5, No 2 (2019): VOL 5 NO 2, OKTOBER 2019 Vol 5 No 2 (2019): VOL 5 NO 2, OKTOBER 2019 Vol 5, No 1 (2019): VOL 5 NO 1, APRIL 2019 Vol 5 No 1 (2019): Vol 5 No 1 APRIL 2019 Vol 4 No 2 (2018): VOL 4 NO 2, OKTOBER 2018 Vol 4, No 2 (2018): VOL 4 NO 2, OKTOBER 2018 Vol 4, No 1 (2018): Vol 4 No 1 April 2018 Vol 4, No 1 (2018): VOL 4 NO 1, APRIL 2018 Vol 4 No 1 (2018): VOL 4 NO 1, APRIL 2018 Vol 3 No 2 (2017): VOL 3 NO 2, OKTOBER 2017 Vol 3, No 2 (2017): VOL 3 NO 2, OKTOBER 2017 Vol 3, No 1 (2017): VOL 3 NO 1, APRIL 2017 Vol 3 No 1 (2017): VOL 3 NO 1, APRIL 2017 Vol 3, No 1 (2017): Edisi April 2017 Vol 2 No 2 (2016): VOL 2 NO 2, OKTOBER 2016 Vol 2, No 2 (2016): VOL 2 NO 2, OKTOBER 2016 Vol 2 No 1 (2016): VOL 2 NO 1, APRIL 2016 Vol 2, No 1 (2016): VOL 2 NO 1, APRIL 2016 Vol 1, No 1 (2015): VOL 1 NO 2, OKTOBER 2015 Vol 1 No 1 (2015): Edisi Oktober 2015 More Issue