cover
Contact Name
Tonni Limbong
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
+6281267058001
Journal Mail Official
info@ust.ac.id
Editorial Address
Jl. Setiabudi No. 479 F Tanjungsari Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan
ISSN : 24431079     EISSN : 27158136     DOI : http://dx.doi.org/10.1234/akuntansi
Core Subject : Economy,
Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, terbit sejak 2015, merupakan Media Riset Akuntansi dan Keuangan yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu akuntansi dan keuangan terkini yang mencakup Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi International, Auditing dan Perpajakan, setiap naskah yang dikirimkan ke Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan akan ditelaah oleh dewan editor yang relevan. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret dan September .
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No. 1 Tahun 2015" : 6 Documents clear
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI METODE AKUNTANSI PERSEDIAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) Lumban Gaol, Romasi
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 1 No. 1 Tahun 2015
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.867 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v1i1.158

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan metode akuntansi persediaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi metode akuntansi persediaan yang merupakan variable independen adalah stuktur kepemilikan, ukuran perusahaan, variabilitas persediaan, intensitas persediaan dan intensitas modal, sedangkan variable dependent adalah metode akuntansi, yaitu metode rata-rata dan metode FIFO. Perusahaan Manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2006-2009 merupakan objek dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dalam rentang waktu 4 tahun dari taun 2006 sampai dengan tahun 2009. Pengujian terhadap hipotesis dilakukan secara univariate dengan uji beda rata-rata (t-test) dan multivariate dengan regresi logistik. Pengujian menggunakan tingkat singnifikan sebesar 5%. Hasil pengujian dengan regresi logistik mendapatkan bahwa variabel stuktur kepemilikan, variabilitas persediaan dan intensitas persediaan berpengaruh secara singnifikan terhadap metode akuntansi persediaan. Sedangkan ukuran perusahaan dan intensitas modal tidak berpengaruh secara singnifikan terhadap pemilihan akuntansi persediaan. Hasil uji beda rata-rata mendapatkan bahwa variabel struktur kepemilikan dan ukuran perusahaan antara metode akuntansi berbeda secara singnifikan. Tetapi tidak ada perbedaan yang singnifikan antara metode akuntansi persediaan FIFO dengan merode rata-rata dilihat dari variabilitas persediaan, intensitas persediaan dan intensitas modal. Disarankan bagi para menejer agar dapat mempertimbangkan variabel-variabel yang telah diteliti tersebut dalam pemilihan metode penilaiaan akuntansi persediaan.
PENGARUH RASIO LIKUIDITAS DAN RASIO SOLVABILITAS TERHADAP EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Purba, Imelda R.
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 1 No. 1 Tahun 2015
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.786 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v1i1.159

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuktikan secara empiris pengaruh rasio likuiditas dan rasio solvabilitas terhadap earning per share pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesi tahun 2012-2013. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan mengambil sampel berdasarkan kriteria, maksud dan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan dan mentabulasikan data yaitu berupa data laporan keuangan, yang dapat diakses melalui internet. Metode analisis yang digunakan adalah dengan regresi linear Berdasarkan hasil pembahasan diketahui hasil uji F, menunjukkan bahwa rasio likuiditas dan rasio solvabilitas secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap earning per share pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil uji t, menunjukkan bahwa rasio likuiditas dan rasio solvabilitas secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap earning per share pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Nilai koefisien determinan (R Square) sebesar 0,605. Artinya, earning per share dapat dijelaskan oleh rasio likuiditas dan rasio solvabilitas sebesar 60,5%, sedangkan 39,5% lagi dijelaskan oleh faktor lain.
PENGARUH PENCITRAAN, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI PROVINSI SUMATERA UTARA Saragih, Joana L.
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 1 No. 1 Tahun 2015
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.859 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v1i1.160

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pencitraan, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat mahasiswa untuk memilih Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang didasarkan atas survey terhadap objek penelitian untuk menggambarkan suatu fenomena berkaitan dengan populasi penelitian atau estimasi proporsi populasi yang mempunyai karakteristik tertentu .Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3(tiga) SMU yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Pemilihan sampel data dilakukan secara purposive sampling, yaitu seleksi data yang didasarkan pada kriteria tertentu atau judgement sampling. Sampel penelitian dipilih 10(sepuluh) SMU yang dianggap repsentatif dan yang diteliti hanya siswa kelas 3(tiga) dengan perincian dipilih 30 siswa dari masing – masing SMU yang terpilih sebagai obyek penelitian, maka jumlah sampel sebanyak 300 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Wawancara (Interview), Koesioner (Questionaire) dan Studi Dokumentasi. Metode analisis dengan regresi berganda dengan melakukan uji asumsi klasik yaitu : uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas kemudian di uji dengan uji F dan uji t untuk melihat pengaruh Pencitraan, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Mahasiswa untuk memilih Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Sumatera Utara.
PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KOPERASI KREDIT (CREDIT UNION) MANDIRI CABANG MEDAN (Studi Kasus : Pelanggan Koperasi Kredit (Credit Union) Mandiri Cabang Medan) Simanihuruk, Peran
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 1 No. 1 Tahun 2015
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.832 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v1i1.161

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh persepsi kualitas dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada Koperasi Kredit (Credit Union) Mandiri Cabang Medan. Manfaat penelitian, memberikan bukti empiris mengenai pengaruh variabel yang dapat mempengaruhi persepsi kualitas dan loyalitas pelanggan. Jumlah sampel 96 nasabah, metode pengumpulan data melalui koesioner dan dokumentasi, metode analisis data digunakan regresi linier dan berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan variabel harga berpengaruh signifikan terhadap persepsi kualitas, variabel reputasi perusahaan berpengaruh signifikan terhadap persepsi kualitas, variabel persepsi kualitas berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan. variabel kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan, variabel harga dan reputasi perusahaan mempunyai pengaruh yang positif terhadap persepsi kualitas dan variabel persepsi kualitas dan kepuasan Pelanggan mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya pihak Koperasi Kredit (Credit Union) Mandiri Cabang Medan memperhatikan variabel harga yang terkait dengan konsumen sasaran maupun pesaing, variabel reputasi perusahaan yang terkait dengan pengalaman perusahaan, kompetensi perusahaan dan keunggulan perusahaan, variabel persepsi kualitas yang terkait dengan keandalan (Reliability), ketanggapan (Responsiveness), keyakinan (Assurance), empati (Empathy) dan Tangibles. variabel kepuasan pelanggan supaya tetap dipertahankan yang terkait dengan kesesuaian harapan , persepsi kinerja dan penilaian pelanggan dan mempertahankan variabel loyalitas pelanggan yang terkait dengan Repeat Purchase, Retention dan Referalls.
PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN TERHADAP RESIKO INVESTASI PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA Silalahi, Esli
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 1 No. 1 Tahun 2015
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.236 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v1i1.162

Abstract

Keputusan investasi dalam surat berharga bagi seorang investor menyangkut masa depan yang mengandung ketidakpastian, hal ini mengandung unsur resiko bagi investor. Pengetahuan tentang resiko merupakan suatu hal yang penting yang dimiliki oleh setiap investor maupun calon investor dalam mengambil keputusan di pasar modal. Pasar modal saat ini dipandang sebagai sarana bagi pendanaan usaha atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal atau investor. Investor sebelum melakukan investasi di pasar modal, akan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor fundamental perusahaan meliputi pertumbuhan aktiva, leverage keuangan ,likuiditas, price earning ratio terhadap resiko investasi pada perusahaan yang go publik di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah seluruh perusahaan manufaktur yang go publik di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009-2012. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan tehnik purposive sampling dengan mengambil sampel berdasarkan kriteria, maksud dan tujuan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan dan mentabulasikan data yaitu berupa data laporan keuangan, tingkat yang dapat diakses melalui internet. Metode analisis yang digunakan adalah dengan regresi linear Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengujian secara parsial bahwa faktor fundamental perusahaan meliputi : Pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap risiko investasi; Leverage keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap risiko investasi ; Likuiditas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap risiko investasi ; Price Earning Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap risiko investasi. Pengujian secara simultan faktor fundamental perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap risiko investasi.
PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Pangaribuan, Jonner
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 1 No. 1 Tahun 2015
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.619 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v1i1.157

Abstract

Investor berusaha mendapatkan keuntungan berkesinambungan. Di pasar saham keuntungan diperoleh dari perbedaan harga beli dan harga jual, selain dividen. Berdasarkan pendekatan teoritis (pendekatan fundamental) dapat disimpulkan bahwa harga saham dipengaruhi oleh informasi akuntansi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah empat faktor fundamental dapat menjelaskan perubahan harga saham khususnya di perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di BEI. Keempat faktor mendasar tesebut adalah return on equity, debt rasio equity, book value, dan total asset turnover. Jika dapat menjelaskan, maka selanjutnya ingin dicari faktor fundamental yang mana yang paling dapat menjelaskan. Untuk itu dibangun sebuah model. Model yang akan dibangun adalah canonical correlation. Analisis data dengan analisis diskriminan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat faktor fundamental tidak dapat menjelaskan perubahan harga harga saham perusahaan Food and Beverages.

Page 1 of 1 | Total Record : 6